Kok Si Kecil Selalu Menolak Makanan Bayi 8 Bulan?

makanan pertama bayi

Source: Simple Cooking Food

Tenang bu. Masalah bayi susah makan ini tidak hanya ibu yang alami. Banyak orang tua yang sudah mencoba membuatkan makanan bayi 8 bulan yang terbaik tapi anak mereka tetap menolak. Ini masalah yang wajar namun perlu penanganan serius agar anak tidak terlanjur tidak suka makan. Jangan sampai anak tidak mau makan hingga usia balita. Ini sangat tidak baik untuk tumbuh kembang anak.

Yang penting, ibu tidak boleh menyerah. Bagaimanapun juga, bayi usia 8 bulan harus mulai mengkonsumsi makanan. Kebutuhan nutrisinya semakin banyak sehingga ibu tidak bisa mengandalkan ASI saja meskipun ASI memang sangat penting. Namun, pemberian makanan yang juga disebut dengan MPASI (makanan pendamping ASI) ini tidak hanya untuk mencukupi kebutuhan nutrisi. Ini juga sebagai langkah awal agar si kecil bisa mengkonsumsi makanan layaknya orang dewasa. Diharapkan ketika balita nanti, ia sudah bisa makan maknaan yang sama dikonsumsi oleh orang tuanya.

Ibu tidak mau kan anak ibu ketika balita nanti hanya minum susu saja? Kasian jika setiap hari hanya minum susu atau mendapatkan ASI saja. Ia juga harus mendapatkan nutrisi dari makanan.

Nah, apa yang harus ibu lakukan ketika anak tidak mau makan makanan untuk bayi 8 bulan? Salah satu cara yang paling efektif adalah mengganti menu makanan. Buat makanan yang rasanya gurih. Ibu bisa cari resep bubur bayi yang ada rasanya. Atau, ibu bisa memberikan bubur Nestle Cerelac untuk sang buah hati. Bubur ini sangat bergizi. Selain itu, rasanya disukai oleh si kecil.

Tentu bukan itu saja faktor penyebabnya. Ibu juga perlu mencoba cara yang lain lagi.

  • Mengganti Jadwal Makan

Kenapa anak menolak makan? Ada kemungkinan si kecil masih merasa kenyang. Coba ibu ingat kembali jam berapa biasanya anak susah sekali diajak untuk makan. Misalnya saja anak susah makan di pagi hari. Ada kemungkinan anak masih merasa lemas dan sedikit ngatuk di pagi hari. Coba ibu ajak mandi dan jalan-jalan di sebentar. Baru kemudian ibu beri makan.

Bagaimana jika anak menolak makan siang? Apakah ibu memberikan snack atau cemilan sebelum itu? Bisa saja anak sudah merasa sangat kenyang karena terlalu banyak makan cemilan. Yang pasti, atur jadwal makan si kecil. Jangan sampai jarak antara makan snack atau minum susu itu berdekatan dengan jadwal makan. Ini perlu dihindari agar anak merasa lapar dan akhirnya mau mengkonsumsi makanan.

  • Makan Bersama

Apakah ada anak seumuran dengan sang buah hati ibu? Jika ya, coba ibu ajak untuk makan bersama. Ibu bisa membuat jadwal dengan sang bunda di sekitar agar bisa jalan-jalan bareng di luar rumah sambil menyuapi si kecil. Terkadang, bayi tidak mau makan itu karena tidak ada motivasi. Ia akan termotivasi ketika ada bayi seumuran yang juga sedang makan.

  • Ganti Menu Makanan

Sebenarnya, ini yang paling penting. ada banyak sekali menu makanan bayi usia 8 bulan yang harus ibu coba. Menu MPASI itu tidak hanya bubur lho bu. Ada banyak sekali menu lainnya. Terkadang, bayi itu bosan dengan makanan yang sama terus menerus. Maka dari itu, penting sekali bagi ibu untuk mengganti menu makanan secara berkala. Akan lebih baik jika ibu juga mempertimbangkan tekstur makanan. Ganti makanan dengan tekstur yang berbeda setiap hari. Ini selain mencegah rasa bosan juga membantu pertumbuhan gigi. Pasalnya, makanan dengan tekstur yang sedikit lebih kasar memicu pertumbuhan gigi lebih cepat.

  • Membelika Peralatan Makan Lucu

Ibu tahu apa kesukaan si kecil? Ibu bisa pertimbangkan untuk membeli alat makan dengan gambar karakter kartun yang si kecil sukai. Ini juga akan menumbuhkan keinginan si kecil untuk makan.

Tentu ibu bisa cari cara lainnya lagi selain yang sudah dijelaskan tersebut di atas. Akan tetapi, rasanya perlu juga untuk melakukan konsultasi dengan dokter bayi karena dikhawatirkan ada masalah kesehatan yang menyebabkan anak tidak mau makan makanan bayi 8 bulan.

Ada kasus di mana anak mogok makan makanan apa saja lantaran mulutnya mengalami masalah. Ada rasa perih pada bagian mulut yang disebabkan oleh sariawan. Dan ada juga yang menolak makan karena gigi si kecil sedang tumbuh. Seperti yang ibu sendiri ketahui saat tumbuh gigi, rasa perih itu luar biasa. Maka wajar jika anak tidak mau mengkonsumsi makanan. Itulah mengapa ibu juga perlu melakukan konsultasi dengan dokter bayi barangkali ada masalah kesehatan yang menganggu.

Terlepas dari faktor penyebab tersebut, bayi usia 8 bulan harus mulai mengkonsumsi makanan yang kandungan gizinya tinggi. Sebaiknya ibu berikan makanan yang kandungan proteinnya tinggi. Kandungan nutrisi ini sangat diperlukan saat usia menjelang balita karena protein dibutuhkan untuk menjaga berat badan si kecil normal. Banyak bayi yang usianya sekitar 8-9 bulan yang berat badannya turun. Maka dari itu, usahakan agar ibu membuatkan makanan yang terbuat dari bahan makanan mengandung protein tinggi seperti daging, telur, dan kacang-kacangan.

Tentu bukan hanya protein saja yang harus ada pada makanan untuk bayi usia 8 bulan. Kandungan kalsium dan vitamin juga harus ada. Maka dari itu, seleksi dulu bahan makanan yang akan ibu buat sebagai menu makanan bayi. Pastikan ibu memberikan makanan yang bervariasi agar si kecil mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembangnya.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *