Makanan Anak 1 Tahun Yang Susah Makan Yuk Segera Ketahui Bun!

menu makanan bayi 10 bulan

Source: Baby Couture

Pada usia  1 tahun si kecil memang harus mengonsumsi makanan anak 1 tahun yang mengandung banyak gizi, karena pada usia ini anak sedang mengalami fase produktif untuk kecerdasan otaknya. Selain itu perkembangan karakter dan kesehatan anak juga sangat baik pada usia 1 tahun. Sebagai seorang ibu sudah layaknya menyediakan makanan yang dapat mencukupi asupan nutrisi sang anak. Namun banyak ibu yang merasa kebingungan menetapkan menu makanan untuk bayinya.

Karena biasanya anak pada umur tersebut akan mengalami kesulitan saat makan atau tidak berselera makan. Untuk menu pagi anda dapat memberinya tim tahu cincang. Cara membuat tim ini tidaklah rumit sehingga ibu juga akan merasa nyaman saat memasaknya. Bahan-bahannya adalah tahu cincang (50 gr), tepung beras (50 gr), wortel yang telah diparut (50 gr), garam secukupnya, air (500 cc), daun bayam (20 gr), tomat yang telah diiris tipis (50 gr).

Untuk cara membuatnya adalah masukkan tahu, wortel dan tepung beras ke dalam mangkuk yang tahan terhadap panas. Aduk-aduk adonan tersebut hingga merata lalu tim lah hingga matang. Setelah matang masukkan sisa bahan yang telah dipersiapkan. Untuk tomatnya sendiri digunakan untuk membuat air tomat. Yaitu rendam tomat ke dalam air mendidih dan hancurkan, ambil airnya. Campurkan sedikit gula pada air tomat lalu siramkan ke dalam tim yang telah anda saring terlebih dahulu.

Untuk menu makan siang adalah memberikan makanan yang mengandung omega 3 dan protein. Seperti ikan laut. Bahan-bahannya adalah tahu sutera sebanyak 2 potong, bawang putih satu suing dan sudah di cincang halus, daun salam, air perasan jeruk, secangkir air, setengah lembar fillet ikan.

Cara membuatnya adalah lumuri fillet ikan yang telah and siapkan dengan air jeruk nipis dan jahe cincang kemudian sisihkan. Rebuslah air yang telah disiapkan, setelah mendidih masukkan cincangan bawang dan daun salam. Setelah itu masukkan fillet ikan ke dalam air rebusan tunggu hingga setengah matang lalu masukkan tahu sutera, tunggu hingga masak. Makan siang anak sudah siap.

Menu makanan untuk buah hati Anda pada malam hari, Bahannya adalah udang yang telah dicincang halus, lada, bawang putih halus, dan garam secukupnya saja, dan sayuran. Untuk sumber karbohidratnya nada dapat menyiapkan nasi lembek dan di tim. Untuk lauknya cara membuatnya adalah lumuri udang yang telah anda siapkan dengan lada, garam dan bawang halus. Siapkan kocokan telur, lalu goring dengan bentuk seperti pancake dan tipis. Letakkan adonan udang ke atas telur yang telah digoreng kemudian di gulung dan di ikat. Setelah itu kukuslah hingga matang. Potonglah menjadi beberapa bagian lalu sediakan bersama nasi tim tersebut.

Pola Makanan Anak 1 Tahun Agar Cepat Gemuk

Pola makan balita sudah bisa mengikuti menu keluarga, seperti berikut ini;

-Sarapan dengan nasi lengkap. Nasi bisa diganti pasta, kentang, roti dihidangkan bersama lauk dan sayuran. Contohnya, makaroni dimasak dengan susu, telur dan sayuran iris, dimasak jadi bubur makaroni.

-Makan siang dan makan malam dengan nasi lengkap. Nasi lengkap dapat berupa nasi tim dihidangkan dengan lauk lengkap. Contohnya, ayam giling dengan wortel iris kecil ditambah tempe iris kecil diberi tomat dimasak bumbu semur: bawang putih, sedikit  pala, merica dan kecap.

Hal ini sekaligus memperkenalkan aneka bumbu tapi yang tidak tajam rasanya. Bisa juga dengan bumbu lain seperti opor, sop dan soto, dengan isi lauk atau sayuran bervariasi. Atau, bisa juga diambil dari makanan  keluarga, namun bentuk irisan atau potongannya lebih kecil dan ditambah  sayuran iris lalu dimasak bersama kaldu sehingga menjadi nasi tim lengkap gizi.

-Selingan pukul 10 pagi sampai 4 sore, bisa berupa buah atau kue yang diberikan secara bervariasi.

-Pemberian susu sebaiknya saat bangun tidur pagi dan sebelum tidur malam, sehingga tidak mengganggu pemberian makanan dalam sehari.

Dengan pengaturan pola makan yang benar, kekurangan berat badan anak Anda, yakni sebesar 0,45 kg bisa terkejar. Karena, sesuai ketentuan berat badan anak usia 1 tahun adalah 3 kali berat lahirnya, yaitu  9,15 kg.

Makanan Anak 1 Tahun Belum Tumbuh Gigi Bolehkah Diberi Bumbu ?

Usia 6 bulan adalah saatnya bayi mendapatkan makanan pendamping ASI (MPASI). Kemudian di usia 1 tahun, ia sudah bisa mengonsumsi nasi dan lauk-pauk yang dikonsumsi anggota keluarga lainnya, meskipun mungkin masih mendapatkan ASI dari Bunda. Anda mungkin khawatir, bisakah si kecil yang masih usia satu tahun mengonsumsi makanan yang sama dengan orang-orang dewasa.

Di usia 1 tahun, pencernaan dan oromotor atau organ mulut dan alat kunyah anak sudah siap mengonsumsi makanan keluarga makanan yang tersedia sehari-hari di rumah. Namun tentu semua tetap harus bertahap. Contoh, untuk nasi, khusus untuk si batita, nasinya masih perlu dilunakkan mengingat ia masih dalam proses penyesuaian dengan makanan rumah. Demikian pula dengan lauk pauk, seperti daging, ikan, ayam, tempe, dan lainnya, perlu disajikan dengan menyesuaikan pada kemampuan anak mengunyah. Daging dihaluskan lalu dibentuk menjadi bola-bola, umpamanya.

Ikan pun demikian, pisahkan terlebih dahulu daging dengan tulang belulangnya. Pastikan tidak ada duri di dalamnya. Lalu potong kecil-kecil sehingga anak bisa langsung menyendok dan menyuapnya. Ayam juga harus diolah hingga empuk, kalau perlu disuwir-suwir sehingga si batita bisa menikmatinya. Untuk soal rasa, makanan anak 1 tahun memang boleh berbumbu sekadarnya. Garam berlebihan dapat menimbulkan hipertensi serta mengganggu kerja ginjal.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *