Info Seputar Kehamilan! Bukan Malas, Ibu Hamil Sering Lelah Karena 5 Alasan Ini

info kehamilan awal kehamilan

ibudanbalita.com

Ibu hamil sudah pasti harus selalu update apa saja info seputar kehamilan. Ini sangat penting untuk dilakukan terutama bagi Anda yang baru hamil. Kenapa? Sebab dalam situasi ini Anda harus menghadapi banyak sekali perubahan yang jika tidak disikapi dengan tepat akan sangat riskan.

Bukan hanya untuk wanita hamil saja, sebagai seorang suami Anda juga harus selalu update juga terkait dengan apa saja info kehamilan. Hal seperti ini juga penting sekali untuk dilakukan supaya Anda tidak kaget dengan sikap istri Anda yang bisa saja sedikit agak merepotkan.

Dengan selalu update informasi-informasi seperti ini, baik para ibu hamil dan suaminya tidak merasa kaget jika nantinya ada perubahan-perubahan yang terjadi. Terutama untuk para suaminya.

Benarkah Ibu Hamil Malas?  

Banyak yang sering mengecap ibu hamil itu malas. Kondisi ini disebabkan karena biasanya ibu hamil sulit bangun untuk beraktivitas. Tetapi sebelum Anda menilai seperti itu, sebaiknya harus tahu terlebih dahulu informasi kehamilan berikut ini.

Meskipun sebenarnya berat badan dari ibu yang sedang hamil muda belum terlalu banyak bertambah tetapi kenapa banyak yang merasa lelah secara berlebihan. Sebenarnya kondisi seperti ini sangat wajar terjadi. Jadi ibu hamil tidak perlu mengkhawatirkannya.

Meskipun sebagian ibu hamil baru merasakan kondisi seperti ini pada usia kehamilan tujuh bulan. Tetapi banyak juga yang mengalami rasa lelah seperti ini sepanjang kehamilan. Pertanyaannya sekarang adalah memangnya apa yang menyebabkannya?

Pada kesempatan kali ini, info ibu hamil yang akan dibagikan lebih mengfokuskan terkait dengan alasan kenapa ibu hamil sering merasa kelelahan yang berlebihan serta bagaimana cara mengatasi ibu hamil yang sering merasa kelelahan seperti ini.

Alasan Ibu Hamil Sering Merasa Kelelahan

Di atas sudah sedikit disinggung jika ibu hamil yang mudah sekali merasa kelehan adalah kondisi yang normal. Memangnya kenapa? Berikut ini beberapa alasan kenapa ibu hamil sering sekali merasa kelelahan:

  1. Perubahan Hormon

Wanita hamil cepat lelah salah satunya disebabkan adanya peningkatan hormon progesteron. Hormon progesteron ini bisa memicu rasa kantuk berlebih pada wanita hamil. Selain itu, tubuh juga mengalami produksi darah yang disertai dengan adanya penurunan tekanan darah dan juga kadar gula.

Namun sayangnya meskipun mudah sekali ngantuk, tetapi di sisi lain banyak wanita hamil muda yang tidak bisa merasakan tidur malam nyenyak dikarenakan sering buang ari kecil.

Bagi Anda yang belum tahu info wanita hamil seperti ini, mungkin akan berpikiran ada hal yang salah dengan kondisi tubuh Anda. Padahal sebenarnya kondisi ini merupakan kondisi yang normal dialami oleh pawa wanita yang sedang hamil muda.

  1. Mual dan Muntah

Meskipun sering disebut dengan morning sickness, tetapi faktanya mual dan muntah pada ibu hamil ini bisa berlangsung kapan saja sepanjang hari. Kondisi seperti ini sudah pasti akan banyak menguras energi. Untuk itulah pada akhirnya tubuh pun akan cepat sekali lelah.

  1. Cemas

Perlu Anda ketahui juga bahwa sebenarnya faktor emosi turut memiliki andil besar dalam mempengaruhi kondisi fisik Anda. Termasuk diantaranya ketika merasakan cemas. Umumnya banyak hal yang sering menjadi pemicu ibu hamil merasa camas.

Beberapa hal yang umumnya paling sering dicemaskan oleh para ibu hamil adalah berkaitan dengan kondisi kesehatan janin yang dikandungnya, persiapan menjadi ibu, sampai perasaan tentang kehamilan itu sendiri.

Maka dari itu, jangan sampai kondisi ini terus berlanjut. Anda harus cepat mengatasinya. Jangan sampai berlanjut menjadi depresi. Sebab ini akan berbahaya baik untuk kesehatan Anda dan janin yang ada di dalam kandungan.

  1. Anemia

Jangan pernah menganggap ibu hamil itu malas. Bisa saja lelah yang sering dirasakan oleh ibu hamil ini ada kaitannya dengan anemia defisiensi zat besi. Guna memastikan kondisi ini, Anda perlu melakukan tes darah.

Tes darah seperti ini biasanya dilakukan pada awal trimester pertama, menjelang akhir dari trimester kedua, dan pada awal trimester ketiga.

  1. Penambahan Beban

Pada trimester ketiga, ibu hamil akan lebih sering lagi merasa lelah sebagaimana pada saat trimester pertama. Tetapi untuk saat ini alasannya dikarenakan semakin bertambahnya berat bayi serta berat badan ibu hamil.

Kondisi ini umumnya akan mengakibatkan ibu hamil sulit tidur serta sering buar air kecil. Sehingga pada akhirnya rasa lelah mudah sekali muncul.

Tips Tetap Semangat Saat Hamil

Setelah Anda mendapatkan informasi untuk ibu hamil seperti ini tentunya sekarang menjadi paham kenapa ibu hamil cepat merasa lelah sehingga akhirnya sering bermalas-malasan.

Namun tentunya kondisi seperti ini harusnya bukan menjadi alasan untuk bermalas-malasan. Supaya bisa terus semangat pada saat hamil, praktekkan tips tetap semanga saat hamil berikut ini:

  1. Istirahat tiap kali merasa lelah. Namun ketika tidak memungkinkan, Anda bisa menyisihkan waktu untuk tidur siang serta tidur malam lebih awal.
  2. Upayakan untuk menghindari minum terlalu banyak beberapa jam sebelum tidur, supaya tidak terlalu sering terbangun untuk buang air kecil.
  3. Konsumsilah makanan sehat dalam porsi kecil setiap beberapa jam. Contohnya saja sereal dengan susu rendah lemak.
  4. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran. Batasi makanan asin, manis, maupun junk food.
  5. Berakrtifitas fisik. Misalnya saja seperti berjalan santai dan lain sebagainya.

Setalah Anda mendapatkan info untuk ibu hamil dengan sangat jelas seperti ini maka mulai saat ini hindari beranggapan bahwa ibu hamil adalah pribadi yang malas maupun sebutan lainnya.

Sebab hal ini murni disebabkan karena adanya perubahan fisik yang dialaminya selama masa kehamilan. Yang dibutuhkannya saat ini adalah dukungan bukan celaan. Dan semoga info seputar kehamilan di atas bisa membantu Anda semua.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *