Mainan Untuk Balita 2 Tahun Bagaimana Cara Memilihnya?

permainan anak yang mendidik

www.friso.co.id

Mainan untuk balita memang baik untuk si kecil jika memang mendidik untuknya. Jika anak Anda berusia 2 tahun pasti si kecil sedang aktif – aktifnya saat ini. Anak berusia 2 tahun termasuk kedalam masa periode emas otak anak diamana pada usia ini menjadi periode yang penting untuk anak. Dan pada usia 2 tahun ini anak mengalami masa yang penuh energi, tak kenal lelah dan selalu sibuk melakukan hal ini itu, berlari, memanjat kursi dan lain – lain.

Mungkin bunda terkadang merasa lelah dengan luapan energi anak yang seolah tidak ada habisnya ini. Untuk itu bunda harus pandai mengalihkan kegiatan anak menjadi lebih berguna. Anak usia 2 tahun sangat senang bermain, untuk itu bunda harus menyediakan mainan anak yang dapat membantu proses pembelajaran dan perkembanga anak. Berikut ini beberapa mainan anak usia  2 tahun yang bisa Anda berikan dirumah ;

– Mainan yang dapat dinaiki dan dijalankan

Contoh mainan anak yang dapat dinaiki dan dilanjan yaitu mobil – mobilan dan sepeda. Mainan ini berfungsi untuk melatih gerak motorik anak, melatih keseimbangan dan masih banyak lagi lainnya. Untuk itu mobil – mobilan dan sepeda sangat cocok untuk mainan anak 2 tahun.

– Mainan blok

Mainan anak yang satu ini bisa dirangkai dan dibangun menjadi tinggi sehingga bisa membuat anak belajar sesuatu yang baru dan dapat meningkatkan perkembangan otaknya karena dalam mainan blok itu dikenalkan berbagai macam huruf dan angka. Anak bisa diajarkan untuk menyusun nama dan membuat rumah – rumahan.

– Puzzle

Puzzle tidak hanya untuk orang dewasa saja, permainan ini juga dapat dijadikan pilihan untuk mainan anak 2 tahun. Puzzle adalah mainan anak edukatif yang bisa untuk mengagabung teka – teki.

– Mainan susun

Mainan ini berupa tumpukan cincin yang ditempatkan pada tongkat atau biasanya berupa seperangkat blok yang dirangkai pada sebuah kawat lurus. Mainan anak ini juga dapat merangsang motoriknya dan koordinasi antara tangan dengan mata.

– Permainan aktivitas sehari – hari

Yang dimaksud tentang permainan anak tentang aktivitas sehari – hari ini yaitu seperti mainan masak – masakan dan dokter – dokteran.

Dengan permainan ini, anak usia 2 tahun akan diajak untuk melatih interaksi sosial, berimajinasi dan melatih kreatif anak.

Mainan Untuk Balita Umur 4 Bulan

Perkembangan bayi sangat penting untuk diamati dalam rangka mengetahui tumbuh kembang yang sesuai dengan usia bayi anda. Perkembangan bayi yang berhubungan dengan kemampuan motorik, kognitif, perseptual akan berkembang dengan usia bayi. Selain itu untuk tumbuh kembang yang optimal maka dibutuhkan rangsangan pada bayi. Sebelum berbicara mengenai rangsangan yang dapat membuat tumbuh kembang bayi optimal.

Pada usia 0-1 bulan fisik bayi masih dipengaruhi keadaan di dalam rahim. Bahkan kaki dan tangan akan senantiasa menekuk bahkan dalam bertambahnya usia bayi maka akan mengalami kaki dan tangan yang lurus. Begitu pula dengan pandangan bayi yang masih buram melihat sekitarnya. Baru setelah bayi memasuki usia 1 bulan bayi akan mengenali suara ibu. Memasuki usia 2 bulan bayi mengalami perkembangan penglihatan.

Bayi juga mengalami ekspresi perasaan dan sudah diajak berkomunikasi. Bayi lebih peka terhadap suara dan pandangan. Sedangkan pada usia 3 bulan otot-otot tubuh semakin kuat dan memiliki keterampilan yang semakin bertambah.Bahkan bayi sudah mampu menopang lehernya dalam posisi terkurap. Bayi sudah dapat merespon suara ibu dan membuat jawaban dengan suara yang singkat.

Usia 4 bulan bayi sudah dapat merespon dengan lingkungannya kemudian yang paling mengembirakan adalah bayi sudah dapat berceloteh sendiri dengan suara yang spontan.  Bahkan pada usia 4 bulan bayi sudah dapat mengenali dan mengamati ukuran dan bentuk yang dipegangnya. Pada usia inilah beberapa mainan yang menarik dengna warna yang berbeda beda dapat diberikan pada bayi.

Mainan Untuk Balita Usia 6 Bulan

Sedangkan pada usia 6 bulan tubuh bagian atas, lengan dan leher bayi semakin kuat. Sehingga memasuki usia 6 bulan bayi anda sudah kuat meski duduk tanpa bantuan. Bahkan kontrol tangan yang semakin membaik dan dapat menahan bayi untuk melakukan gerakan merangkak dan menggulingkan tubuh ke kiri dan kanan. Memasuki usia 6 bulan anak anda sudah diberikan makanan pendamping ASI.

Tentu saja ini merupakan salah satu awal yang baru untuk mengenalkan tekstur, warna dan rasa makanan pada bayi. Meskipun demikian berikan secara bertahap karena sistem pencernaannya belum begitu sempurna. Bahkan pada usia 6 bulan bayi sudah dapat duduk meski tanpa sandaran, bayi juga terlihat lebih aktif. Proses pertumbuhan bayi yang semakin pesat diusia 0-6 bulan harus didukung oleh media atau cara yang dapat memberikan tumbuh kembang optimal pada bayi. Salah satunya dengan mengajak bermain.

Bermain memang cara terbaik yang menyenangkan dilakukan untuk memberikan rangsangan terhadap perkembangan bayi sesuai dengan usianya. Manfaat mainan dapat memberikan rangsangan pada anak sesuai dengan usianya. Perkembangan yang optimal akan didapatkan oleh anak ketika melakukan permainan. Bermain disini bukan saja melibatkan alat berupa mainan anak anak akan tetapi bermain dengan anda merupakan salah satu cara yang dapat anda berikan pada anak anda di usia 0-6 bulan.

Bahkan pada usia 0-6 bulan anda dapat dengan cepat merangsang kemampuan bayi sesuai dengan usianya.  Pada usia bayi yang baru lahir permainan yang diberikan adalah mainan untuk balita yang melibatkan anda sebagai orang tua . Salah satunya dengan bermain cilukba. Tanpa anda sadari anda sering melukan permainan ini dan anak merasa senang.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *