Gizi Ibu Hamil Di Dalam Buah Srikaya

Gizi Ibu Hamil

www.deherba.com

Hampir semua buah-buahan mengandung gizi ibu hamil. Akan tetapi, ibu juga harus tahu tidak semua buah yang bergizi itu baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Contohnya saja buah durian, buah nangka, dan buah nanas. Memang kandungan vitaminnya sangat banyak di dalam tiga buah tersebut. Hanya saja, terdapat juga kandungan yang membahayakan janin di dalam kandungan. Alasan inilah yang membuat ketiga buah tersebut sebaiknya tidak dikonsumsi saat ibu sedang hamil.

Lalu, bagaimana dengan buah srikaya? Apakah ibu pernah dengar manfaat atau khasiat dari buah yang satu ini untuk kesehatan kehamilan?

Mitos Mengenai Buah Srikaya

Buah yang kaya akan kandungan vitamin dan juga serat ini tidak bisa ditemukan di setiap daerah. Daerah Wonosari Gunung Kidul menjadi salah satu tempat di mana Buah Srikaya bisa dengan mudah ditemukan. Bahkan, tidak sedikit masyarakat di sana yang menjadikan buah srikaya sebagai tanaman pangar. Artinya, tanaman tersebut digunakan sebagai pemisah antara tanah miliki satu orang dengan orang yang lain. Ini saking mudahnya menanam pohon srikaya.

Memang ada masyarakat yang membudidayakan buah yang satu ini. Mereka menyiapkan lahan tertentu untuk ditanami khusus pohon srikaya. Meskipun secara ekonomis, harga jual buah yang satu ini tidak begitu bagus.

Akan tetapi, ada satu keanehan tentang buah srikaya ini. Banyak masyarakat yang meyakini bawasannya buah srikaya ini bisa mendatangkan rejeki. Bisa dikatakan buah srikaya bisa melancarkan rejeki. Mitos inilah yang membuat banyak sekali pemilik rumah yang menanam pohon ini di sekitar rumah.

Terlepas dari mitos tersebut, ibu harus tahu bawasannya beberapa gizi untuk ibu hamil bisa didapatkan dari buah srikaya ini. Mau tahu apa saja nutrisi yang terkandung di dalam buah srikaya ini?

Kandungan Nutrisi Ibu Hamil Di Dalam Buah Srikaya

Sudah jamak diketahui jika buah srikaya ini mengandung vitamin A dan vitamin C yang sangat tinggi. Bagi ibu yang ingin sekali menjaga kecantikan kulit, buah ini bisa ibu konsumsi secara rutin.

Khusus bagi ibu yang sedang hamil, tentu saja bukan itu tujuan utamanya. Kandungan vitamin A dan vitamin C sangat diperlukan untuk memastikan perkembangan janin tetap optimal. Sesuai dengan apa yang disampaikan oleh ahli nutrisi ibu hamil, vitamin A dan vitamin C sangat berpengaruh terhadapa tumbuh kembang bayi di dalam kandungan.

Bagaimana dengan kesehatan ibu hamil? Apakah buah srikaya juga bisa mempengaruhi kesehatan ibu yang sedang hamil? Tentu saja. Saat hamil terutama ketika usia kehamilan mencapai trimester kedua dan ketiga, ibu rentan sekali mengalami masalah pencernaan. Ibu bisa saja terkena konstipasi atau susah buang air besar. Selain disebabkan oleh faktor hormonal, konstipasi ini juga disebabkan kurangnya serat yang ibu dapatkan. Saat hamil, kebutuhan serat semakin banyak. Untuk memastikan pasokan serat terpenuhi, ibu bisa konsumsi buah srikaya yang kaya akan kandungan gizi ibu hamil berupa serat.

Tentu saja ibu bisa dapatkan serat dari jenis makanan yang lain. Contohnya saja sayur-sayuran hijau. Namun, jika di siang hari ibu merasa haus dan ingin minuman yang menyegarkan, ibu bisa buat jus srikaya. Selain menyegarkan, jus srikaya akan membuat BAB (buang air besar) lancar.

Sangat tepat sekali jika ibu memilih untuk mengkonsumsi buah srikaya di siang hari, entah itu dimakan secara langsung atau dibuat menjadi jus. Terkadang, di siang hari ibu merasa lelah karena sudah hampir kehabisan energi. Selain makan siang, kalori bisa ibu dapatkan dari buah srikaya. Dengan demikian, ibu akan bugar, penuh semangat, dan berenergi kembali. Ibu bisa melanjutkan kegiatan hingga sore hari.

Dari sekian banyak manfaat dari buah srikaya, manfaat yang satu ini mungkin yang paling penting. Ternyata, srikaya bisa membuang racun di dalam tubuh. Ini sama seperti air kelapa muda. Racun di dalam tubuh bisa saja menyerang ke janin di dalam kandungan. Untuk mencegah hal buruk tersebut, ibu harus keluarkan racun di dalam tubuh dengan cara mengkonsumsi buah srikaya.

Manfaatkan Semua Bagian Dari Srikaya

Beruntung sekali jika ibu memiliki pohon srikaya sendiri. Pasalnya, ibu bisa mendapatkan semua keuntungan atau manfaat tidak hanya dari buahnya saja. Ibu juga bisa manfaatkan beberapa bagian dari buah tersebut.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, nutrisi untuk ibu hamil di dalam buah srikaya bisa menyembuhkan masalah pencernaan. Mengkonsumsi buah srikaya akan membuat ibu terhindar dari konstipasi atau susah buang air besar.

Sementara itu, jika ibu mengalami diare, ibu bisa manfaatkan akar dari pohon srikaya. Dengan merebus akar pohon srikaya yang dicampur gula merah, maka akan didapat air yang bisa ibu konsumsi untuk mengatasi diare.

Sebenarnya biji-bijinya juga kaya akan manfaat. Hanya saja, memanfaatkan biji buah srikaya tidak disarankan ketika ibu sedang hamil. Ini hanya boleh dilakukan di bawah pengawasan dokter.

Ada banyak sekali obat-obatan tradisional yang bisa ibu dapatkan dari buah-buahan yang mudah untuk didapatkan. Khususnya ketika ibu sedang hamil, sangat disarankan agar ibu tidak mengkonsumsi obat dari bahan kimia. Akan lebih baik jika ibu ketahui lebih banyak cara mengatasi keluhan kesehatan dengan menggunakan bahan alami yang jelas lebih aman untuk ibu dan juga bayi di dalam kandungan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *