Kenali Kandungan Wajib, Faktor Pemilih MPASI Instant Bergizi!

bubur bayi organik

Source: MyaParentingJournal

Tuntutan hidup di era modern yang serba uang, menuntut ayah bunda untuk bekerja adalah hal yang biasa. Rasanya tidak aneh bila perempuan mulai meniti karir, dan urusan rumah tangga menjadi tanggung jawab kedua pasangan. Segalanya makin menantang ketika buah hati hadir dalam hidup ayah bunda. Apalagi kalau urusan memberi makan, mpasi instant bergizi menjadi andalan.

Makanan pendamping air susu ibu merupakan istililah untuk menggambarkan hidangan perkenalan asupan di luar ASI. Biasanya, pemberian mpasi atau makanan pendamping ASI diberikan ketika usia bayi menginjak 6 bulan. Hal ini disebabkan pencernaan bayi yang begitu lemah, dan baru ‘agak’ mampu menerima beragam komponen makanan di usia setengah tahun.

Jaman dulu, orang tua sengaja membuat makanan bayi secara manual. Namun, mengingat padatnya jadwal dan ramenya panggilan pekerjaan, tentu agak sulit mempertahankan gaya hidup tersebut. Kendati demikian, prioritas kesehatan buah hati masih menjadi yang utama. Tenang, ayah dan bunda sangat disarankan memberikan bubur instant, selama kandungan di bawah ini terpenuhi:

  1. Zat besi
    Siapa sih yang tidak pernah mendengar zat besi? Akibat iklan suplemen darah rendah yang cukup marak, membuat nama mineral satu ini tidak asing di telinga penduduk Indonesia.

    Tidak ada yang salah dengan penggambaran zat besi sejauh ini. Memang, tugas utama zat besi adalah mempertahankan kualitas sel darah dalam tubuh. Ingat, sel darah ibarat kereta yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Kalau sel darah sampai tak terbentuk dengan baik, dapat dipastikan tubuh yang lemas hanyalah permulaan.

    Bayi yang kekurangan zat besi akan kesulitan tumbuh. Oksigen merupakan baterai bagi tubuh. Absennya suplai oksigen membuat tubuh tidak mampu melanjutkan proses perkembangan si kecil. Ada baiknya bila bunda atau ayah memasukkan mineral zat besi dalam makanan bayi, entah instant atau maual.

  2. Vitamin A
    Visual merupakan bagian yang sangat berguna dalam hidup manusia. Mulai dari menempa ilmu, sampai dengan pencarian jodoh, sepertinya mata tidak berhenti bekerja. Salah satu vitamin yang mengemban tanggung jawab dalam persoalan pengelihatan adalah vitamin A.

    Lucu tapi nyata, peran vitamin A dalam tubuh tidak hanya berhenti pada mata. Sebetulnya, anggapan bahwa vitamin A akan memberikan pengelihatan super didasari oleh kebohongan perang dunia. Pada masa itu, tentara asing berhasil menghabisi markas sekutu di tengah malam menggunakan senjata berteknologi tinggi. Demi melindungi rahasia militer, pihak atas mengaku pasukannya mampu melihat dalam gelap karena dipaksa makan wortel.

    Vitamin A memang membuat mata sehat, sayangnya kehebatan sesungguhnya ada pada komponen penyusun tubuh yakni saraf, dan tulang. Bersama dengan kalsium, vitamin A dengan giat memastikan pertumbuhan keduanya sesuai standard. Jasa pembuat senyum manis dengan deretan gigi rapih, tulang kuat nan kokoh, dan kinerja saraf baik adalah vitamin A.

  3. Zinc
    Tidak banyak orang membicarakan zinc secara individualis. Biasanya, zat besi sudah merebut sebagian besar perhatian konsumen sehingga zinc seolah sama dengan zat besi. Mari ditekankan bahwa baik zat besi dan zinc masuk dalam keluarga mineral, lebih tepatnya metal, namun keduanya jauh berbeda.

    Sebelumnya telah dijelaskan bahwa zat besi bertanggung jawab atas pertumbuhan sel darah. Ketika menyangkut zinc, divisi tubuh yang berkaitan tidak sama. Zinc berperan dalam menjaga kinerja tubuh dalam melawan penyakit. Gampangnya, Zinc merupakan manajer sistem kekebalan tubuh.

    Zinc layaknya pekerja yang sangat rajin, dirinya tidak puas hanya mengawasi kekebalan tubuh saja. Penelitian terkini menunjukkan, zinc merupakan penanggung jawab pertumbuhan sel tubuh. Mari diingat bahwa tubuh terdiri dari kumpulan sel yang memisah setiap harinya. Dalam artian, tanpa adanya sel, tidak akan ada yang namanya tubuh sempurna.

  4. Vitamin C
    Bicara soal kesehatan dan kecantikan, vitamin C dipastikan menjadi topik hangat. Ya, dalam persoalan memberi kulit putih dan halus, dokter banyak memakai vitamin C sebagai komponen utama. Sebetulnya seberapa akurat vitamin C untuk tubuh?

    Tanggung jawab vitamin C pada dasarnya adalah menjaga kekebalan tubuh. Tidak hanya vitamin C maju ke baris depan dalam memerangi kuman dan bakteri, vitamin satu ini juga berusaha menutup luka tubuh. Jangan heran, bayi yang gemar diberikan vitamin C cenderung gampang menutup luka, dan kuman bakteri seolah ogah berdatangan.

    Sumber vitamin C sendiri terletak pada makanan asam seperti jeruk. Sayangnya, sebagian besar bayi yang masih tahap setengah makan bubur dan air susu ibu, tidak mampu menahan rasa asam. Inilah kenapa sangat penting menemukan solusi pemberian vitamin C tanpa mengandalkan buah-buahan asam.

Secara garis besar, empat kandungan yang diperlukan pada pertumbuhan tubuh bayi adalah vitamin A, vitamin C, Zat besi, dan Zinc. Kedengarannya mungkin hanya sedikit, namun bila meninjau segi praktek ternyata tidak semudah kedengarannya.

Harap diingat bahwa setiap kandungan tersebut terletak pada bahan makanan yang berbeda. Zat besi dan zinc umumnya ditemukan dalam daging, telur, atau mungkin makanan laut. Sumber vitamin A adalah wortel, ketela manis, sedangkan vitamin C ada pada jeruk, limun, dan makanan yang buat alis mengkerut.

Agak ribet memang memasak bahan makanan yang penuh gizi, mengundang selera, dan nyaman di lidah. Dengan rutinitas yang serba repot tentu makin sulit bila mengingat si kecil kerap menolak. Inilah mengapa selalu pastikan mpasi instant bergizi yang dipilih memang meringankan beban ayah bunda.(HN)

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *