Fakta Tentang Minum Air Kelapa Muda Untuk Menjaga Kehamilan Muda

kelapa menjaga kehamilan muda

obatgagalginjal.co

Ada informasi yang simpang siur mengenai menjaga kehamilan muda dengan cara mengkonsumsi air kelapa muda. Yang paling sering ibu dengar adalah air kelapa muda sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Apakah ibu pernah dengar jika air kelapa muda bisa menyebabkan keguguran?

Faktanya, banyak orang yang memahami air kelapa sebagai minuman yang bisa menyebabkan terjadi keguguran. Oleh sebab itu, menurut mereka, ibu hamil dilarang mengkonsumsi air kelapa muda.

Mana yang benar?

Kepercayaan Tentang Air Kelapa Muda

Tentu bukan tanpa alasan ada beberapa orang yang mengatakan air kelapa itu baik dan ada juga yang mengatakan air kelapa muda tidak baik dikonsumsi ibu hamil. Argumentasi tersebut pasti berdasarkan alasan.

Untuk mereka yang mengatakan air kelapa bisa menyebabkan keguguran, hal ini lebih dikarenakan kepercayaan secara turun menurun. Artinya, orang tahu informasi tersebut dari orang tua terdahulu. Dari dulu, masyarakat mempercayai bawasannya air kelapa muda bisa menyebabkan keguguran. Oleh sebab itu, air kelapa muda tidak boleh dijadikan sebagai minuman untuk menjaga kesehatan kehamilan muda.

Apakah ada alasan lainnya? Ternyata ada. Mereka mempercayai air kelapa bisa meluruhkan janin yang ada di dalam kandungan. Hal ini tidak beda dengan jamu temulawak atau jamu kencur manis yang katanya bisa meluruhkan janin di dalam kandungan.

Benarkah demikian? Ternyata, itu semua hanya mitos belaka. Sebaiknya ibu harus mengetahui fakta ilmiah mengenai air kelapa ini.

Air Kelapa Dari Tinjauan Ilmiah

Ibu harus pahami masih banyak sekali mitos yang beredar dan dipercayai oleh masyarakat modern saat ini. Entah bagaimana masyarakat seolah sulit sekali terlepas dari sebuah mitos yang sebenarnya tidak benar jika dilihat dari tinjauan ilmiah. Walaupun semakin mudah informasi kesehatan diakses, nyatanya masih banyak juga masyarakat yang masih percaya dengan mitos.

Untuk ibu, sebaiknya ibu ikut ke dalam forum ibu dan balita agar ibu tidak mempercayai hal begitu saja. Ibu harus cross check terlebih dahulu informasi yang ibu dapatkan apakah itu mitos apa benar-benar ada tinjauan ilmiah. Artinya, ibu harus tahu alasan utamanya mengapa ibu harus mempercayai sebuah informasi.

Apalagi mengenai cara menjaga kehamilan muda. Tentu ibu tidak ingin asal-asalan, bukan? Jangan sampai ibu menerapkan tips menjaga kesehatan ibu hamil muda tapi ternyata tips tersebut tidak tepat.

Seperti contoh yang satu ini, yaitu bolehkah ibu hamil muda minum air kelapa muda. Beberapa masyarakat masih mempercayai jika air kelapa muda bisa menyebabkan keguguran. Namun, para ahli kesehatan kandungan menanyakan kandungan apa yang ada di dalam air kelapa yang bisa menyebabkan ibu hamil mengalami keguguran. Setelah dilakukan penelitian, ternyata tidak ada kandungan berbahaya, apalagi yang mengakibatkan keguguran.

Justru air kelapa muda mengandung kandungan yang bisa memberi manfaat sebagai berikut.

  • Membersihkan Air Ketuban

Ini mungkin yang paling sering ibu dengar bawasannya air kelapa muda bisa membersihkan air ketuban. Namun, apakah ibu tahu apa pentingnya menjaga air ketuban?

Banyak sekali fungsi dari air ketuban. Ini berfungsi sebagai pelindung janin di dalam rahim agar tidak terjadi benturan. Air ketuban juga yang membuat janin terasa hangat sehingga bisa tumbuh dengan lebih maksimal. Dan ada lebih banyak lagi fungsi air ketuban.

Lalu, pertanyaan selanjutnya adalah kenapa air ketuban harus dijaga kejernihannya? Ternyata, beberapa kasus di mana bayi lahir dengan penyakit kuning disebabkan oleh air ketuban yang keruh. Jadi, penting sekali kan menjaga air ketuban agar selalu jernih?

  • Membersihkan Lemak

Terkadang, di tubuh bayi terdapat lemak yang menempel. Ini biasanya terlihat ketika bayi baru saja dilahirkan. Untuk membersihkan lemak tersebut, seorang ibu hamil sebaiknya mengkonsumsi air kepala muda.

Air Kelapa Aman Tapi Tidak Boleh Kebanyakan

Sebenarnya boleh-boleh saja mengkonsumsi air kelapa muda. Namun, dokter kandungan khawatir jika kandungan gula yang ada di dalam air kelapa muda bisa menyebabkan hal yang tidak baik untuk kesehatan ibu hamil dan juga janin di dalam kandungan.

Air kelapa muda terasa manis. Hal ini disebabkan kandungan gula yang ada di dalam air kelapa. Dan inilah yang dikhawatirkan oleh dokter kandungan. Oleh sebab itu, mereka mewanti-wanti agar tidak mengkonsumsi air kelapa muda terlalu banyak. Bahkan, sebagai langkah antisipasi, banyak dokter kandungan yang menyarankan agar mengkonsumsi air kelapa muda cukup 2-3 kali selama masa kehamilan saja.

Yang paling direkomendasikan sebenarnya bukan ibu hamil muda, melainkan ibu hamil yang usia kehamilannya menginjak usia 6 bulan. Namun, bukan berarti minum air kelapa muda tidak bisa memberikan manfaat bagi ibu hamil. Justru dengan mengkonsumsi air kelapa muda saat sedang hamil muda, ibu berarti sudah menjaga kejernihan air ketuban mulai awal masa kehamilan.

Dengan menjaga kehamilan muda, diharapkan ibu bisa pastikan perkembangan janin di dalam kandungan bisa baik dan terhindar dari keguguran. Ibu harus tahu keguguran paling sering terjadi ketika masa kehamilan muda. Hal ini disebabkan janin masih rentan dan rahim belum begitu kuat. Untuk itu, pastikan ibu menjaga kehamilan dengan ekstra hati-hati ketika usia kehamilan masih di bawah 3 bulan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *