Konsultasi Perkembangan Janin

konsultasi perkembangan janin

www.ibudanbalita.com

Konsultasi perkembangan janin sangat wajar dilakukan. Bentuk perhatian orang tua paling sederhana bisa ditunjukkan dengan memastikan bayi tumbuh sempurna, meski baru calon sekalipun. Pembahasan janin dari awal sampai akhir tentu menimbulkan banyak rasa penasaran.

Seperti apakah? Mari langsung saja:

1 bulan

Proses perkembangan janin 1 bulan mulai dari pertemuan sperma dan indung telur sampai kehamilan bunda bisa diketahui permukaan. Ilmu kedokteran telah menetapkan dengan melihat dari awal siklus menstruasi, sekitar 20 telur yang biasa dikenal dengan sebutan ova memenuhi suatu kantung penuh cairan bernama folikel.

Pembuahan tergantung dari siklus menstruasi, katakan saja berlangsung rata rata yakni 28 hari, maka sekitar 14 hari setelahnya perempuan berovulasi. Salah satu dari sekian banyak folikel akan melepaskan telur, untuk kemudian mengalir lewat saluran tabung fallopi dimana telur – telur ini menunggu pasangannya alias menunggu dibuahi.

Teori pembuahan menjadikan  dunia medis menetapkan saran dalam program kehamilan. 14 hari setelah perempuan menstruasi, adalah saat terbaik untuk berhubungan badan bila memang mengharapkan kehadiran buah hati dalam hidup bunda dan pasangan. Disertai dengan kondisi rahim dan sperma yang baik tentu saja.

Begitu tubuh berhasil mempertemukan sperma pasangan (ayah) dengan indung telur, maka secara garis besar, dalam waktu 3 minggu, permulaan janin sudah terbentuk. Beberapa dokumentasi menunjukkan sisi lebih dekat dari gumpalan darah ini. Gambaran yang diberikan sama persis bila anda pernah melihat sekumpulan kelereng magnet menempel satu sama lain, bedanya ‘bola janin’ ini seperti membelah diri. 1 lingkaran, 2 lingkaran, begitu terus hingga nanti berubah menjadi organ.

2 – 3 bulan

Memasuki bulan kedua bentuk janin terlihat lebih menjanjikan. Saat ini, lengan bayi yang tadinya ‘buntung’ sudah mulai punya jari jari meski masih belum bisa banyak digerakkan. Telapak kaki bayi sudah mulai memunculkan bentuk dasarnya. Sedangkan memandang segi organ dalam, banyak ‘fitur’ seperti hati, paru paru, usus, otak, dan tulang sum sum sudah lebih kokoh dibanding minggu pertama bulan ketiga.

Wajah janin bak seniman yang dalam proses membuat kerangka dasar, dalam hal ini kerangka dasar janin berupa bentuk dasar hidung, mulut, dan mata. Barulah minggu selanjutnya, bentuk wajah lebih jelas lagi dimana telinga janin sudah mulai melipat membentuk detil seperti lubang telinga. Bahkan jari yang tadinya masih seperti sarung tinju, akan ada jarak antara jari tangan dan kaki sehingga anda mulai bisa mengira ngira yang manakah jari telunjuk, kelingking, manis, tengah, atau jempol.

4 bulan

Jari – jari janin makin terbentuk, kelopak mata, alis, bulu mata, kuku, janin sedang dalam tahap pengerjaan. Seharusnya usia 4 bulan, gigi dan tulang janin yang makin kokoh siap memperkuat diri. Bila bunda mendapat kesempatan lebih untuk melihat janin lewat perantara secara langsung, bunda dan ayah akan sangat terkeseima kala melihat gerakan –  gerakan seperti mengisap jempol, menguap, merenggangkan badan, sampai membuat raut muka kecil.

Namanya manusia, penasaran itu wajar. Bisnis kedokteran banyak memanfaatkan situasi tumbuh kembang kehamilan dengan menawarkan alternatif teknologi guna melihat perkembangan calon bayi dengan lebih jelas nan leluasa. Ultra sound adalah contoh hasil karya manusia guna mengintip keajaiban sang kuasa.

5 bulan

Bagian – bagian tubuh bayi yang lain juga semakin terbentuk. Contoh saja, lengan dan kaki bayi semakin panjang dengan posisi menekuk. Bila cikal bakal bayi divonis laki – laki, calon ‘burung lelaki’ sudah tegak menghadap keatas. Sedangkan calon bayi perempuan sudah memiliki rahim berisi 3 sel telur, suatu sel telur untuk seumur hidup anak anda. Tidak heran, meno pause terjadi pada perempuan.

Bentuk dan letak puting juga makin terlihat jelas. Gigi sedang dalam masa penguatan, alangkah membantunya jika anda mulai berkonsultasi bagaimana memberi asupan fluoride pada janin agar gigi calon anak kelak menjadi kokoh nan indah. Bunda bisa mulai memberi asupan vitamin dan meminta nasihat apa saja yang perlu diperbaiki demi janin.

tulang yang makin perkasa, meminta pada bunda agar rajin memberi asupan kalsium. Jangan lupa, tiap kali anda melakukan Ultra sound segera cek permukaan kulit janin, saraf – saraf akan sangat terlihat bak aurora di tengah malam kutub sungguh indah.

6 bulan

Saat janin menginjak usia keenam bulan, badan janin bertumbuh pesat, semakin panjang dan berat. Paru – paru janin makin terbentuk meski belum dapat berfungsi total alias janin belum siap bernafas sendiri. Dari segi kulit, bila bunda bisa lihat lebih dekat, kulit janin berubah warna menjadi merah muda, karena aliran darah sudah mulai terbentuk di dalam kulit. Vernix caseosa yakni lapisan lilin tipis menyelimuti kulit bayi, sehingga melindungi bayi dari dingginya cairan amniotic.

Bila anda sudah mendambakan berkomunikasi dengan janin, sekarang saat yang paling tepat karena janin sangat aktif merespon suara pada usia yang keenam bulan. Kabarnya, maksimalisasi perkembangan janin 6 bulan mulai dengan perdengarkan musik musik atau alunan religi, manapun yang orang tua rasa pantas, karena janin akan sangat senang, serta membantu kecerdasan tumbuh kembang.

7 – 9 bulan

Mahakarya sang kuasa sudah mencapai puncaknya. Bunda sudah mulai terbiasa dengan kehamilan dan janin sudah semakin dekat dengan persalinan. Perlu diperhatikan, walaupun hari persalinan sudah makin dekat, bukan berarti bunda aman. Tetap konsultasi perkembangan janin agar senantiasa waspada dengan kondisi apapun.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *