Jenis Nutrisi Ibu Hamil Yang Wajib Dipenuhi

nutrisi untuk ibu hamil muda

www.ibudanbalita.com

Mungkin banyak yang bertanya-tanya mengapa nutrisi ibu hamil begitu penting bagi kehidupannya. Namun faktanya masih banyak ibu hamil yang belum begitu tahu jenis nutrisi apa saja yang saat ini dibutuhkannya. Selain itu parahnya lagi kesadaran ibu hamil dalam mengkonsumsi nutrisi yang cukup dan seimbang dalam masa kehamilannya masih sangat sedikit.

Kondisi seperti ini disebabkan lantaran kebanyakan ibu hamil kurang begitu mengetahui apa fungsi dan juga peran dari nutrisi yang setiap hari dikonsumsinya. Sebenarnya jika ibu hamil ini tahu manfaat serta fungsi dari nutrisi tersebut, kesadaran ibu hamil untuk selalu mengkonsumsi makanan yang bernutrisi pasti akan semakin meningkat.

Nutrisi untuk ibu hamil ini didapatkan dari asupan gizi yang berasal dari makanan yang dikonsumsi setiap harinya. Nutrisi untuk dirinya dan juga bayi yang sedang dikandungnya sebenarnya harus benar-benar dicukupi selama masa kehamilan berlangsung.

Jika tidak, resiko kesehatan dari si kecil yang masih ada di dalam kandungan akan mengalami kekurangan gizi serta nutrisi yang seimbang. Oleh sebab itu, sorang ibu hamil hendaknya memperhatikan dengan serius hal yang satu ini.

Nutrisi serta gizi yang seimbang selama masa kehamilan ini akan membantu ibu hamil dan juga bayi yang dikandungnya untuk melewarti masa tersebut dengan baik. Untuk itulah dalam hal ini ibu hamil harus menjalankan pola makan yang sehat.

7 Asupan Gizi Yang Harus Dipenuhi Oleh Ibu Hamil

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi ibu hamil, hendaknya ibu hamil juga harus memenuhi asupan gizi yang diperlukan selama masa kehamilannya. Kehamilan ini pasti akan berdampak pada kesehatan fisik maupun mental dari calon ibu itu sendiri.

Untuk itulah kenapa juga dibutuhkan asupana makanan yang memadahi bukan hanya semata-mata untuk kesehatan ibu hamil saja namun juga untuk memelihara tumbuh kembang dari si kecil yang masih berada di dalam kandungan.

Bersamaan dengan usia kehamilan yang terus bertambah, secara otomatis akan bertambah pula kebutuhan gizi serta nutrisi wanita hamil. Khususnya ketika usia kehamilan sudah memasuki trimester kedua.

Sebab pada saat usia kehamilan sudah memasuki trimester kedua ini janin yang ada di dalam kandungan tumbuh dengan sangat pesat, khususnya berkaitan dengan pertumbuhan otak berikut susunan syarafnya.

Maka dari itu nutrisi serta gizi yang seimbang selama masa kehamilan akan sangat membantu ibu hamil serta janin yang dikandungnya dalam menjalani hari-hari selama masa kehamilannya. Tentu saja dengan melakukan hal ini akan membuat ibu hamil dan janin tetap sehat.

Selama masa kehamilan, kebutuhan akan nutrisi menjadi semakin meningkat, seperti kebutuhan akan zat besi, kalsium, dan asam folat. Untuk itulah ibu hamil harus diberik dorongan agar senantiasa mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Berikut ini daftar dari asupan gizi ibu hamil yang harus dipenuhi selama masa kehamilan:

  1. Kalori

Perlu ibu hamil ketahui, bahwa pada masa kehamilan ini kebutuhan kalori menjadi naik antara 300-400 kkl perharinya. Sementara itu kebutuhan akan kalori yang semakin meningkat ini bisa dipenihi dari sumber makanan yang bervareasi, dengan mengacu pada menu 4 sehat 5 sempurna.

Idealnya 55% didapatkan dari nasi serta umbi-umbian sebagai sumber karbohidratnya, lemak hewani dan nabati 35%, dan 10% berasal dari sayur-sayuran serta buah-buahan. Seperti itulah acuan yang ideal untuk memenuhi kebutuhan kalori selama masa kehamilan berlangsung.

  1. Asam Folat

Asam folat ini menjadi salah satu asupan gizi dan nutrisi untuk wanita hamil yang harus dipenuhi selama masa kehamilan berlangsung. Sebab janin yang sedang Anda kandung saat ini sangat membetuhkan asam folat dalam jumlah yang cukup banyak untuk pembentukan syaraf. Di trimester pertama, bayi sudah membutuhkan 400 mikrogram asam folat setiap harinya.

Untuk itulah jika kekurangan asam folat ini sudah pasti perkembangan dari janin menjadi terhambat serta efek terburuknya bisa membuat bayi lahir dengan kelainan, contohnya saja seperti tanpa kotak kepala, tulang belakang tidak tersambung, bibir sumbing, dan sejenisnya.

  1. Protein

Asupan protein yang seimbang selama kehamilan ini diperlukan lantaran bisa menjadi zat pembangun, pembentukan darah, dan sel. Sedangkan kebutuhan ibu hamil akan protein ini sebesar 60 gram perharinya, atau 10 gram lebih banyak dari biasanya.

  1. Kalsium

Asupan gizi untuk ibu hamil yang harus dipenuhi selanjutnya adalah kalsium. Kalsium ini berfungsi untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi. Dengan pemenuhan kebutuhan akan kalsium selama masa kehamilan, dapat menghindarkan dari resiko ibu hamil terkena osteoporosis.

Apabila kebutuhan kalsium ibu hamil tidak mencukupi maka secara otomatis kebutuhan kalsium janin diambil dari tulang ibunya. Untuk itulah kenapa ibu hamil harus memenuhi kebutuhan akan kalsium setiap harinya.

  1. Zat Besi

Asupan gizi dan nutrisi bagi wanita hamil yang harus selalu dipenuhi selanjutnya adalah zat besi. Sebab zat besi ini memiliki fungsi dalam pembentukan darah, terutama saat membentuk sel darah merah hemoglobin. Selain itu juga untuk mengurangi resiko wanita hamil terkena anemia.

  1. Kolin

Kolin ini juga sangat dibutuhkan selama masa kehamilan, selain untuk menjagak kesehatan tulang ibu hamil, juga dapat mencegah dari tekanan darah tinggi selama masa kehamilan berlangsung. Selain itu kolin ini juga diperlukan untuk mencegah bayi dari cacat lahir, masalah pada otak, dan tulang belakangnya.

  1. Iodium

Selain untuk menjaga kesehatan dari kelenjar tiroid, iodium ini diperlukan untuk mendukung perkembangan serta pertumbuhan si kecil yang masih berada di dalam kandungan. Iodium ini dibutuhkan bayi untuk perkembangan otak, sitem syaraf, mencegah keguguran, bayi lahir mati, menegah pertumbuhan bayi pendek, gangguan pendengaran, dan cacat mental.

Melihat begitu pentingnya memenuhi asupan gizi yang seimbang selama masa kehamilan, maka sudah menjadi kewajiban ibu hamil untuk selalu memenuhinya supaya nutrisi ibu hamil juga bisa terpenuhi secara seimbang juga.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *