Ide Kreatif Dari Barang Bekas Untuk Dijadikan Mainan Edukasi Anak

ide kreatif mainan dari barang bekas

www.friso.co.id

Masa kecil anak-anak memang paling baik jika diisi dengan permainan yang mengasah ide kreatif. Bukan dengan membelikan mainan baru atau sekedar memberikan  gadget berisi games, Anda dapat membuatkannya mainan edukasi.

Membuat mainan edukasi untuk anak ternyata tidak sesulit yang Anda kira. Bahannya juga bisa dari barang-barang bekas. Berikut ini beberapa ide dari barang bekas, diantaranya yaitu:

  1. Botol sabun cair

Jangan buang botol sabun yang sudah tidak terpakai. Botol sabun bisa  dirakit menjadi pesawat-pesawatan. Caranya yaitu:

  • Sediakan dua botol sabun dan balut salah satu permukaan botol dengan selotip berwarna-warni atau hias sesuka Anda.
  • Lalu, iris memanjang pada pinggir kiri dan kanannya.
  • Potong botol sabun kedua sampai  membentuk sayap pesawat.
  • Masukkan potongan itu ke lubang di botol pertama, menembus sampai ke lubang di sebelahnya.
  • Terakhir, tempelkan dua tutup botol minuman secara terbalik di bagian dasar pesawat-pesawatan. Lalu tutup botol akan membuatnya terlihat seperti buritan mesin.
  1. Mobil-mobilan dari jerigen bekas

Jerigen yang tidak terpakai jangan hanya Anda simpan di dalam gudang. Lebih baik dibuat menjadi mobil-mobilan unik. Gunakan jerigen yang berukuran sedang atau bisa juga menggunakan botol plastik bekas cairan pembersih lantai untuk penggantinya. Caranya yaitu:

  • Belah melintang botol plastik bekas atau menggunakannya secara utuh, tergantung bagaimana Anda  ingin mengkreasikannya.
  • Lubangi 4 sisi pada bagian bawah botol.
  • Pasangkan bilah roda sepeda ke lubang tersebut, Lalu sambungkan dengan tutup botol.
  • Dan jadilah mobil-mobilan yang ramah lingkungan.

Ide Kreatif Untuk Anak Lima Tahun

Usia balita adalah usia dimana anak-anak mulai senang dan selalu ingin tahu akan banyak hal. Mereka ingin mencoba berbagai proyek-proyek yang dilakukan oleh orang dewasa. Mereka senang menciptakan sebuah karya seni dibandingkan menerima produk jadi. Sebab, pada usia tersebut, anak-anak balita jauh lebih tertarik pada sebuah proses daripada produk mainan jadi dari orangtuanya. Anak-anak di usia ini sangat senang bereksperimen, mencoba mencampur berbagai hal, mencoba mengasah kreativitas mereka, dan sangat tidak senang dengan interupsi dari orang dewasa. Hampir setiap proyek karya seni sangat menarik bagi balita, terutama jika itu melibatkan unsur warna, air, kertas, dan tanah. Berikut ini beberapa  ide yang dapat  kita berikan dan kita ajak si kecil untuk membuatnya:

  • Stempel warna dengan spons cetak

Kreativitas ini melibatkan warna-warna dan air, serta berbagai bentuk dari spons. Di toko mainan edukatif, Anda bisa menemukan spons dengan berbagai bentuk, mulai dari binatang, alat transportasi, dan sayuran. Anda juga bisa membuatkan spons sendiri untuk mereka. Misalnya, dengan menggunakan gabus bekas atau sisa karpet foam yang bisa digunting dan dibentuk sesuai selera. Tak hanya gabus atau foam, alat cetak juga bisa Anda buat dari batang daun pisang, batang daun talas, wortel, kentang, dan lainnya . Tapi ingat, karena ini menggunakan cat yang banyak dan anak-anak belum bisa diarahkan untuk bekerja dengan tertib, lapisi lantai atau meja Anda dengan koran. Selain itu, upayakan anak-anak untuk memakai celemek atau pakaian yang tidak terlalu bagus, agar jika kotor Anda tidak terlalu sulit membersihkannya.

  • Meronce dari biji mutiara, biji manik, dan sedotan

Anak-anak perempuan biasanya senang dengan gelang atau kalung yang dimiliki ibunya. Tentu saja, tidak sembarang kalung atau gelang Anda bisa dijadikan mainan olehnya, Apabila Anda mengajaknya untuk membuat gelang dan kalungnya sendiri, Anda bisa menggunakan biji manik atau mute, atau mutiara-mutiara mainan, atau juga sedotan yang digunting kecil-kecil. Untuk penggunaan mutiara atau biji manik, pilihlah yang besar dan berlubang agak besar, agar anak-anak mudah memasukkan benang atau senarnya.

  • Membuat kolase dari berbagai bahan

Bahan untuk membuat kolase sangat banyak. Anda bisa menggunakan biji-bijian seperti kacang hijau, kacang tanah, beras yang diberi warna, kedelai, dan lainnya. Bisa juga menggunakan guntingan gambar-gambar dari majalah atau koran bekas. Atau bisa juga dari cacahan benang wol yang ditempelkan di papan karton bergambar. Saat melakukannya, pastikan si kecil menggunakan lem yang aman dan selalu mengalasinya dengan koran agar tidak mengotori lantai dan meja.

  • Origami kertas

Berbagai bentuk bisa Anda ciptakan bersama si kecil dengan menggunakan kertas. Jika Anda belum banyak menguasai pembuatan suatu bentuk, di toko buku banyak buku panduan yang dilengkapi dengan VCD agar Anda dan si kecil dapat belajar bersama. Pastikan persediaan kertas lipat Anda banyak, karena anak-anak biasanya akan mudah merusakkannya.

  • Membuat topeng karakter

Anda bisa menggunakan kertas manila atau karton, serta kertas hias lainnya. Biarkan anak-anak menciptakan topeng karakter yang mereka sukai. Sediakan crayon atau spidol, dan biarkan mereka menghiasnya sesuka hati. Anda bisa membantunya memasangkan karet atau menggunting bagian mata, hidung, atau mulutnya.

Ide Kreatif Dari Bahan Plastik

Siapa bilang tutup botol tidak berguna? Untuk membuat orang-orangan dari tutup botol, Anda harus memperhatikan beberapa langkah berikut  ini:

  • Kumpulkan semua tutup botol dari minuman-minuman yang kamu beli.
  • Lubangi bagian tengahnya, kemudian hubungkan antara tutup botol satu dengan yang lainnya menggunakan benang nilon.
  • Susunlah warnanya secara berselang-seling agar tampak menarik.
  • Selanjutnya, buatlah bagian kaki, tangan, badan, dan kepala.
  • Hubungkan bagian-bagian itu hingga membentuk satu badan yang utuh.

Pada bagian wajah, tempelkan mata-mataan boneka supaya  terlihat lebih hidup dan jadilah boneka tersebut. Benda ini memang merupakan ide kreatif yang bisa Anda ajarkan kepada si kecil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *