Jenis Makan Yang Boleh Untuk Anak Yang Terkena Cacar Air

cacar air pada anak

www.ibudanbalita.com

Secara medis, penyakit cacar air ini disebut dengan varisela. Penyakit ini umumnya menyerang anak-anak di bawah usia 10 tahun. Namun penyakit ini ternyata juga bisa menyerang orang dewasa. Bahkan gejala yang muncul umumnya lebih berat daripada anak-anak.

Penyakit ini disebabkan oleh virus varicella zostar. Untuk gejalanya umumnya ditandari dengan munculnya ruam pada kulit. Setelah itu ruam tersebut akan berubah menajdi bintil merah yang berisi cairan dan setelah itu akan terasa gatal.

Kemudian umumnya akan mengering menjadi koreng dan akan terkelupas dalam waktu 7 sampai dengan 14 hari. Untuk bagian tubuh yang umumnya ditumbuhi oleh bintil cacar air ini adalah wajah, kulit kepala, belakang telinga, dada, perut, lengan, dan kaki.

Penyakit cacar air pada anak ini umumnya membutuhkan waktu 10 sampai 21 hari untuk bisa sembuh total dari penyakit ini. Dan penyakit ini merupakan jenis dari penyakit yang menular. Penularannya umumnya terkadi lantaran adanya kontak dengan seseorang yang sedang terkena penyakit ini.

Untuk itulah jika ada seseorang yang sedang terkena penyakit ini, sebisa mungkin jauhkan anak Anda darinya. Sebab potensi anak tertular penyakit cacar ini sangatlah besar. Jangan sampai buah hati tercinta sampai tertular gara-gara keteledoran Anda.

Dan ternyata bayi juga bisa berpotensi terkena penyakit cara air ini. Hal ini bisa terjadi karena adanya interaksi dengan seseorang yang sedang menderita penyakit ini. Untuk itulah Bunda harus waspada jika disekitar Anda ada yang sedang menderita penyakit ini.

Makanan Pantangan Bagi Penderita Carar Air

Selama anak Anda menderita penyakit ini, Anda sebagai orang tua harus tetap siaga terutama dalam menjaga makanan untuk anak. Sebab ada beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi pada saat sedang terkena penyakit ini.

Bahkan jika dikonsumsi, justru bisa menjadi penyebab penyakit ini semakin parah. Untuk beberapa makanan yang menjadi pantangan bagi para penderita carar air adalah sebagai berikut ini:

  1. Jenis makanan yang terbuat dari produk susu sapi atau produk susu lainnya seperti es krim, keju, dan mentega. Hal ini disebabkan lemak yang terkandung pada produk tersebut bisa meningkatkan produksi minyak pada kulit. Sehingga akan menyebabkan pengeringan luka dari carar air ini akan membutuhkan waktu yang lama. Dalam hal ini Anda bisa memilih jenis susu yang rendah kadar lemaknya, contohnya seperti susu kedelai.
  2. Daging sapi dan daging kambing juga tidak boleh dikonsumsi oleh anak yang sedang menderita penyakit cacar. Dikarenakan jenis daging ini mengandung lemak dan kalori yang jika dikonsumsi secara berlebihan bisa membuat tubuh terasa panas. Dan hal seperti ini sangat tidak baik pada saat proses penyembuhan penyakit yang satu ini. Sebagai penggantinya, Anda bisa memilih daging ayam saja.
  3. Cokelat dan kopi juga tidak baik untuk para penderita penyakit ini. Hal ini disebabkan zat yang terkandung di dalam cokelat dan kopi setelah masuk ke dalam tubuh akan diubah menjadi asam sehingga bisa mengakibatkan kulit yang sedang teriritasi bisa menjadi semakin parah.
  4. Yang terakhir adalah makanan yang bersifat junk food. Kenapa? Sebab makanan junk food seperti kentang gorang, burger, gorengan, dan lainnya, mengandung banyak lemak trans, tepung, dan gula yang bisa menyebabkan daya tahan tubuh melemah dan juga bisa menyebabkan tenggorokan sakit dan gatal semakin parah.

Jenis Makanan Yang Disarankan Bagi Anak Yang Menderita Cacar Air

Supaya penyakit ini bisa cepat sembuh, selain menghindari jenis makanan pantangan, Anda sebagai orang tua bisa memberikan beberapa jenis makanan yang memiliki kemampuan untuk mempercepat proses penyembuhan penyakit ini.

Sedangkan untuk beberapa makanan yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi anak yang sedang menderita cara air adalah sebagai berikut ini:

  1. Buah-buahan dan juga sayuran, sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh anak yang sedang mendeita carar ini. Sebab mengkonsumasi buah-buahan dan sayuran ternyata bisa membantu mempercepat proses penyembuhan penyakit ini. Karena buah-buahan dan juga sayuran memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi.
  2. Air kelapa muda juga sangat disarankan untuk anak yang sedang menderita penyakit ini. Sebab air kelapa muda ini memiliki kemampaun untuk mempercepat proses penyembuhan cacar air pada anak. Air kelapa ini bisa menjadi vitamin tambahan yang memiliki kemampuan untuk meingkatkan daya tahan tubuh serta mengatasi iritasi yang diakibatkan oleh penyakit ini.

Akibat Penyakit Cara Air Pada Anak

Perlu Bunda ketahui juga, ternyata akibat yang ditimbulkan oleh penyakit ini pada anak bisa berbeda-beda, tergantung dari usianya. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa akibat yang bisa ditimbulkan oleh penyakit ini pada anak:

  1. Jika menyerang bayi, terutama bayi yang belum genap 1 tahun, umumnya penyakit ini bisa sangat berbahaya. Sebab demam yang terjadi pada bayi bisa sangat tinggi. Bahkan ketika kodisi tubuh bayi kurang prima, kulitnya bisa sampai terkena infeksi oleh bakteri.
  2. Jika gejala cacar air ini menyerang balita, maka umumnya akan mengalami demam meskipun tidak terlalu tinggi.
  3. Jika menyerang anak usia sekolah, sebaiknya anak jangan pergi ke sekolah dulu sampai penyakit ini bisa benar-benar sembuh. Dan tentunya supaya tidak menular ke teman sekolahnya.

Meskipun sebenarnya penyakit ini merupakan penyakit biasa yang sering terjadi pada anak-anak, namun jika tidak disikapi dengan tepat bisa berakibat fatal. Untuk itulah sebagai orang tua, jangan sampai Anda meremehkan penyakit cacar air ini.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *