Ide Unik Belajar Sambil Bermain Agar Si Kecil Cepat Bisa Bicara

permainan anak tradisional

www.friso.co.id

Ibu perlu mencari dan mengumpulkan ide belajar sambil bermain. Balita tidak bisa diajari layaknya anak yang sudah dewasa. Ia harus senang. Itu syarat utama agar proses belajar efektif.

Ini juga yang harus ibu terapkan ketika ibu mulai mengajarkan cara berbicara. Ada balita yang sekali mendengarkan kata maka ia langsung bisa menirukan dan mengucapkan. Namun, tidak sedikit balita yang hingga usia 3 tahun belum bisa bicara. Untuk balita seperti ini, diperlukan stimulus agar anak belajar sekaligus bermain. Dengan demikian, ia merasa senang dan akhirnya mudah menghafal beberapa kata.

Berikut ini beberapa ide unik bermain sambil belajar bicara yang bisa ibu terapkan.

Bermain Kartu

Ini cara paling mudah yang bisa ibu lakukan. Yaitu bermain kartu. Tentu saja kartu yang digunakan merupakan kartu yang menarik bagi si kecil.

Tidak sulit lho mencari kartu seperti ini. Ibu bisa membeli kartu yang memuat gambar tokoh kartun yang disukai oleh si kecil. Pilihlah beberapa tokoh kartun yang berbeda sehingga si kecil bisa membedakan antara nama satu dengan nama yang lain. Mungkin, untuk awal, ibu bisa gunakan dua atau tiga nama tokoh yang berbeda. Baru kemudian ibu menambahkan tokoh lainnya.

Selain nama tokoh, ibu juga bisa gunakan kartu dengan tema lainnya lho seperti tema buah, alat rumah tangga, profesi, dan lain sebagainya. Semakin variatif, maka proses belajar sambil bermain lebih menarik bagi si kecil.

Lempar Bola Berwarna

Namun, kali ini ada sedikit modifikasi. Jika fokusnya pada belajar bicara, maka ibu perlu membelikan beberapa dengan berbagai warna berbeda. Permainannya sangat mudah. Ibu bisa mengajak si kecil bermain lempar bola sambil mengatakan warna bola yang harus dilempar.

Jadi, ada dua manfaat melakukan permainan yang satu ini. Yang pertama, si kecil aktif menggerakkan motorik kasarnya melalui aktivitas melempar. Dan yang kedua, perkembangan otak dipacu karena anak ibu akan mulai mencoba membedakan warna yang berbeda. Sekaligus si kecil bisa mengucapkan warna bola yang ia lempar. Permainan sederhana yang menarik, bukan?

Belajar Sambil Menari

Balita suka sekali bergerak. Apalaga ia mendengarkan musik yang menyenangkan. Tidak jarang ia akan menirukan gerakan-gerakan penari yang ada video klip tersebut.

Ada saat itulah ibu bisa sekaligus mengajak si keci untuk belajar bicara. Jadi, ia tidak hanya meniru gerakan menari tapi juga meniru bagaimana mengucapkan kata. Awalnya mungkin ia akan mengucapkan satu penggala kata terakhir dari setiap kalimat saja. Namun, lambat laun ia akan mampu mengucapkan satu demi satu kata dengan sempurna.

Ada banyak lagi ide belajar dengan bermain yang bisa ibu dapatkan di berbagai sumber online. Ibu bisa cari salah satu ide yang memungkinkan untuk ibu terapkan lalu ibu bisa modifikasi sesuai dengan kondisi.

Namun, yang tak kalah pentingnya lagi adalah pemenuhan kebutuhan gizi. Proses belajar bicara tidak bisa berjalan lancar jika perkembangan otak terganggu. Untuk memastikan otak berkembang dengan baik, maka nutrisi harus dipenuhi.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *