Info Penting Jika Anak Mulai Belajar Menulis

Anak Mulai Belajar Menulis

www.ibudanbalita.com

Mungkin anda tidak menyadari kapan anak mulai belajar menulis. Anda hanya tahu ketika anak mulai memegang pensil atau bolpen. Anda tidak sadar juga dinding rumah sudah di corat-coret si kecil.

Kesal? Tentu saja kesal. Bagaimana tidak kesal jika melihat dinding rumah terlihat sangat kotor dengan coretan-coretan yang dibuat oleh anak anda. Namun, di sisi lain, anda juga pasti bangga karena balita mulai belajar menulis.

Anda hanya perlu menjadi fasilitator saja. Anda harus memfasilitasi agar perkembangan anak lebih optimal. Ketika ia baru mulai belajar jalan, maka anda harus ajari bagaimana cara agar bisa berjalan dengan benar. Begitu pun ketika ia mulai belajar menulis. Ajari bagaimana cara menulis.

Untuk itu, dua hal yang perlu anda lakukan.

  1. Siapkan Media
    Sedini mungkin seharusnya anda membiasakan agar anak tidak menulis di dinding. Anda harus siapkan media khusus agar anak tidak terbiasa corat coret dinding.Anda bisa siapkan buku gambar yang besar. Atau anda bisa tempelken white board besar di dinding agar anak anda tahu bagian mana yang boleh ditulisi dan mana yang tidak boleh.
  2. Siapkan AlatAnda bisa lihat di beberapa sekolah PAUD atau SD di mana banyak anak yang salah dalam memegang pensil. Inilah mengapa pakar perkembangan anak menyampaikan tips di www.ibudanbalita.com tentang bagaimana cara mengajari anak memegang alat tulis.Yang pertama, anda sebaiknya memberlikan pensil yang pendek, Jangan pilih pensil yang sangat panjang. Pensil yang panjang akan membuat anak anda cenderung salah ketika memagangnya.

    Yang kedua, anda juga perlu mengajari anak bagaimana cara memegang pensil yang benar. Anda perlu mengajari bagaimana cara menjepit pensil.

Jadi, yang anda harus lakukan hanya memberikan fasilitas agar anak berkembang secara alami dan optimal. Dalam waktu yang sama, anda juga harus mencegah jika ada hal buruk bisa terjadi.

Kapan Sebaiknya Balita Mulai Serius Belajar Menulis?

Sebenarnya bukan belajar tapi corat coret saja. Dan ini diawali ketika balita anda mengenal alat tulis. Mungkin usianya baru satu tahun setengah atau bahkan baru satu tahun.

Namun, jika anda lebih sering mengajari anak menulis, maka yang tepat adalah ketika usianya mencapai 2 tahun. Pada usia tersebut, motorik halus anak sudah bagus. Ia sudah bisa memegang benda dengan benar. Jadi, ia tidak akan merasa kesulitan memegang pensil dengan tepat lalu menggoreskan pada media tertentu.

Hanya saja, menurut pakar perkembangan anak, sebenarnya tidak disarankan ketika balita usia 2 tahun sudah mulai diajari menulis. Dari pada belajar menulis, akan lebih baik jika anda mengajarinya menggambar atau mewarnai.

Ketika si kecil masuk sekolah PAUD atau TK, sebenarnya tidak disarankan anak anda diajari menulis. Pada saat itu, anak seharusnya lebih banyak bermain. Boleh saja anak mengenal huruf tapi tidak boleh dipaksa harus bisa menulis.

Meskipun demikian, tidak salah kok jika anak mulai belajar menulis asalkan hal tersebut ia lakukan atas dasar kehendaknya sendiri.

Mengenai perkembangan anak, tentu saja anda tidak boleh asal-asalan. Anda sebaiknya bertanya dengan ahlinya tentang bagaimana mengasuh dan membesarkan anak dengan baik. Anda bisa kunjungi situs ibu dan balita untuk bisa berkonsultasi dengan pakar perkembangan anak. Di sana, anda bisa bertanya apa saja. Atau mungkin anak anda memiliki masalah yang berhubungan tumbuh kembangnya, anda bisa tanyakan secara langsung.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *