Ketahui Manfaat Asi Eksklusif Bagi Ibu Dan Bayi

pentingnya ASI bagi bayi

Source: Inhabitant

Memberikan ASI secara eksklusif merupakan hal yang harus dilakukan oleh para ibu. Mengapa? karena sudah menjadi rahasia umum bahwa banyak sekali manfaat ASI eksklusif untuk kesehatan bayi. Sudah diketahui bahwa ASI merupakan makanan pokok untuk bayi sekaligus nutrisi utama yang dibutuhkan bayi. Jadi, sangat penting untuk memberikan ASI secara eksklusif kepada bayi.

Dalam air susu ibu atau ASI mengandung banyak sekali manfaat dan nutrisi yang dapat berfungsi sebagai penunjang pertumbuhan dan perkembangan bayi. ASI memiliki kebaikan yang dibutuhkan oleh tubuh bayi dalam menjaga agar tubuhnya tetap sehat dan terhindar dari penyakit serta gangguan pada bayi.

Pemberian ASI ekslusif, adalah memberikan ASI tanpa makanan lainnya selama enam bulan pertama setelah bayi lahir. Sudahkah bunda memberikan ASI ekslusif untuk buah hati? Kenali lebih dalam manfaat pemberian ASI eksklusif untuk bayi dan dapatkan keuntungan untuk ibu yang memberikan ASI. Yuk, simak ulasan berikut tentang manfaat pemberian ASI eksklusif.

Bunda sering mendengar ibu diwajibkan untuk memberikan ASI secara Ekslusif. ASI Ekslusif merupakan pemberian ASI tanpa memberikan makanan lain pada bayi yang berusia 0-6 bulan. Dengan demikian bayi tidak diberikan manakan lain cairan seperti susu formula, air putih, air teh, madu atau makanan padat sebelum usia enam bulan.

Hal ini yang masih salah dipahami oleh ibu pada umumnya. Mereka mereka memberikan ASI eksklusif sesuai dengan anjuran yaitu 0 hingga 6 bulan namun kenyataannya selain memberikan ASI, bayi juga mengkonsumsi makanan lainnya dengan alasan ketakutan jika sang bayi masih kelaparan jika hanya diberikan ASI saja. Padahal pemahaman ini adalah salah.

Manfaat ASI Eksklusif Untuk Bayi

Telah banyak studi yang mengungkapkan bahwa ada banyak sekali manfaat yang terdapat pada air susu ibu atau ASI. Nutrisi yang terkandung di dalamnya memberikan kebaikan pada kesehatan anak dan bahkan dapat menunjang pertumbuhan sera perkembangan sang anak. Nah, untuk lebih lengkap dan jelasnya, kami berikan ulasan mengenai manfaat ASI eksklusif untuk kesehatan bayi.

  • Sebagai imunitas bayi.

Tentu bunda sudah tahu bahwa ASI memberikan banyak sekali manfaat untuk kesehatan bayi salah satunya sebagai sumber imunitas bayi. Dalam ASI mengandung zat atau kandungan yang dapat mengurangi resiko terserangnya penyakit dan gangguan pada bayi. Pada usia 0 hingga 6 bulan tentu tubuh bayi belum memproduksi imunitasnya sendiri.

Tubuh bayi masih membutuhkan sumber imun untuk menjaga tubuhnya tetap sehat yang salah satunya didapatkan dari ASI. Penelitian juga mengungkapkan bahwa anak yang diberikan ASI lebih tahan atau kebal terhadap penyakit daripada anak yang tidak diberikan ASI secara eksklusif.

  • Meningkatkan kecerdasan anak.

Selain sebagai sistem imun dalam tubuh bayi, pemberian ASI eksklusif juga bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan anak. Ada penelitian yang menyebutkan bahwa jika anak diberikan ASI secara eksklusif sejak lahir, anak akan memiliki tingkat kecerdasan yang lebih baik dibandingkan dengan anak yang diberikan nutrisi lain seperti susu formula.

  • Membantu proses pencernaan bayi

Setelah kelahiran hingga usia 6 bulan, tubuh anak belum berfungsi secara sempurna termasuk pada pencernaannya. Nah, disinilah ASI sangat bermanfaat bagi bayi. Nutrisi yang terkandung dalam ASI membantu bayi dalam proses pencernaannya. Dapat dikatakan juga ASI sebagai pengganti dari zat pencernaan yang seharusnya diproduksi oleh tubuh.

  • Sebagai pemenuhan nutrisi anak.

Ketika bayi lahir, ia akan membutuhkan nutrisi yang nantinya akan berfungsi sebagai pertumbuhan anak. Dari mana anak bisa mendapatkan nutrisi yang lengkap selain dari ASI? Karena sudah diketahui bahwa setelah lahir hingga usia 6 bulan anak belum bisa mengkonsumsi makanan yang berat.

Jadi, ASI merupakan nutrisi yang pas diberikan kepada bayi setelah lahir. Dalam ASI terdapat kandungan dan nutrisi yang baik untuk kesehatan bayi dan dapat dengan mudah didapatkan secara alami dari ibu.

Manfaat ASI Eksklusif Bagi Ibu

Tahukah bunda? ASI bukan hanya bermanfaat untuk bayi, namun ASI ternyata juga bermanfaat bagi ibu. Berikut adalah manfaat ASI Eksklusif bagi ibu:

  • Mempercepat penyembuhan luka pasca melahirkan.

Pemberian ASI secara eksklusif pada bayi ternyata bermanfaat bagi ibu yaitu mempercepat penyembuhan luka pendarahan pasca melahirkan. Mengapa? hal ini dikarenakan adanya hisapan pada mulut bayi dapat merangsang produksi hormon progesterone sebagai zat penyembuh luka.

  • Tubuh kembali ideal.

Manfaat lain ASI untuk ibu adalah dapat membuat tubuh ibu kembali seperti semula. Mengapa? hal ini disebabkan karena timbunan lemak yang ada pada tubuh ibu digunakan untuk membentuk ASI. Jadi, sama saja lemak yang tertimbun pada tubuh ibu berkurang untuk memproduksi ASI.

  • Mempererat hubungan ibu dan bayi.

Memberikan ASI kepada bayi ternyata juga bermanfaat untuk mempererat hubungan ibu dan bayinya secara emosinal. Secara otomatis, pemberian ASI seperti memberikan kasih sayang kepada bayi. Jadi, ikatan batin antaa ibu dan bayi akan semakin kuat ketika ibu memberikan ASI kepada anaknya.

  • Mengurangi resiko kanker payudara

Pemberian ASI pada bayi secara eksklusif ternyata juga dapat menghindarkan sang ibu terhadap penyakit kanker payudara. Berbagai penelitian menyebutkan tentang hubungan pemberian ASI ini dengan berkurangnya resiko kanker pada ibu.

Dengan melihat manfaat ASI eksklusif di atas, maka tidak ada ruginya bukan memberikan ASI eksklusif kepada anak? Bukan hanya anak, ibu pun juga turut mendapat manfaat dari pemberian ASI eksklusif. Terimakasih

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *