Ini Lho Alasan Mengapa Stress Saat Hamil Bisa Mengakibatkan Keguguran

Stres Ibu Hamil

solusisehatku.com

Stress saat hamil bisa mengakibatkan keguguran? Mungkin ini juga yang ada di benak ibu saat ini. Untuk mereka yang mengenyam pendidikan kesehatan, terutama kesehatan kandungan, mereka akan memahami apa kaitan atau pengaruh stress terhadap terjadinya keguguran. Karena memang faktor psikologis ibu hamil bisa mempengaruhi kesehatan secara umum.

Berikut ini penjelasan singkat bagaimana stress ketika hamil bisa mengakibatkan keguguran. Meskipun bukan stress saja yang menjadi faktor penyebab utama keguguran. Namun, stress sangat berpengaruh terhadap kesehatan ibu hamil yang memburuk dan kemungkinan besar bisa berimbas pada janin di dalam rahim.

Saat Ibu Hamil Mengalami Stress

Banyak hal yang membuat seorang wanita yang sedang hamil stress. Ini bisa disebabkan oleh faktor eksternal. Adanya permasalahan rumah tangga, kesibukan kantor, kejar deadline, atau hal-hal lainnya bisa menyebabkan stress.

Akan tetapi, stress waktu hamil juga bisa dipengaruhi meningkatnya produksi hormon. Ini sangat wajar karena hormon tersebtu memang dibutuhkan untuk perkembangan janin di dalam rahim. Hanya saja, ini memberikan dampat lain seperti morning sickness, mood swings, dan termasuk mudah stress.

Terlepas dari penyebab stress saat hamil, ibu harus tahu konsekuensi apa yang terjadi. Ternyata, saat ibu mengalami stress, maka suplai oksigen terganggu. Tak terkecuali suplai oksigen menuju ke rahim atau ke janin. Padahal ibu tahu kan oksigen sangat dibutuhkan. Janin di dalam kandungan juga perlu oksigen lho.

Apa yang terjadi? Ini tidak ubahnya jika ibu kekurangan oksigen. Pertama, ibu akan mengantuk. Dan lama kelamaan tubuh ibu akan lemas. Bahkan, bukan tidak mungkin jika hal ini tidak ditangani secepatnya, maka kinerja organ tubuh terganggu.

Ini pula yang dialami oleh bayi di dalam kandungan. Ketika pasokan oksigen berkurang, maka perkembangan janin akan terganggu. Bayi bisa lahir dalam keadaan prematur. Yang lebih parah lagi, bayi tidak berkembang dan akhirnya mengalami keguguran.

Tentu hal ini tidak ibu inginkan, bukan? Oleh sebab itu, ibu harus tahu bagaimana cara mengatasi stress saat hamil.

Cara Tepat Mengatasi Stress

Sebenarnya tidak ada yang beda saat ibu mengandung atau tidak. Jika ibu stress, maka ibu harus menenangkan diri.

Hanya saja, ruang gerak ibu dibatasi karena ibu sedang hamil. Ibu tidak bisa jalan-jalan ke luar kota karena goncangan ketika berkendara bisa berakibat buruk untuk janin di dalam kanduangan.

Lalu, apa yang harus ibu lakukan untuk mengatasi stress? Sangat disarankan ibu mengikuti yoga ibu hamil. Selain untuk menghilangkan stress, yoga juga akan membuat organ tubuh tertentu kuat sebagia langkah persiapan agar bisa melakukan persalinan secara normal.

Ibu bisa melakukan yoga sendiri di rumah. Akan tetapi, akan lebih baik jika ibu ikut kelas yoga. Instruktur akan membimbing sehingga ibu akan melakukan gerakan yang tidak membahayakan.

Bagaimana jika ibu tidak tahu di mana ada kelas yoga ibu hamil? Ada alternatif lain untuk mengatasi stress, yaitu relaksasi di rumah. Relaksasi bisa dilakukan dengan cara apapun mulai dari membaca buku, menonton film favorit, memasak, dan semua hal yang membuat ibu merasa rileks dan bahagia.

Yang pasti, ibu harus tahu bagaimana me-manage diri sendiri. Minimalisir hal yang membuat ibu stress. Dengan demikian, ibu bisa mengatasi stress saat hamil dan janin bisa berkembang secara optimal.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *