Konsultasi Kesehatan Anak Agar Ia Tidak Mudah Tertular Penyakit

konsultasi kesehatan anak

Likalikulakilaki.com – Menurut situs konsultasi kesehatan anak online di www.ibudanbalita.com, kebanyakan anak terkena penyakit karena tertular dari orang lain. Contoh kecilnya saja batuk, pilek, alergi kulit, dan lain seterusnya. Memang penyakit semacam ini bisa menular. Dan anak yang masuk kecil sangat rentan tertular penyakit.

Para ahli kesehatan akan sudah mewanti-wanti agar kesehatan anak sekali dijaga. Anak kecil masih memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. Dengan demikian, ia mudah sekali terkena penyakit, apalagi penyakit menular.

Lalu, apa upaya yang tepat agar anak tidak mudah tertular penyakit? Berikut ini beberapa ulasan mengenai tips mencegah anak tertular penyakit dari orang lain.

Jaga Kesehatan Tangan

Kenapa harus tangan? Karena bakteri atau virus paling mudah menular melalui tangan. Oleh sebab itu, ada baiknya setiap kali ibu berasal dari luar rumah atau dari kamar mandi, ibu bersihkan dulu tangan ibu dengan sabun sebelum akhirnya memang sang buah hati. Ini menjadi anjuran yang paling sering diberikan oleh dokter anak setiap kali orang tua melakukan konsultasi tentang kesehatan anak.

Akan lebih baik jika ibu menyediakan hand sanitizer. Ini merupakan produk yang bisa membunuh kuman atau bakteri yang bersembunyi di tangan. Ibu bisa tempatkan hand sanitizer ini di wastafel dan juga di kamar mandi agar ibu selalu ingat untuk membersihkan tangan dulu sebelum menggendong anak.

Imunisasi

Mungkin ibu salah satu orang tua yang pernah mendengar pro dan kontra mengenai imuniasasi. Menimbang mudahnya anak kecil tertular penyakit, sangat disarankan agar ibu membawa si kecil untuk mendapatkan imunisasi.

Pada dasarnya, imunisasi atau yang sering disebut dengan vaskinasi adalah proses memberikan vaksin kepada si kecil agar terhindar dari masalah kesehatan. Dalam hal ini, penyakit yang dapat dicegah tergantung vaksinasi apa yang diperboleh si kecil. Yang pasti, program imunisasi ini dijalankan untuk memastikan si kecil tidak mudah terserang penyakit menular.

Tidak Membawa Anak Ke Rumah Sakit

Sebenarnya, setiap rumah sakit memiliki peraturan di mana anak kecil khususnya bayi dilarang dibawa masuk ke dalam rumah sakit. Hal ini dilakukan untuk mencegah resiko penyebaran penyakit yang bisa menular ke anak kecil.

Sekalipun jika ada rumah sakit yang tidak melarang untuk membawa anak kecil ke rumah sakit, sebaiknya ibu tidak membawa si kecil. Ketika ibu ingin menjenguh saudara atau teman yang dirawat di rumah sakit, sebaiknya ibu titipkan anak ke baby sitter atau ke orang yang bisa ibu percaya di rumah.

Mengingkatkan Kekebalan Tubuh

Saat konsultasi kesehatan anak, tips yang satu ini yang paling sering diberikan. Tidak ada cara lain selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh jika tidak ingin anak mudah tertular penyakit.

Memperkuat sistem kekebalan tubuh bisa dilakukan dengan cara memberikan makanan yang bergizi. Mengingat semakin kuatnya virus dan bakteri yang bisa menyebabkan penyakit, alangkah lebih baik jika ibu memberikan suplemen tambahans. Berikan susu Frisian Flag sebagai susu balita terbaik dengan kandungan nutrisi lengkap dan seimbang. Dengan memberikan 2-3 gelas susu balita yang terbaik ini setiap hari, maka kekebalan tubuh anak semakin kuat. Si kecil tidak akan mudah sakit karena tubuhnya akan secara otomatis menyerang bakteri, virus, atau kuman yang berpotensi berkembang dan menyebabkan penyakit.

Bagaimana jika anak ibu sudah tertular penyakit yang berbahaya? Alangkah baiknya jika ibu segera meminta nasehat dari tenaga medis. Ibu bisa menceritakan apa yang dialami oleh si kecil melalui konsultasi kesehatan anak secara online di situs Ibu dan Balita.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *