Gara-Gara Anak Susah Makan Sayur

anak susah makan

Totally The Bomb.com

Hal yang tidak aneh jika anak susah makan sayur. Ini terjadi berkali-kali dan banyak balita yang mengalami hal tersebut. Namun, apakah ibu akan membiarkannya? Jika ibu tahu apa yang bisa terjadi ketika balita susah makan sayur, maka ibu tidak akan berhenti untuk mencoba dan mencari tahu bagaimana cara mengatasi hal ini.

Mogok Makan Sayur Tidak Hanya Menyebabkan Sembelit

Banyak orang hanya mengetahui jika anak kurang makan sayur, maka ia akan mengalami sembelit atau susah buah air besar. Tentu saja hal tersebut benar adanya. Hanya saja, bukan itu saja akibat anak tidak mau makan sayur.

Salah satu hal terburuk yang bisa saja terjadi karena kekurangan mengkonsumsi adalah kanker. Memang kanker ini bisa disebabkan oleh faktor keturunan. Akan tetapi, faktor lainnya pun tak kalah berpengaruh. Kurang mengkonsumsi sayuran bisa menyebabkan kanker usus. Dan resiko ini sangat mungkin terjadi jika anak ibu makan sayur. Sebaiknya mulai sekarang ibu mencari tahu bagaimana cara yang paling efektif untuk membuat anak kembali suka mengkonsumsi sayuran.

Tidak hanya kanker. Kurang makan sayur bisa juga menyebabkan IBS. Ibu tahu apa itu IBS? Ini kepanjangan dari Irritable Bowel Syndrome. Biasanya, anak akan mudah sekali kentut. Hal ini disebabkan makanan tidak bisa dicerna secara maksimal. Makanan masih padat sehingga susah dikeluarkan melalui buang air besar. Dan akhirnya timbullah gas pada lambung yang membuat anak mudah sekali kentut.

Mungkin ibu tidak menyangka jika penyakit jamur pada kulit juga ternyata disebabkan oleh kekurangan mengkonsumsi sayur. Anak yang susah makan sayur rentan sekali terkena jamur kulit. Sebenarnya tugas utama serat tidak hanya mengatasi sembelit. Lebih dari itu, serat juga sangat diperlukan untuk proses pengeluaran jamur dari dalam tubuh. Dengan demikian, anak ibu terhindar dari terkena jamur kulit.

Dan mungkin masih banyak lagi hal buruk yang mengancam kesehatan balita jika ia tidak mau makan sayur. Lalu, apa yang harus ibu lakukan?

Tindakan Awal Bagi Anak Susah Makan Sayuran

Tentu tidak mudah untuk mengatasi anak susah makan sayur. Tidak mudah bukan berarti tidak bisa. Ada langkah-langkah yang bisa ibu lakukan.

1. Berikan Suplemen

Sekarang ini, banyak sekali suplemen yang dibuat dari sayur-sayuran. Memang ini bukan solusi yang terbaik. Akan tetapi, setidaknya dengan memberikan suplemen semacam ini, anak bisa terhindar dari masalah seperti sembelit. Baru kemudian ibu bisa mencari cara yang lain agar anak bisa kembali lagi menyukai sayuran.

2. Ajak Si Kecil Mengenal Sayuran

Ada ungakapan “tak kenal maka tak sayang”. Ini juga yang bisa saja dialami oleh si kecil. Ia tidak mengerti betul apa kegunaan sayuran sehingga ia tidak suka makan sayuran.

Oleh sebab itu, ibu bisa coba cari tahu bagaimana cara agar anak mulai cinta dengan sayuran. Ibu bisa mengajak si kecil menonton Popeye, kartun yang bisa hebat dan kuat gara-gara makan bayam atau tokoh kartun lainnya seperti Popeye. Ibu juga bisa membacakan cerita atau dongeng yang menjelaskan tentang pentingnya mengkonsumsi sayuran. Dengan membuat anak tahu apa manfaat sayur, maka ia akan menjadi suka makan sayur.

Jika anak ibu masih tetap tidak mau makan sayur, sebaiknya ibu konsultasikan dengan pakar kesehatan balita segera. Kunjungi saja www.ibudanbalita.com agar ibu bisa bertanya lebih detail mengenai bagaimana mengatasi anak susah makan sayur. Atau ibu bisa membaca tips dan trik ini.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *