Hidup anda pada perkembangan janin 4 bulan

Masa kehamilan merupakan masa paling membahagiakan bagi pasangan yang memang berharap. 1 bulan, 2 bulan, 3 bulan, hingga akhirnya menginjak 4 bulan, perut terlihat lebih ‘hamil’ dibanding bulan sebelumnya. Kesuksesan sejauh ini tentu membuat bunda senang. Walau 4 bulan bukan berarti saat melahirkan sudah dekat, masih ada 5 bulan lagi, tapi pernahkah bunda berpikir seperti apa perkembangan janin 4 bulan ? nah pada berikut ini fakta perkembangan janin 4 bulan , yang mana akan dibahas mengenai perkembangan janin baik dari dalam maupun apa yang dirasakan bunda secara fisik.

Pertama tama mari kita bahas kondisi bunda ketika mencapai kehamilan 16 minggu. 4 bulan berarti saatnya pemeriksaan air seni, tes rutin tekanan darah, dan bahkan jika anda berkenan ultrasound scan . Ultrasound scan diperlukan untuk mengetahui perkembangan janin 4 bulan dengan lebih detail, agar apabila ada hal yang tidak diinginkan terjadi pada janin bisa diketahui lebih cepat.

Termasuk pula pemeriksaan apakah bunda mengandung bayi kembar, kehamilan anggur atau tidak, adakah pendarahan internal, dan mengetahui tanggal kelahiran yang lebih pasti.

Ucapkan selamat tinggal pada rasa mual yang menyambut pagi hari. Umumnya rasa tidak nyaman di pagi hari akan hilang ketika usia kandungan mencapai 4 bulan, jikalau tidak, bunda tidak perlu khawatir, setiap orang ada masanya. Bunda harus bersiap pakaian kehamilan yaitu jenis pakaian apapun yang tidak bikin ribet, dan tidak ketat di badan terutama di bagian perut. Perut akan membesar di usia 4 bulan, tentu bunda tidak ingin merasa kurang nyaman dengan pakaian yang dikenakan ketika harus membawa berat di perut kemana mana. Penampilan bunda juga akan berubah. Tidak hanya bagian perut namun juga payudara. Secara alami payudara juga membesar ketika masa kehamilan.

Secara emosi, ibu hamil usia 4 bulan juga sedikit lebih tenang dibanding bulan kemarin, terutama untuk pasangan lebih bisa melonggarkan ‘sabuk pengaman’ asal selalu sabar dan pengertian dipertahankan. Libido ibu hamil akan sangat meninggi, dan ibu hamil akan sangat butuh perhatian ektra dari pasangan. Agar tidak menganggu janin, konsultasikan pada dokter apabila anda dan pasangan memutuskan untuk berhubungan lebih intim selama masa kehamilan.

Sedangkan kondisi bayi pada usia 4 bulan secara umum akan sebesar buah alpukat atau kira kira  mencapai 11.5 centi meter. Sendi dan otot sudah terbentuk dengan lebih jelas membuat janin lebih kokoh dibanding sebelumnya. Bahkan jika anda melakukan ultrasound scan , anda dan pasangan dapat melihat betapa bayi anda sudah mampu mengisap jempol (Ya, jari jari bayi sudah mulai kelihatan bentuknya) dan meregangkan badan meski hanya sedikit dan tidak terlihat dengan jelas pada pandangan sekilas.

Tulang belakang bayi semakin kuat sehingga calon bayi sudah bisa menekukkan badan ke belakang, saraf saraf janin juga mulai terhubung satu sama lain. Jangan heran jika janin bergerak tiba tiba karena kini janin sudah memiliki gerak reflek. Coba saja sentuh perut anda tiba tiba, bayi bisa merespon dengan gerakan kecil yang bunda bisa rasakan atau orang luar rasakan dengan menyentuh bayi.

Tidak hanya itu saja, wajah calon bayi makin fleksibel sehingga ekspreksi ekspreksi kecil terbentuk, mungkin janin belum bisa merasakan emosi tapi janin sudah mampu menggerakkan wajah dan akan terlihat menyenangkan ketika tertangkap ultrasound scan. Anda dan pasangan juga bisa mulai menerka nerka seperti apa wajah bayi nantinya. Usia 4 bulan artinya janin sudah memulai proses pembentukan wajah.

Meski janin cukup kuat untuk menggenggam tali ari ari, tapi kulit janin belum sekuat tulang, otot, dan sarafnya. Kulit janin masih sangat tipis, bahkan ketika anda intip, anda dapat melihat organ dalam janin dengan jelas.

Kemungkinan besar pada masa kehamilan anda dan pasangan membutuhkan banyak waktu bersama sama. Sebelumnya telah dijelaskan bahwa hormon dan libido bunda naik dengan sangat cepat tapi energi bunda akan naik lebih tinggi. Ayah harap mengerti kondisi ini dan tetap bersabar dengan apa yang bunda inginkan. Komunikasi adalah kunci terbesar selama masa masa kehamilan.

Luangkan waktu ayah dan bunda duduk bersama, berbincang bincang bersama. Kontak fisik seperti memijat lembut bunda, menyentuh tangan bunda, membuatkan makanan kesukaan untuk bunda sangat direkomendasikan, bahkan perbanyaklah saat menginjak usia kehamilan 4 bulan keatas. Jika bunda bertingkah janggal, maklumi saja dan cobalah pahami. Bunda membutuhkan ayah dengan cara berbeda pada saat ini. Berikan pujian dan hadiah pada bunda. Ingat, kebahagiaan bunda sangat mempengaruhi kondisi bayi.

Bahkan jika ayah dan bunda ingin, pasangan bisa menemui konsultan pernikahan demi menganalisa kebutuhan kedua pasangan apabila komunikasi dua arah tidak lagi berhasil. Meski janin belum menjadi bayi bukan berarti janin tidak bisa merasakan aura negative atau positif dari luar.

Tapi dari sisi keluarga, bunda bisa berbahagia. Usia 4 bulan biasanya adalah saat dimana keluarga sangat bersemangat menyambut bayi (meski masa kelahiran masih lama) dan bisa jadi bunda diperlakukan layaknya putri raja dimana keinginan baik terucap atau tidak bisa terkabul oleh orang orang sekitar.

Berikut tadi adalah hal hal yang telah menanti bunda dan pasangan pada kehamilan berusia 4 bulan. Seberapa bahagiakah anda dengan kehamilan ini ? Semoga penjelasan hidup dan perkembangan janin 4 bulan diatas memuaskan rasa penasaran anda.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *