Info Kesehatan Mengenai Kemungkinan Faktor Penyebab Bayi Kolik

sunat sejak kecil

www.ibudanbalita.com

Info kesehatan yang satu ini banyak yang tidak diketahui oleh para orang tua. Ibu pasti melihat bayi yang baru berusia beberapa minggu setiap malam menangis. Bahkan, ada bayi yang seolah-olah menangisnya sudah terjadwal, yaitu setiap tengah malam. Dan ia menangis hingga berjam-jam.

Orang jawa kuno mengatakan bayi tersebut sawanen atau sedang diganggu oleh makhlus halus. Kemudian, biasanya bayi tersebut dibawa ke dukun bayi. Sang dukun melakukan jampi-jampi untuk mengusir makhluk halus yang menurut keyakinan mereka sedang menagganggu si kecil.

Itu jika dilihat dari kaca mata mistis. Lain hal jika dilihat dari kaca mata ilmiah. Bayi yang terus menerus menangis bahkan hingga lebih dari 1 jam itu sedang mengalami kolik. Para ahli kesehatan anak tahu persis apa yang dialami oleh bayi tersebut.

Kini, ibu tinggal memilih mana yang ibu percayai apakah bayi menangis versi mistis atau info tentang kesehatan yang disebut dengan kolik?

Tentu saja ibu harus memahami dari kedua sudut pandang tersebut. Dari perspektif mistis, ibu bisa bertanya langsung dengan dukun bayi. Kali ini, ibu bisa mempelajari kolik dari kaca mata medis.

Apa Itu Kolik?

Sebetulnya, tanda-tanda kolik itu sudah jelas. Ketika bayi menangis hingga berjam-jam, kemungkinan besar bayi ibu mengalami kolik. Hal ini jika ibu yakin tidak ada masalah kesehatan lainnya. Ibu tidak menemukan tanda alergi pada si kecil, bayi ibu sudah kenyang karena kuantitas ASI banyak, dan lain sebagainya.

Menurut ahli kesehatan, kolik ini merupakan kondisi di mana sistem pencernaan bayi mengalami perkembangan. Ini seperti halnya bayi menangis ketika tumbuh gigi. Pasti ada hal yang ia rasa tidak nyaman pada dirinya. Jadi, sebenarnya hal ini tidak perlu dikhawatirkan. Hanya saja, tentu ibu tidak tega melihat bayi ibu terus menerus menangis hingga berjam-jam, bukan? Untuk itu, ibu harus cari tahu informasi kesehatan lainnya yang berkaitan dengan penangangan kolik.

Menghindari Risiko Bayi Kolik

Jika ibu bertanya apakah ada bayi yang tidak mengalami kolik? Jawabannya tentu ada. Hanya saja, kebanyakan bayi mengalami hal ini. Intensitasnya saja yang mungkin berbeda antara bayi satu dengan yang lain. Inilah yang menyebabkan ada bayi yang menangis karena menahan rasa sakit atau juga yang tidak menangis karena ia tidak merasakan sakit yang begitu parah.

Terlepas dari itu semua, ada lho bu hal yang menjadi faktor risiko bayi mengalami kolik. Menurut penelitian medis, ternyata seorang ibu yang merokok selama masa kehamilan rentan sekali menyebabkan bayi mengalami kolik.

Hal ini juga mungkin berlaku pada ibu hamil yang selama masa kehamilan terpapar asap. Memang mereka tidak merokok tapi mereka menghirup asap rokok karena mereka tinggal dengan orang-orang yang merokok. Istilah mereka adalah perokok pasif.

Dari sinilah mengapa ibu tahu pentingnya menghindari asap rokok bagi ketika masa kehamilan. Asap rokok tidak hanya menyebabkan sistem pernafasan terganggu tapi juga berimbas pada kesehatan bayi yang nanti ibu lahirkan.

Menangani Bayi Kolik

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, dukun bayi melakukan sesuatu untuk mengatasi bayi yang mengalami kolik. Akan tetapi, hal yang berbeda dilakukan oleh para ahli medis. Ibu ingin tahu apa yang mereka lakukan?

  • Memeluk Si Kecil

Pada intinya bayi yang baru berusia beberapa minggu atau bulan yang menangis terus menerus itu disebabkan rasa ketidaknyamanan yang ia rasakan. Untuk itu, diperlukan cara agar ia merasa nyaman. Salah satunya dengan memberikan pelukan. Pelukan dari seorang ibu jelas memberikan rasa nyaman dan aman sehingga anak lupa dengan ketidaknyamanan yang sedang ia rasakan.

  • Membaringkan Bayi

Tentu ibu tidak bisa terus menerus memeluk si kecil. Ada kalanya ibu perlu membaringkan si kecil sendiri agar ia menangis. Ini seperti orang yang sedang sedih. Mereka merasa lega ketika sudah menangis, bukan? Jadi, biarkan saja bayi menangis untuk sementara waktu baru kemudian ibu peluk dan gendong untuk menenangkan si kecil.

  • Memberikan Susu Hangat

Jika bayi ibu sudah berusia 1 tahun, ibu bisa berikan susu Friso Gold 3 dalam keadaan hangat. Setidaknya ada dua manfaat dengan memberikan susu hangat. Yang pertama, susu hangat membuat sistem pencernaan lebih baik dan membuat si kecil merasa nyaman. Yang kedua, susu memberikan nutrisi kepada tubuh sehingga hal-hal yang menyebabkan kolik bisa segera diatasi.

Namun, terlepas dari langkah yang harus ibu lakukan tersebut, ada satu hal yang perlu ibu ketahui. Kolik tidak bisa ditangani secara instan. Diperlukan waktu yang tidak sebentar agar ibu bisa benar-benar mengatasi hal ini. Untuk itu, kata kuncinya adalah sabar. Ibu harus terus bersabar menghadapi bayi yang rewel.

Ibu mungkin perlu berbagi tugas dengan suami. Saat ibu sudah kelelahan, ibu bisa meminta suami untuk menggendong sang buah hati. Apalagi jika bayi biasa terbangun di malam hari dan menangis hingga menjelang subuh. Tentu dibutuhkan tenaga serta kesabaran yang luar biasa. Ini bisa dilewati jika ibu bekerjasama dengan sang suami.

Setidaknya inilah yang diceritakan oleh para ibu di forum Friso. Ternyata, tidak sedikit para ibu yang mengalami pengalaman yang sama. Ibu bisa ikut diskusi di forum tersebut agar ibu bisa memperkaya wawasan tentang bagaimana merawat bayi serta meningkatkan pengatahuan tentang info kesehatan bayi.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *