Kebersihan Gigi Menentukan Kesehatan Balita

Balita Sikat Gigi

FreySmiles.com

Terlalu banyak hal yang harus ibu lakukan untuk menjaga kesehatan balita. Saking banyaknya, ibu lupa untuk menjaga kebersihhan gigi. Ini yang paling krusial. Pasalnya, kesehatan gigi balita sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuhnya secara keseluruhan.

Bagaimana hal tersebut bisa terjadi? Ibu bisa mengetahui alasannya dari penjelasan berikut ini.

Gigi Sumber Bakteri

Banyak orang tua yang memahami jika bakteri dan kuman itu berasal dari lingkungan yang tidak sehat. Tentu hal tersebut sangat beralasan. Apalagi ketika musim hujan tiba, kesehatan anak harus dijaga secara lebih ekstra dengan cara membersihkan lingkungan sekitar tempat tinggal. Pastikan tidak ada tempat yang digenangi air karena itu bisa menjadi tempat nyamuk bertelur.

Namun, siapa sangka jika bakteri yang menjadi penyebab penyakit ada pada gigi. Bakteri bisa berkembang di dalam mulut lantaran masih ada beberapa sisa makanan yang tidak dibersihkan. Sisa makanan tersebut mengundang bakteri untuk datang dan akhirnya membahayakan kesehatan gigi.

Mungkin ibu sering menemukan balita yang memiliki gigi gugus atau gigi keropos. Hal tersebut tidak lain disebabkan bakteri yang menggerogoti gigi. Dan hal tersebut semakin berbahaya jika ternyata si kecil mengkonsumsi makanan. Bukan tidak mungkin bakteri yang ada pada gigi masuk ke dalam tubuh bersamaan dengan makanan yang dikonsumsi oleh si kecil. Kira-kira ibu bisa membayangkan apa yang terjadi selanjutnya, bukan?

Dengan penjelasan tersebut di atas, dapat ditarik sebuah kesimpulan bawasannya gigi yang sehat akan membuat balita sehat. Dan gigi yang tidak dijaga kebersihkannya akan berpengaruh terhadap kesehatan balita juga.

Menjaga Kesehatan Gigi

Ada yang bilang balita itu pasti memiliki gigi keropos atau gigi berlubang. Ini terjadi pada anak kecil.

Karena kebiasaan tersebut, banyak orang tua yang menyepelekan masalah yang satu ini. Namun, ibu pasti tidak menganggap enteng masalah yang satu ini setelah ibu tahu bagaimana kesehatan sang buah hati sangat dipengaruhi oleh kesehatan gigi. Dan sebenarnya tidak sedikit juga balita yang tidak mengalami gigi keropos. Hal ini disebabkan orang tua mereka sangat memperhatikan kesehatan gigi balita mereka.

Sebagai orang tua, ada 3 hal yang harus ibu lakukan untuk memastikan kesehatan gigi balita terjaga.

  1. Mengajarkan Balita Menggosok Gigi

Ketika gigi balita sudah tumbuh, maka pada saat itu juga sebaiknya ibu rajin membersihkan gigi si kecil. Ibu bisa mengajarkan bagaimana menyikat gigi kepada si kecil. Memberi teladan akan membuat balita ibu termotivasi untuk menggosok gigi setiap hari.

  1. Memilihkan Makanan Yang Tepat

Menjaga kesehatan balita tidak hanya cukup dengan cara memberikan menu makanan yang bergizi tinggi. Lebih dari itu, ibu harus memilihkan makanan yang tepat yang tidak merusak gigi si kecil.

Pastikan ibu tidak terlalu sering memberikan makanan yang terlalu manis. Pasalnya, makanan ini bisa sangat mudah merusak gigi balita. Selain itu, makanan terlalu panas dan terlalu dingin juga bisa berakibat buruk bagi gigi balita. Untuk itu, ibu harus pilihkan makanan yang tidak terlalu dingin, tidak terlalu panas, dan tidak terlalu manis.

  1. Konsultasi Dengan Dokter Gigi

Sayang sekali kesadaran untuk melakukan konsultasi dengan dokter gigi sangat rendah. Dan kesadaran ini bisa ibu tanamkan mulai dini ketika ibu memiliki balita.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *