Konsultasi Kesehatan Anak Mengenai Bahaya Infeksi Usus Halus

Konsultasi Kesehatan Anak

Source: Beauty & Health Tips

Tahukah ibu infeksi usus halus bisa berakibat fatal terhadap perkembangan otak? Dan alasan inilah yang harus ibu ketahui. Diharapkan setiap orang tua segera melakukan konsultasi kesehatan anak jika ditemukan adanya infeksi usus halus.

Tentu ibu tidak perlu panik dan terlampau khawatir karena sudah ada yang tepat untuk mengatasi hal tersebut. Yang pasti, penanganan harus segera dilakukan agar masalah tersebut tidak menyebabkan terganggunya perkembangan otak sang buah hati.

Penyebab Infeksi Usus Halus

Jika berhubungan dengan usus halus, tentu ibu tahu apa yang sangat berkaitan dengan hal tersebut. Betul sekali. Makanan dan minuman yang tidak higienis. Sayangnya banyak orang tua yang tidak menyadari jika ternyata mereka pun yang menjadi penyebab masalah yang satu ini.

Banyak sekali orang tua yang melakukan konsultasi anak dan ternyata ditemukan kasus infeksi usus halus lantaran keteledoran orang tua. Mereka memang sudah memberikan makanan yang sehat. Dan makanan tersebut dibuat dari bahan-bahan yang sudah dicuci dengan bersih. Namun, bagaimana dengan wadah yang digunakan? Apakah wadah untuk makan si kecil benar-benar higienis?

Dan yang tidak kalah penting adalah memerhatikan kebersihan botol susu. Bisa saja ibu memberikan susu balita terbaik yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak. Namun, bagaimana jadinya jika ternyata susu tersebut terkontaminasi dengan bakteri lantaran botol susu yang ibu gunakan tidak dicuci dengan bersih.

Sebaiknya ibu gunakan sabun dan juga alat cuci yang khusus untuk botol susu. Bedakan dengan sabun serta alat cuci yang ibu gunakan untuk membersihkan perabotan lainnya. Ini perlu dilakukan untuk memastikan susu yang ibu berikan kepada si kecil tidak terkontaminasi bakteri. Dengan demikian, balita ibu tidak mengalami infeksi usus halus.

Akan tetapi, apa yang harus ibu lakukan jika si kecil sudah mengalami infeksi usus halus?

Cara Mengatasi Infeksi Usus Halus Pada Balita

Konsultasi dengan dokter anak sangat dibutuhkan untuk memastikan apakah anak ibu memang mengalami infeksi pada usus halus atau tidak. Atau ibu bisa tanyakan kepada ahlinya secara online di www.ibudanbalita.com. Ibu bisa tanyakan apa saja tanda-tanda balita terkena infeksi pada usus halus.

Jika memang si kecil mengalami hal tersebut, langkah utama yang bisa ibu lakukan adalah dengan memberikan susu balita terbaik. Susu yang mengandung probiotik akan membantu membasmi bakteri penyebab infeksi. Dalam hal ini, sangat disarankan agar ibu memberikan susu Frisian Flag yang jelas kaya akan kandungan probiotik.

Selain itu, ibu juga bisa memberikan minuman dari madu. Ibu bisa berikan teh yang dicampur dengan madu atau memberikan madu secara langsung. Madu diyakin mampu meredakan infeksi pada usus halus.

Jika langkah sederhana tersebut sudah ibu lakukan, namun gejala tidak kunjung hilang, sebaiknya ibu bawa si kecil ke dokter anak. Dokter akan memberikan medical treatment agar usus kembali seperti sediakala.

Penanganan harus segera dilakukan agar tidak menganggu perkembangan otak balita. Survey menunjukkan balita yang mengalami infeksi usus halus cenderung mengalami kelemahan dalam sisi kognitif. Selain itu, ia juga kurang kreatif, malas beraktivitas, dan cenderung pasif.

Sekarang ibu sudah tahu pentingnya konsultasi dengan dokter ketika anak mengalami masalah, terutama infeksi usus halus. Dan sebenarnya tidak harus menunggu hingga anak mengalami masalah kesehatan baru kemudian ibu konsultasi kesehatan anak. Seharusnya konsultasi dilakukan secara rutin dalam rangka pencegahan penyakit serta kontrol bagaimana tumbuh kembang balita.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *