Ingin Si Kecil Cerdas? Penuhi Nutrisi Anak Balita Dengan 9 Jenis Makanan Berikut Ini!

nutrisi anak balita

www.ibudanbalita.com

Asupan nutrisi anak balita yang Bunda berikan sangat besar dampaknya untuk perkembangan otak dan juga fisiknya. Jika ingin memiliki anak yang cerdas, tentunya Bunda harus selalu mencukupi asupan nutrisi pendukung perkembangan otak balita.

Menjadi sebuah keharusan untuk selalu mencukupi nutrisi anak batita, Apalagi pada fase ini tumbuh kembang anak sedang melaju dengan pesat-pesatnya. Jangan sampai Anda kurang memperhatikan asupan nutrisi hariannya karenan bisa memberikan dampak besar untuk pertumbuhan dan perkembangan otak serta fisik balita Anda.

Pada masa golden age (0-5 tahun), otak manusia mengalami pertumbuhan dan perkembangan begitu pesat. Agar supaya kecerdasan, kreativitas, dan prilaku anak perkembangannya bisa optimal, asupan nutrisi yang seimbang setiap harinya sangat dibutuhkan.

Sebab dengan memberikan asupan nutrisi yang seimbang dan lengkap pada fase ini, akan membuat semakin banyak jumlah sel-sela otak balita. Dan semakin bagus kualitas dari percabangan sel-sel otak balita maka akan semakin bagus pula fungsi sinaps antara sel-sel otak dari anak balita.

Perlu Anda pahami, tumbuh kembang otak semenjak masa kehamilan 6 bulan sampai bayi umur 2 tahun terbilang sangat cepat dan penting. Untuk itulah kenapa bayi memerlukan banyak karbohidrat, protein, lemak, vitamin B1, B6, dan nutrisi penting lainnya.

Apalagi pada saat bayi umur 1 tahun, 60% energi makanan pada bayi ini digunakan untuk pertumbuhan otaknya. Untuk itulah kenapa sangat penting untuk selalu mencukupi asupan nutrisi untuk anak balita.

9 Makanan Untuk Kecerdasan Balita

Jenis makanan yang Anda berikan kepada balita setiap harinya bisa menjadi penentu cukup tidaknya kebutuhan nutrisi balita setiap harinya. Sederhananya, tumbuh kembang otak balita akan semakin optimal jika kebutuhan nutrisi harian balita tercukupi.

Maka dari itu supaya nutrisi harian balita bisa tercukupi sehingga tumbuh kembang otak balita bisa menjadi lebih optimal lagi, Anda bisa mengupayakannya dengan memberikan menu makanan sehat yang di dalamnya terkandung jenis nutrisi yang bisa mendukung tumbuh kembang otak balita Anda. Diantaranya adalah:

  1. Ikan Salmon

Mencukupi nutrisi untuk anak batita bisa Anda upayakan dengan membiasakan memberikan menu makanan ikan salmon pada balita. Alasannya adalah ikan salmon ini bisa dibilang sumber terbaik asam lemak omega 3, DHA, dan EPA yang memiliki perananan penting dalam tumbuh kembang otak pada balita.

  1. Telur

Telur merupakan salah satu sumber protein yang dikenal memiliki harga yang murah. Kuning terlur sudah terbukti mengandung kolin, yakni zat yang bisa membantu perkembangan memori otak pada balita.

  1. Selai Kacang

Kacang tanah dan juga selai kacang dikenal sebagai salah satu sumber dari vitamin E. Sedangkan vitamin E ini dikenal sebagai antioksidan yang bisa melindungi sel saraf. Bahkan lebih dari itu, kandungan thianim dan vitamin E pada kacang tanah dan selai kacang ini dapat membantu otak dan sistem saraf pada saat penggunaan glukosa guna membentuk energi yang dubutuhkan oleh tubuh.

  1. Gandum

Mencukupi Nutrisi anak usia dini pendukung tumbuh kembang otaknya juga bisa didapatkan dengan cara membiasakan mengkonsumsi olahan dari gandum. Otak ini membutuhkan suplai glukosa dari tubuh yang sifatnya konstan, dan gandum ini dapat mendukung kebutuhan tubuh lantaran kandungan serat yang ada di dalamnya.

Serat yang terdapat dalam gandum ini akan membantu mengatur pelepasan dari glukosa yang ada di dalm tubuh. Lalu vitamin B yang juga terdapat di dalam gandum akan menjaga sistem saraf supaya bisa berfungsi secara maksimal.

  1. Oatmeal

Oatmeal ini merupakan salah satu sereal yang paling populer dikalangan balita dan ternyata juga kaya nutrisi penting bagi otok balita. Oatmeal ini memiliki kemampuan mensuplai energi untuk otak yang sangat dibutuhkan oleh balita.

Selain kaya akan serat yang sangat dibutuhkan oleh tumbuh kembang otak balita, oatmeal juga merupakan sumber dari vitamin B dan E, seng, serta kalisum yang dapat membuat tubuh dan fungsi otak balita dapat berfungsi secara lebih optimal lagi.

  1. Jenis Buah

Jenis buah Barry, seperti strowberry dan blueberry memiliki cukup nutrisi untuk anak usia dini penunjang tumbuh kembang otaknya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kandungan dari ekstrak buah strorberry dan blurberry memiliki kemampuan untuk memperbaiki fungsi daya ingat. Selain itu biji dari buah berry ini memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang sangat tinggi dan sangat dibutuhkan untuk kesehatan otak terutama kecerdasan.

  1. Kacang-kacangan

Kacang ini merupakan makanan yang baik untuk otak anak balita karena dapat mempertahankan energi serta kemampuan berpikir. Kacang merah bisa menjadi pilihan tepat karana mengandung asam lemak omega 3 yang lebih besar jika dibandingkan dengan jenis kacang lainnya.

  1. Sayur-sayuran

Labu, wortel, bayam, tomat, dan ubi jalar merah merupakan jenis sayuran kaya nutrisi dan juga antioksidan yang akan membuat sel-sel otak anak balita Anda bisa tumbuh dengan sehat.

  1. Susu dan Yogurt

Jenis makanan yang berasal dari produk susu terbukti memiliki kandungan protein dan juga vitamin B. Sedangkan protein dan vitamin B ini merupakan nutrisi penting dalam pertumbuhan jaringan otak dan juga enzim anak balita.

Supaya balita Anda tumbuh menjadi anak yang cerdas, menyukupi nutrisi pendukung pertumbuhan otak anak sudah menjadi kewajiban. Untuk itulah cukupi nutrisi anak balita Anda dengan makanan pendukung tumbuh kembang otak si kecil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *