Lemak Juga Termasuk Gizi Balita Yang Penting Lho!

vitamin bagi kesehatan ibu hamil

www.ibudanbalita.com

Siapa bilang lemak tidak dibutuhkan. Bahkan, lemak termasuk salah satu gizi balita yang sangat penting. Kesehatan anak bisa terganggu jika kebutuhan lemak tidak tercukupi.

Selama ini muncul stigma jika lemak itu jahat. Lemak itu tidak baik untuk kesehatan anak. Yang namanya gizi untuk balita contohnya protein, vitamin, dan kalsium. Lemak sama sekali tidak menjadi bagian dari nutrisi balita. Padahal, tanpa lemak, anak tidak bisa beraktivitas dengan baik setiap hari. Untuk lebih jelasnya, ibu bisa simak penjelasan berikut ini.

3 Manfaat Lemak Yang Harus Ibu Ketahui

Apa sih yang membuat lemak menjadi bagian dari nutrisi balita yang sangat penting? Yang pasti, ibu akan berpikir ulang tentang lemak setelah mengetahui 3 manfaat lemak untuk balita berikut ini.

  1. Lemak Membantu Penyerapan Vitamin

Pernah dengar anak yang makannya banyak dan menu makannya pun bergizi tapi memiliki tubuh kurus kering? Bukannya gemuk ia justru memiliki berat badan di bawah ideal. Hal tersebut bisa disebabkan tubuhnya tidak bisa menyerap nutrisi yang didapatkan dari makanan yang ia konsumsi. Ada kemungkinan juga balita tersebut tidak mendapatkan lemak yang cukup. Menurut ilmu kesehatan, lemak dibutuhkan untuk membantu penyerapan vitamin, terutama vitamin A, D, E, dan K. Dengan tidak diserapnya nutrisi tersebut secara sempurna, maka hal tersebut akan berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak.

  1. Sumber Energi

Bukannya energi itu didapatkan dari karbohidrat? Memang benar. Karbohidratlah yang membuat balita ibu bisa aktif setiap hari. Akan tetapi, gizi untuk balita lainnya juga tak kalah penting lho. Contohnya saja protein. Ternyata, balita yang tidak mendapatkan protein yang cukup juga akan memiliki tubuh yang lemas.

Begitu juga dengan lemak. Ternyata, lemak merupakan sumber energi lho. Pada kondisi di mana tubuh tidak lagi memiliki energi, lemak di dalam tubuh akan dikonversi sehingga menjadi energi. Dengan demikian, anak ibu akan terus aktif setiap hari dan terus bertenaga.

  1. Menyediakan Asam Lemak Esensisial

Ada beberapa makanan yang mengandung asam lemak esensial, yaitu asam lemak yang tidak tersedia di dalam tubuh manusia. Lalu, apa itu asam lemak esensial? Dan apa kegunaannya? Asam lemak esensial ini merupakan gizi untuk anak yang sangat penting. Pasalnya, inilah yang mempengaruhi seberapa baik sistem metabolsime di dalam tubuh.

Mungkin ibu tidak familiar dengan apa yang dimaksud dengan asam lemak esensial. Tapi ibu pasti tahu omega 3 atau omega 9, bukan? Dua inilah yang disebut dengan asam lemak esensial. Ini terdapat pada makanan tertentu yang mengandung lemak. Itulah mengapa lemak sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan balita.

Mencegah Kelebihan Lemak

Yang harus diwaspadai adalah obesitas. Ini merupakan keluhan kesehatan yang dialami oleh balita yang disebabkan kelebihan lemak. Bisa saja lemak tersebut dari makanan atau minuman yang dikonsumsi setiap hari.

Terlepas dari itu, ada dua hal penting yang harus diperhatikan untuk menghindari hal tersebut. Yang pertama, ibu harus pastikan kebutuhan gizi anak terpenuhi dan seimbang. Hal ini bisa dilakukan dengan cara selektif dalam memberikan menu makanan setiap hari. Yang kedua, anak harus aktif. Karena dengan inilah, lemak tidak hanya dikumpulkan di dalam tubuh, tapi juga dibakar.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *