Kesehatan Ibu Hamil Yang Buruk Penyebab Berat Badan Bayi Rendah

Ibu pasti akan merasa bersalah setelah tahu ternyata penyebab utama berat badan bayi rendah itu adalah ibu. Dan kebanyakan kasus bayi lahir dengan berat badan di bawah normal disebabkan oleh keteledoran ibu hamil. Semoga saja mereka tidak tahu, bukan tahu tentang penyebab ini namun acuh.

Memang berat badan bayi setelah lahir bisa naik jika mendapatkan perawatan yang tepat. Akan tetapi, jika berat badannya rendah ketika lahir ke dunia, maka hal tersebut berpotensi adanya masalah dalam tumbuh kembangnya.

Untuk itu, seorang ibu hamil harus tahu apa yang sering menjadi penyebab berat badan bayi rendah. Berikut ini informasi yang harus ibu ketahui.

  • Gizi Ibu Hamil Kurang

Penyebab yang satu ini sudah jarang terjadi. Hal ini disebabkan tingginya kesadaran seorang ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan gizi selama masa kehamilan. Bahkan, pemerintah juga ikut serta untuk menjaga kesehatan kehamilan seperti ini dengan cara memberikan fasilitas kesehatan yang lebih mudah dan murah. Contohnya saja sekarang sudah ada bidan desa di mana setiap desa terdapat bidan yang bisa menangani semua ibu hamil di desa tersebut. Selain itu, semakin intens juga penyuluhan tentang pentingnya memenuhi kebutuhan gizi bagi ibu hamil.

  • Usia Yang Masih Muda

Nah, ini yang menjadi salah satu keteledoran yang dilakukan oleh seorang wanita hamil. Entah kenapa, sekarang ini tidak sedikit wanita hamil di usia yang cenderung sangat muda. Pada saat itu, kondisi rahim belum begitu siap sehingga janin tidak bisa berkembang maksimal. Akhirnya, berat badan bayi ketika dilahirkan sangat rendah.

Tidak ada cara lain selain mengkampanyekan stop pernikahan dini. Ini sebenarnya sudah didengungkan sejak lama. Hanya saja, masih banyak juga wanita yang menikah di usia masih belia sehingga di usianya yang masih di bawah 20 tahun, mereka sudah harus mengandung bayi.

Satu catatan yang harus diketahui oleh masyarakat banyak bawasannya wanita yang hamil di bawah usia 20 tahun 50% beresiko melahirkan bayi dengan berat badan di bawah normal.

  • Jarak Kehamilan Yang Terlalu Berdekatan

Sebenarnya, berapa tahun jarak ideal antara kehamilan anak satu dengan anak selanjutnya? Jawabannya menjadi sangat relatif. Hanya saja, untuk menghindari berat badan anak yang baru lahir di bawah normal, maka harus diatur jarak antara anak yang pertama dengan anak selanjutnya. Setidaknya, seorang wanita tidak hamil ketika bayi yang sudah dilahirkan masih harus mendapatkan ASI eksklusif.

Kebutuhan nutrisi seorang wanita yang sedang menyusui sangat banyak. Apalagi jika ditambah lagi ada janin di dalam kandungan. Jika seorang ibu menyusui namun pada saat yang sama sedang mengandung anak, maka kemungkinan besar bayi yang ada di dalam kandungan kekurangan nutrisi. Akhirnya, berat badan janin di dalam kandungan menjadi sangat rendah.

Kebanyakan penyebab bayi lahir dengan berat badan rendah disebabkan kesalahan yang dilakukan oleh seorang ibu hamil. Edukasi sangat diperlukan agar setiap ibu hamil mengerti apa yang harus dilakukan agat bayi lahir sehat dengan berat badan ideal.

Selain kekhawatiran tentang berat badan bayi di bawah normal, ada juga kondisi yang tak kalah berbahaya, yaitu bayi lahir dengan berat badan di atas normal atau obesitas. Ini biasanya terjadi ketika ibu hamil terkena diabetes.

Itulah mengapa menjaga keseimbangan nutrisi seorang ibu hamil sangat penting agar berat badan bayi yang baru saja dilahirkan normal.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *