Ini Dia Yang Perlu Dilakukan Untuk Persiapan Sebelum Hamil

Persiapan Kehamilan

womansday.com

Anda bisa saja mengikuti program persiapan sebelum hamil yang disarankan oleh dokter. Sekarang program kehamilan berbeda-beda. Ada yang harus menggunakan suntik hormon, mengkonsumsi obat herbal, dan lain sebagainya. Dan apa yang Anda lakukan tentu tidak salah asalkan sesuai dengan anjuran ahli medis.

Namun, kenapa sering sekali wanita gagal dalam menjalankan program kehamilan? Yang jelas, hal tersebut tidak disebabkan oleh cara yang dilakukan salah. Tentu saja program wanita hamil sudah dibuat sedemikian rupa sesuai dengan ilmu kesehatan.

Jika Anda sudah mencoba berbagai macam program kehamilan namun tidak kunjung mendapatkan momongan, mungkin Anda lupa melakukan persiapan kehamilan berikut ini:

Berat Badan Ideal

Ternyata, ada kaitan yang erat antara kesuksesan program kehamilan dengan berat badan lho. Wanita dengan berat badan tidak ideal akan sulit untuk hamil. Contohnya saja wanita dengan berat badan di bawah normal. Badan yang cenderung kurus membuat siklus menstruasi tidak teratur. Padahal, siklus menstruasi inilah yang bisa dijadikan patokan kapan wanita sedang dalam masa subur sehingga ia bisa lebih mudah hamil ketika berhubungan ketika masa subur.

Pernah dengar program kehamilan di mana Anda disarankan untuk melakukan hubungan ketika masa subur? Dan Anda harus tahu masa subur ditentukan beberapa hari setelah menstruasi.

Begitu pula dengan wanita yang memiliki berat badan di atas normal. Obesitas atau kegemukan membuat seseorang rentan mengalami masalah tekanan darah tinggi dan diabetes. Dan dua hal tersebut akan membuat rahim sulit menerima janin. Kalaupun ada janin di dalam kandungan, diabetes dan tekanan darah tinggi akan membuat resiko keguguran sangat tinggi.

Untuk itu, penting sekali agar Anda mempersiapkan kehamilan dengan cara memastikan berat badan Anda ideal. Perhatikan makanan yang Anda konsumsi setiap hari. Olahraga yang teratur dan istirahat yang cukup akan membuat Anda semakin mudah untuk mencapai berat badan yang ideal.

Mengkonsumsi Makanan Yang Mengandung Asam Folat

Anda pasti sering dengar istilah asam folat. Betul sekali. Istilah tersebut sering terdengar dari iklan susu ibu hamil. Kandungan berupa asam folat ini ternyata tidak hanya bisa Anda dapatkan dari susu ibu hamil saja. Ada beberapa makanan sehat yang juga mengandung nutrisi untuk persiapan sebelum hamil yang satu ini.

Jeruk, pisang, dan alpukat merupakan buah-buahan yang mengandung asam folat. Buah-buahan segar tersebut bisa Anda konsumsi agar Anda cepat hamil. Akan tetapi, Anda tidak tahu apakah dengan mengkonsumsi buah tersebut kebutuhan asam folat dalam tubuh terpenuhi atau belum. Akan lebih baik jika Anda mengkonsumsi susu ibu hamil yang sudah dipastikan kandungan asam folatnya cukup sebagai persiapan kehamilan. Mengkonsumsi susu ibu hamil sepatutnya dijadikan salah satu bagian dari program kehamilan.

Mungkin Anda bertanya kenapa harus asam folat. Menurut ahli kesehatan kandungan, salah satu fungsi asam folat adalah agar membuat rahim semakin siap untuk kehadiran janin.

Sebenarnya Anda tidak hanya memiliki pilihan berupa minum susu persiapan kehamilan. Ada juga suplemen yang khusus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi persiapan hamil, terutama asam folat. Akan tetapi, jika Anda ingin mendapatkan nutrisi yang komplit, minum susu persiapan ibu hamil.

Olahraga Rutin

Memang salah satu cara mempersiapkan kehamilan adalah dengan berolahraga. Ini tidak hanya bagus untuk menjaga kebugara. Lebih dari itu, olahraga akan membuat semua organ tubuh bisa berfungsi dengan baik. Dan pastinya, olahraga bisa menghindarkan Anda dari masalah kegemukan yang menjadi salah satu masalah penyebab susah hamil.

Kuncinya hanya satu. Olahraga harus rutin. Ini bukan berarti Anda harus olahraga setiap hari. Kurang tepat juga jika Anda menerapkan olahraga yang terlalu berat. Lakukan jenis olahraga yang Anda suka. Jika suka lari, maka lakukan setidaknya satu atau dua kali setiap satu minggu. Itu sudah cukup. Jika Anda suka olahraga yang cukup berat seperti senam aerobik, sebaiknya lakukan satu minggu satu kali.

Olahraga yang terlalu berlebihan justru membuat tubuh Anda kelelahan. Jika hal ini terjadi, maka bukannya Anda akan sehat tapi badan terasa pegal. Dan ini kurang baik untuk persiapan sebelum kehamilan yang Anda lakukan.

Hentikan Minum Kopi

Kopi mengandung kafein yang menurut penelitian kandungan yang ada pada kopi tersebut bisa menyebabkan terhambatnya perjalanan sel telur menuju rahim. Memang jika kafein di dalam tubuh hanya berjumlah sedikit, hambatan tersebut tidak akan terjadi. Hanya saja, sebagai langkah antisipasi, sebaiknya Anda hentikan dulu mengkonsumsi kopi ketika Anda ingin sekali segera memiliki momongan.

Jika alasannya adalah kafein yang bisa menghambat kehamilan, itu artinya Anda juga perlu kurangi konsumsi teh. Ternyata, di dalam teh terdapat kafein juga lho. Kandungan kafein terbanyak pada teh celup. Meskipun kandungan kafein di dalam teh jauh lebih sedikit daripada yang ada di dalam kopi, tetap saja Anda perlu hati-hati.

Ada satu catatan yang harus Anda ketahui. Menurut ahli kesehatan kandungan, wanita yang sudah berusia di atas 40 tahun sangat sulit sekali mengalami kehamilan. Bahkan, jika wanita usia 40 tahun tersebut hamil, resiko bayi yang ada di dalam kandungan mengalami keguguran sangat tinggi.

Itulah mengapa dokter kandungan selalu menyarankan agar wanita menikah di usia muda. Hal ini tidak lain disebabkan oleh resiko buruk yang bisa saja terjadi jika seorang wanita yang sudah berumur baru menikah.

Jadi, apakah Anda sudah siap untuk melakukan persiapan sebelum hamil?

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *