Ikuti 4 Cara Mengatasi Bau Mulut Ini, Pasti Ampuh!

Masalah pada bagian gigi dan mulut memang tak henti-hentinya dialami oleh setiap orang. Tak hanya anak kecil saja yang mengalaminya, bahkan orang dewasa pun mengeluhkan masalah ini pada kebanyakan dokter gigi di Indonesia. Bukan lagi hanya karena kuman dan bakteri, sekarang banyak sekali faktor penyebab masalah gigi dan mulut akibat gaya hidup tidak sehat.

Bau mulut, sangat mengganggu memang. Khusus masalah ini, tak hanya diri sendiri saja yang terganggu, orang lain yang berada di sekitar pun akan terganggu akibat bau mulut yang kamu keluarkan. Tentu hal ini akan membuat kamu malu, pesimis dan minder kan ketika berada di hadapan orang?

Nah, karena kamu sudah terlanjur mengalami masalah bau mulut ini, yang harus kamu lakukan adalah dengan melakukan tindakan pengobatan dan antisipatif agar masalahnya tidak semakin parah. Lalu bagaimana caranya? Ikutilah 4 cara mengatasi bau mulut sederhana ini dan aplikasikan pada gaya hidup keseharianmu.

  1. Tingkatkan Produksi Air Liur

Pernah mendengar kata air liur? Ya, ini adalah sesuatu yang diproduksi oleh mulut kamu. Dan fungsinya sangat penting sekali lho bagi mulutmu. Air liur yang ada di mulutmu ini akan secara kimiawi menggilas kuman dan bakteri penyebab bau mulut yang ada di dalam mulutmu, jadi mulut akan lebih segar dan bebas kuman jahat.

Nah, yang perlu kamu lakukan adalah dengan meningkatkan produksi air liurmu, karena semakin banyak air liur akan semakin banyak juga kuman jahat yang hilang. Salah satu caranya adalah dengan mengunyah. Karena, ketika kamu mengunyah sesuatu, maka air liurmu akan diproduksi lho. Jadi, jangan biarkan mulutmu kering karena terlalu lama diam dan tidak mengunyah ya.

  1. Hindari Makan Makanan yang Baunya Menyengat

Setiap kali kamu makan makanan yang berbau menyengat, pasti bau mulutmu akan memiliki bau yang sama seperti makanan yang kamu makan tersebut. Dan pastinya baunya tidak seperti makanan yang kamu makan, melainkan karena bercampur dengan kuman dan bakteri dalam mulut sehingga membuatnya jadi sangat tidak enak.

Makanan seperti rendang, jengkol, petai atau makanan lain sebaiknya kamu kurangi jika ingin memakannya. Bukan menjadi pantangan yang harus dilakukan, kamu tetap boleh kok memakan makanan jenis ini bila kamu mau, namun tetap perhatikan untuk selalu membersihkan gigimu sehabis makan ya.

  1. Permen dan Parfum Mulut

Dengan mengkonsumsi permen atau menggunakan parfum khusus mulut, maka kamu sudah dapat membuat bau mulutmu jadi lebih segar, walaupun hanya untuk sementara saja ya. Selain karena bau permen atau parfum itu sendiri, dengan melakukan ini maka kamu juga akan meningkatkan produksi air liurmu lho. Nah, Sembari kamu melakukan cara yang lain, cara ini tetap bisa kamu lakukan kok. Jadi, pilihlah permen atau parfum mulut yang berbau segar yang kamu sukai ya.

  1. Gosok Gigi dan Berkumur

Nah, dua hal inilah yang paling penting. Sebagus apapun cara dan upayamu untuk mengatasi bau mulut, tidak akan berguna apabila kamu tidak menjaga kebersihan gigi dan mulutmu. Karena, faktor penyebab bau mulut tetap akan berada di dalam gigi jika tak segera kamu bersihkan. Jadi, mulai sekarang gosoklah gigimu dan berkumurlah menggunakan LISTERINE setidaknya dua kali sehari ya.

Dan tak lupa juga, untuk mengontrol kondisi gigi dan mulutmu maka kamu sebaiknya pergi ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali. Entah hanya sekedar bertanya-tanya ataupun melakukan penanganan, sempatkanlah untuk menemui dokter gigi terbaikmu ya. Nah, 4 cara diatas pasti sangat ampuh bila dilakukan dengan benar. Semoga bermanfaat ya.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *