Jauhi Kebiasaan Ini Agar Gigi Tidak Mudah Berlubang

Penyebab gigi berlubang tidak hanya karena kurangnya menjaga kebersihan gigi. Ada banyak kebiasaan-kebiasaan yang mungkin sering kamu lakukan, dan kebiasaan ini justru perlu dihindari agar terhindar dari gigi berlubang.

Apa saja kebiasaan yang dapat menybabkan gigi berlubang ini? Bagaimana menghindari melakukan kebiasaan-kebiasaan ini dapat membantu mencegah gigi berlubang?

  1. Mengigit es batu

Mengigit es batu ketika menkonsumsi minuman dingin memang kebiasaan yang cukup sering dilakukan orang. Akan tetapi, kebiasaan ini ternyata kurang baik untuk gigi. Alasannya, karena es batu yang keras dan dingin dapat menyebabkan gigi menjadi retak secara halus. Retakan halus ini mungkin tidak akan terasa mengganggu, tapi dari retakan-retakan halus ini, karies atau lubang gigi yang lebih parah bisa terjadi. Selain itu, sering mengunyah es batu juga dapat menyebabkan gigi jadi lebih sensitif dan justru lama kelamaan akan mulai terasa sakit ketika menkonsumsi makanan dingin, panas, atau manis.

  1. Memberi dot sebelum tidur

Hal ini pastinya memang tidak kamu lakukan untuk diri sendiri, tapi jika kamu memiliki anak atau adik kecil yang masih menggunakan dot, kamu perlu mengetahui info ini. Ketika anak kecil menangis atau susah tidur, hal yang paling mudah untuk membuatnya tenang biasanaya adalah dengan memberikan dot susu dan membiarkannya hingga anak kecil tertidur lelap.

Akan tetapi, kebiasaan dalam melakukan ini dapat menyebabkan terjadinya kerusakan gigi di usia dini. Sebab, susu yang terus dikonsumsi hingga bayi atau anak kecil tertidur akan terus menempel di gigi dan membentuk bakteri dan asam yang dapat menyebabkan gigi berlubang. Untuk menghindari hal ini, alternatif yang bisa kamu lakukan adalah untuk mengganti susu dengan air putih, agar gigi tidak rusak karena gula yang terdapat pada susu bayi.

  1. Menggesekkan gigi

Kebiasaan ini bisa sering terjadi secara sengaja maupun tidak disengaja. Kebiasaan ini dapat merusak gigi karena seringnya terjadi gesekan antara gigi, dan lama-kelamaan akan menyebabkan gigi jadi sensitif dan juga berlubang. Lapisan pelindung gigi yang berada di bagian paling luar gigi bisa menjadi terkikis, dan menyebabkan masalah pada gigi.

Terkadang, hal ini bahkan dilakukan ketika sedang tidur, dan hal ini masih bisa dibantu dengan mouthguard atau pelindung mulut untuk mengurangi resiko terjadinya pengikisan pada gigi.

  1. Menkonsumsi permen untuk meredakan batuk

Permen yang dibuat untuk membantu meredakan rasa gatal ketika sedang batuk memang dikonsumsi untuk alasan kesehatan. Akan tetapi, tidak semua permen ini bebas gula, dan justru mengandung gula yang cukup tinggi sehingga dapat merusak gigi.

Jika ini adalah cara yang kamu gunakan untuk meredakan rasa gatal di tenggorokan ketika batuk, maka kamu perlu memastikan permen yang kamu konsumsi itu bebas gula. Jangan sampai batuk sembuh, tapi justru masalah gigi timbul.

  1. Mengigit benda-benda yang bukan makanan

Mengigit benda-benda seperti pencil, kuku, atau ketika mencoba membuka sesuatu dengan gigi juga dapat merusak gigi. Alasannya sama dengan ketika mengunyah es batu atau menggeskkan gigi, karena hal-hal ini dapat menjadikan lapisan luar gigi menipis dan menyebabkan retakan halus pada gigi yang lama kelamaan bisa menyebabkan gigi berlubang.

Alternatif yang bisa kamu gunakan jika kamu memiliki kebiasaan ini adalah untuk menkonsumsi permen karet bebas gula. Mengunyah permen karet juga bisa membantu membersihkan gigi dan merangsang kelenjar ludah agar ludah jadi lebih banyak dan dapat membantu membersihkan gigi.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *