Makanan Bayi Khas Arab. Mau Coba?

mpasi kurma

Tidak hanya orang tua yang mencoba memberikan bubur bayi 6 bulan dari negara lain. Mereka khawatir jika ternyata makanan tersebut tidak bagus untuk kesehatan sang buah hati.

Alasan tersebut sangat masuk akal mengingat makanan di suatu daerah itu ditentukan juga oleh kondisi di mana tempat tinggal tersebut. Makanya, setiap negara punya ciri makanan sendiri seperti Indonesia yang dikenal dengan makanannya yang pedas.

Namun, tentu ada makanan dari negara lain yang juga bagus untuk dijadikan menu MPASI sang buah hati. Contohnya saja makanan dari arab. Kira-kira apa menu MPASI yang bisa bunda berikan yang bisa bunda adaptasi dari Arab?

Arab dan Kurma

Jika mendengar kata Arab atau Timur Tengah, kurma menjadi nama makanan yang terbesit di kepala. Pasalnya, di sana, kurma menjadi buah favorit. Bagi orang Indonesia, kurma menjadi makanan khas, khususnya bagi orang islam. Mereka sering membeli kurma pada momen tertentu seperti ketika bulan puasa.

Namun, bunda tidak hanya bisa membeli kurma untuk diri sendiri. Bunda bisa buatkan juga menu MPASI dar kurma untuk sang buah hati.

Apakah boleh? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, setidaknya ada dua hal yang menjadi bahan pertimbangan.

  1. Kandungan

Menu bubur untuk bayi 6 bulan apapun yang bunda buat, bunda harus perhatikan kandungannya. Jangan sampai bubur yang bunda buat ternyata mengandung nutrisi yang tidak terlalu bagus untuk sang buah hati.

Dan kurma ini mengandung nutrisi yang baik lho bunda. Bunda pasti tahu kan apa itu magnesium? Di dalam kurma matang, terdapat magnesium kurang lebih 54 mg. Kandungan ini akan membentuk tulang menjadi lebih kuat dan padat. Dan ketika tulang si kecil kuat, maka perkembangan bayi lebih cepat. Bunda pasti ingin melihat bayi bunda cepat merangkak serta berdiri sendiri, bukan?

Dan bukan hanya magnesium saja yang ada di dalam kurma. Ada juga kandungan fosfor, folat, zat besi, vitamin A, dan lain sebagainya.

  1. Tekstur

Dari segi kandungan, kurma sangat bagus untuk dijadikan menu MPASI bayi. Namun, bagaimana jika dilihat dari segi tekstur?

Bayi 6 bulan memang harus diberi makanan yang lembut. Maka dari itu, jika bunda memberinya kurma, haluskan terlebih dahulu. Bunda bisa membuat bubur bayi 6 bulan dengan campuran kurma. Jika usianya sudah 7 bulan ke atas, bunda bisa jadikan kurma sebagai cemilan sang buah hati tanpa harus dihaluskan.

Setidaknya dengan mengetahui informasi tersebut, bunda tidak ragu lagi untuk memberikan makanan dari kurma. Dan memang di Arab sana, mereka biasanya membuatkan menu MPASI berbahan kurma. Jadi, bunda tidak perlu khawatir.

Pilihan Menu MPASI Kurma

Ada banyak orang tua yang dari awal mencari makanan bayi 6 bulan untuk kecerdasan otak. Mereka ingin sekali bayinya cerdas.

Tentu itu bukan hal yang salah. Namun, harus dipahami juga bahwa yang terpenting adalah sehat. Karena jika bayi sehat, maka organ tubuh bekerja maksimal sehingga otak pun akan terangsang untuk berkembang lebih baik lagi.

Dan kurma menjadi bahan menu MPASI yang tepat. Selain dihaluskan dan dicampurkan di dalam bubur, bunda bisa buat menu MPASI kurma lainnya. Contohnya adalah puding kurma, pancake kurma, serta kacang hijau kurma. Jadi, agar si kecil tidak bosan dengan makanan yang itu-itu saja, bunda harus berikan menu mpasi 6 bulan yang variatif ya.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *