Hal-Hal Apa Saja Yang Menjadi Pantangan Ibu Hamil ?

pantangan ibu hamil

Awal Sehat Nestle

Usia kehamilan yang masih muda merupakan kondisi rawan sebab akan ada berbagai perubahan yang terjadi pada tubuh Ibu hamil. Pada trimester pertama kehamilan, ada banyak pantangan untuk ibu hamil muda yang lebih baik jangan diabaikan guna menjaga kesehatan ibu dan janin. Pantangan bagi ibu hamil sebenarnya bisa berbeda-beda tergantung pada kebutuhan masing-masing. Walau demikian, setidaknya seorang ibu harus mempunyai panduan tentang hal apa saja yang tidak boleh dilakukan di masa kehamilan, terutama ketika trimester pertama pada usia kehamilan. Berikut ini akan saya sampaikan beberapa pantangan yang harus dijauhi oleh ibu hamil;

-Merokok dan Mengonsumsi Minuman Keras atau Beralkohol

Wanita perokok akan berisiko melahirkan bayi secara prematur, mengalami keguguran, hambatan pertumbuhan pada janin, dan gangguan plasenta akan naik. Walaupun tidak merokok, lebih baik hindari diri dari asap rokok dan bisa dikatakan jangan menjadi perokok pasif. Asap rokok yang terhirup oleh ibu hamil meningkatkan risiko bayi lahir dengan berat badan tidak ideal. Disamping itu, 3 bulan pertama masa hamil merupakan periode rawan untuk seorang ibu hamil terkait dengan minuman yang akan dikonsumsi. Jauhi minuman keras sebab bisa meningkatkan risiko keguguran pada ibu hamil.

-Mengonsumsi Minuman Yang Mengandung Kafein

2 gelas kopi instan atau setara dengan 200mg kafein per hari adalah batas maksimal yang bisa dikonsumsi oleh seorang ibu hamil. Akan tetapi, jika Anda meminum jenis brewed coffee maka hanya diperbolehkan secangkir dalam sehari. Selain kopi, hindari juga kandungan kafein di dalam cokelat, teh, minuman berenergi dan minuman soda. Mengonsumsi kafein yang berlebih akan meningkatkan risiko keguguran.

-Mengonsumsi Obat Sembarangan

Obat bebas yang biasa dikonsumsi ketika tidak hamil bisa menjadi berbahaya bila dikonsumsi saat hamil. Tanyakana atau periksakan terlebih dahulu obat yang akan dikonsumsi supaya tidak membahayakan janin.

-Membiarkan Emosi Yang Tidak Terkendali

Ketika Anda hamil muda dan ini merupakan kehamilan pertama, tentu membuat Anda sering merasa emosional. Begitu pula bila Anda pernah mengalami keguguran. Walau demikian, jangan sampai perubahan emosi terus menguasai dan membuat Anda merasa selalu tertekan. Jaga diri dan minta bantuan suami atau keluarga untuk membantu memenuhi kebutuhan yang tidak bisa Anda penuhi sendiri.

Makanan Pantangan Ibu Hamil Yang Harus Dijauhi

Sayuran dan berbagai macam buah memang baik untuk kesehatan ibu hamil. Akan tetapi, tidak semua jenis sayur ini bisa dikonsumsi oleh ibu yang sedang hamil. Ada beberapa macam sayuran dan juga buah yang malah berbahaya untuk kehamilan bila dikonsumsi. Kehamilan adalah hal yang paling diinginkan oleh setiap orang terutama seorang ibu. Bahkan untuk masalah makan pun juga harus berhati hati. Berikut ini beberapa macam makanan pantangan ibu hamil yang tidak boleh dimakan karena alasan kesehatan ;

-Lalapan Yang Mentah

Makanan mentah memang baik sebab kandungan gizinya tetap terjaga dan tidak rusak karena sudah dimasak. Akan tetapi selain baik dikonsumsi, sayuran mentah juga memiliki tingkat kerentanan bakteri yang sangat tinggi. Bila tidak dicuci bersih, bakteri yang menempel pada makanan tidak akan hilang dan justru akan masuk kedalam tubuh. Bila ibu hamil mengkonsumsi makanan mentah yang umumnya sering dijadikan lalapan, maka sangat besar kemungkinan makanan yang tidak bersig tersebut akan ikut mencemari janin.

-Buah Nanas

Buah nanas memang segar dan nikmat. Rasanya yang manis dan sedikit asam merupakan hal yang cukup menarik untuk dimakan. Nanas muda juga banyak yang diolah menjadi sayur, akan tetapi untuk ibu yang sedang hamil lebih baik menghindari makan nanas terlebih dahulu. Nanas muda mengandung zat yang bisa memicu keguguran.

-Buah durian

Bagi Anda yang sedang hamil, lebih baik tidak makan durian dulu sampai si bayi lahir. Belum diketahui secara jelas bahwa durian bisa menyebabkan keguguran. Akan tetapi, kandungan alkohol pada durian ini dikhawatirkan akan menyebabkan kontraksi yang kemudian akan memicu keguguran.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *