Ingin Mengajak Anak Nonton Bioskop? Ikuti Tips Berikut Ini

Banyak orang tua bertanya apakah boleh mengajak anak nonton bioskop. Sebenarnya bukan boleh atau tidak tapi apakah anak sudah siap untuk berada di dalam bioskop mulai dari awal dari akhir film atau tidak.

Dari pihak pengelola bioskop, anak kecil sudah diperbolehkan masuk bioskop dengan catatan film yang diputar untuk semua umur, bukan hanya untuk dewasa.

Mengenai harga tiket, setiap pengelola bioskop memilih peraturan sendiri-sendiri. Ada yang anak usia 2 tahun tidak ditarik tiket, tapi ada juga bioskop yang menarik tiket untuk anak usia 2 tahun.

Lalu, apakah ibu berani membawa anak nonton bioskop?

Saran Yang Ibu Bisa Jadikan Pertimbangan

Secara umum, anak usia 2,5 tahun sudah mengetahui alur cerita sebuah film. Meskipun belum mengerti secara utuh, setidaknya anak usia 2,5 tahun sudah mengerti alur cerita. Jadi, sangat aman jika mengajak anak menonton bioskop ketika usianya 2,5 tahun.

Selain itu, jika anak ibu sudah sedikit lebih dewasa, maka ibu bisa dengan mudah mengontrol anak ibu. Ibu bisa meminta anak untuk tidak berisik mengingat berada di dalam bioskop siapapun tidak boleh berisik.

Tidak sedikit anak yang takut berada di dalam bioskop. Hal ini biasanya terjadi ketika ibu baru pertama kali mengajak anak nonton bioskop. Suasana yang gelap serta layar bioskop yang besar sekali membuat anak merasa tidak nyaman dan terkadang menjadi takut. Apalagi efek suara yang sangat keras yang terkadang membuat si kecil kaget.

Untuk itu, ada baiknya ibu memilihkan film yang durasinya pendek. Hal ini akan membuat akan mudah untuk beradaptasi karena ia tidak harus berada di dalam bioskop dalam kurun waktu yang lama. Selain itu, ibu juga perlu memilihkan film yang disukai oleh anak ibu. Yang paling banyak disukai adalah film kartun. Namun, bukan tidak mungkin anak suka bukan film kartun, tergantung favorit anak ibu.

Yang pasti, ibu harus memilihkan film yang tidak menyeramkan atau membuat anak takut. Jangan pula mengajak anak menonton film dewasa. Sebenarnya ini sudah menjadi peraturan setiap pengelola bioskop di mana siapapun tidak boleh membawa anak di bawah umur untuk menonton film dewasa.

Alternatif Lain

Mungkin ibu ingin sekali mengajak anak menonton film dengan cara yang berbeda dan lebih asyik. Selama ini ibu hanya mengajak anak menonton film di rumah. Dan ingin sekali ibu mengajak anak nonton film di bioskop.

Jika ibu tidak yakin anak tidak akan rewel selama menonton bioskop, ibu bisa coba mencoba mengajak anak menonton film di bioskop keluarga atau bioskop mini. Biasanya ini hanya untuk 4 atau 5 orang saja. Jadi, tidak perlu khawatir jika tiba-tiba anak tidak nyaman atau bahkan takut ketika nonton film. Anak tidak akan mengganggu penonton lain karena hanya satu keluarga ibu saja di dalam bioskop tersebut.

Setidaknya ini bisa menjadi langkah awal ibu mengenalkan bioskop sebelum akhirnya ibu mengajak anak nonton bioskop besar. Apakah ibu akan coba cara ini?

Memang sudah selayaknya anak mencoba hal-hal yang baru. Ini bagian dari proses belajar anak. Bagaimana anak bisa tahu bioskop jika ibu tidak ajak dia ke bioskop? Toh ini bisa menjadi ajang pembelajaran tersendiri bagi anak. Ibu menjadi orang tua yang bisa mengontrol tontonan apa yang baik untuk anak ibu. Anak juga tidak canggung ketika dewasa nanti jika harus mengajak ibu menonton film di bioskop. Dan tentunya ibu bisa ikut serta dalam memilihkan film yang baik untuk anak ibu.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *