Konsultasi Kesehatan Anak Yang Mengalami Kelainan Jantung

Penyakit Jantung Anak

Likalikulakilaki.com – Konsultasi kesehatan anak sangat diperlukan untuk masalah serius. Salah satunya masalah kelainan jantung. Untuk masalah kesehatan anak yang satu ini, Anda perlu banyak berkonsultasi dengan para orang tua yang sudah berpengalaman atau ahlinya. Selain dokter anak yang kita percayai, Anda bisa juga konsultasi anak di www.ibudanbalita.com. Di situs tersebut, memang ada fasilitas konsultasi online. Hanya saja, ini hanya bersifat konsultasi kesehatan dasar saja. Untuk masalah yang ringan, Anda bisa memanfaatkan fasilitas tersebut seperti Anda bisa tanyakan kenapa anak susah makan, berat badan anak turun drastis, dan lain sebagainya. Akan tetapi, untuk masalah berat seperti kelainan jantung yang diderita oleh anak, tidak ada cara lain selain konsultasi secara langsung dengan dokter anak.

Kenapa Anak Mengalami Kelainan Jantung

Harus dipahami bawasannya kasus anak balita yang mengalami kelainan jantung lebih banyak disebabkan oleh kesalahan yang disengaja atau tidak disengaja dilakukan oleh istri Anda ketika masih hamil. Salah satu kesalahan tersebut adalah mengkonsumsi alkohol. Sudah jelas bawasannya seorang ibu hamil sangat dilarang merokok. Selain mengganggu kesehatan ibu sendiri, ternyata merokok juga menjadi penyebab bayi lahir dengan kelainan jantung.

Selain itu, obat-obatan juga menjadi penyebab lainnya. Saat istri Anda hamil, istri Anda mengalami masalah kesehatan dan istri Anda sembarangan mengkonsumsi obat. Sebaiknya Anda konsultasi dengan dokter kandungan terlebih dahulu agar mendapatkan masukan obat apa yang aman untuk dikonsumsi bagi istri Anda.

Akan tetapi, yang paling sulit untuk dihindari adalah infeksi virus rubella. Sayangnya, ini yang tidak banyak diketahui dan dirasakan oleh seorang ibu hamil. Virus rubella yang menyerang ketika kehamilan masih berusia trimester pertama ternyata bisa membuat bayi mengalami kelainan jantung.

Terlepas dari itu semua, Anda harus segera konsultasi dengan dokter anak jika ternyata ada kelainan pada jantung yang dialami oleh si kecil. Untuk mengetahui hal tersebut, ada beberapa tanda yang bisa Anda ketahui.

Tanda-Tanda Anak Mengalami Kelainan Jantung

Ada beberapa tanda secara kasat mata bisa dilihat. Dan Anda tidak perlu menjadi seorang ahli di bidang kesehatan anak sehingga tahu bagaimana tanda-tanda balita mengalami kelainan jantung.

Setidaknya ada tiga hal yang bisa dijadikan tanda utama anak mengalami kelainan jantung ini.

  1. Sulit Bernafas

Ini hampir mirip dengan anak yang mengalami sesak nafas. Mungkin sesak nafas biasa. Akan tetapi, lebih baik Anda datang ke rumah sakit untuk konsultasi dengan dokter anak memastikan apakah anak Anda mengalami sesak nafas biasa atau sesak nafas yang dialami merupakan tanda-tanda kelainan jantung.

  1. Berat Badan Turun

Anak yang mengalami kelainan jantung umumnya mengalami masalah dengan nafsu makan. Ia susah sekali makan. Ia cenderung menolak makanan apapun. Dan akhirnya berat badannya turun secara drastis.

  1. Sering Berkeringat

Anak dengan jantung yang bermasalah akan lebih sering berkeringat. Bahkan, ketika sedang makan pun ia akan mengeluarkan keringat yang banyak.

Semoga saja tidak ada tanda-tanda tersebut di atas yang terjadi pada sang buah hati. Akan tetapi, jika ada satu saja tanda yang menurut Anda mencurigakan, sebaiknya Anda konsultasi dengan dokter anak segera. Kelainan jantung memerlukan penanganan khusus. Dan Anda harus tahu ada banyak sekali jenis dari penyakit yang satu ini.

Bila istri Anda sedang hamil, sebaiknya jangan sembarangan dalam mengkonsumsi makanan, minuman, dan juga obat-obatan. Konsultasikan dengan dokter kandungan tentang kondisi kesehatan istri Anda setidaknya satu bulan sekali. Dan bagi para orang tua yang memiliki balita mengalami kelainan jantung, segera konsultasi anak agar langsung mendapatkan medical treatment yang tepat.

Image Source: cdc.gov

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *