Makanan pertama bayi Ayah Wajib Tahu

makanan pertama bayi

Source: Simple Cooking Food

Beredarnya beragam produk bayi seperti susu di pasaran tentu menimbulkan tanda tanya. Beragam merek, rasa, sampai dengan promosi membuat ayah dan bunda termakan rayuan padahal masih belum mengetahui untuk apa investasi susu si kecil. Investasi yang dimaksud disini adalah membeli susu anak dengan harapan buah hati mendapat manfaat dari konsumsi.

Manusi diberi akal oleh yang maha pencipta, justru, guna mempertanyakan hal – hal seperti ini. Sebagai seorang konsumen, ada baiknya tidak langsung mengangguk, langsung merogoh kocek, walau hal ini sulit dicegah ketika sales man begitu ahli meluncurkan rayuan super maut. Pencarian informasi memang sangat disarankan, bahkan kesediaan ayah dan ibu dalam membaca artikel ini merupakan bentuk kepeduliaan orang tua terhadap kebutuhan si kecil.

Kalau bunda telah memberikan asi ekslusif selama berbulan – bulan, sudah sangat bagus. World’s health organization atau disingkat WHO adalah organisasi kesehatan dunia yang memantau kesehatan medis terbaru. WHO menyatakan semua bay membutuhkan air susu bunda ekslusif, atau dalam artian bunda tidak memberikan apapun selain air susu bunda hingga usia anak menginjak paling tidak 6 bulan.

Setelah si kecil mencapai usia 6 bulan, disinilah langkah pertumbuhan baru dimulai. Perut bayi umumnya sudah membesar, menuntut porsi makan lebih banyak. Asal usul makanan pendamping air susu ibu (MPASI) dimulai dari sini. Ide makanan pendamping ASI dimulai dari rasa lapar tak terpuaskan hanya dengan menyusui. Ya, kalau dulu bayi sudah cukup disusui, sekarang bayi butuh makanan eksternal untuk mengisi ruang rasa laparnya.

Terlepas dari hidangan mpasi apa yang disediakan, bayi 6 bulan masih belum bisa lepas dari susu, entah susu ibu ataupun susu formula. Pertama, tubuh bayi memang belum siap menerima makanan padat. Asam dalam pencernaan bayi tidak cukup kuat melawan berbagai kandungan pada makanan hasil olahan bahkan mentah sekalipun. Kedua, secara psikologis bayi belum terbiasa. Mencoba makanan padat seperti orang dewasa diminta makan hewan menjijikkan yang entah apa rasanya.

Masa transisi susu ke makanan padat membutuhkan waktu. Tanpa adanya proses perlahan maka sama saja orang tua menyiksa bayi baik secara psikologis maupun fisik. Bayi bisa merasa trauma dan fisik tidak bisa menerima perubahan mendadak, bisa dipastikan dokter dengan ringan sekaligus berat hati membukakan pintu praktek. Kondisi bayi patut dikasihani jika sampai menemui kasus pemaksaan makanan padat seperti yang telah dijelaskan.

Peran makanan pertama bayi dengan susu pendamping usia 6 bulan akan sangat menentukan kemana arah bayi berkembang nanti. Pemilihan yang hati – hati merupakan ide yang sangat bagus terutama pada orang tua baru.  Terlalu banyak memberi susu tidak akan mengenyangkan perut, dan terlalu sedikit memberi makanan tidak juga memenuhi gizi anak sepenuhnya. Semua harus pas dan terukur demi kesehatan si kecil ke depan.

Meski terdapat rata – rata berapa banyak anak minum dalam sehari, bukan berarti standart tersebut memang sesuai dengan buah hati ayah bunda. Setiap anak memiliki karateristik sendiri, walau tidak ada salahnya mengetahui standart. Bagi ayah bunda yang memutuskan memberi susu formula di usia 6 bulan bisa menetapkan lima ratus mili liter setiap harinya sebagai batas minimum. Sedangkan bayi yang masih ditetapkan menyusui bisa menyesuaikan durasi menyusui biasanya.

Berbeda dengan susu formula, air susu ibu sudah mengandung takaran pas. Bayi dengan mudah mengetahui kapan dirinya merasa kenyang dan kapan ingin lanjut menghisap. Ketika bayi sudah benar – benar berhenti minum air susu ibu, tapi masih saja menangis, tawarkan sedikit makanan pendamping dan lihat seberapa mau bayi menyantap cita rasa yang tak dikenalnya. Kalau bayi tidak mau menghabiskan tidak apa, bukan karena porsi tidak pas namun bayi saja yang masih ogah berganti menu.

Perlu diperhatikan, takaran gizi pada makanan memang penting, tapi bukan berarti pusat perhatian bunda dan ayah terletak pada bahan makanan. Disinilah susu formula mendapat kelebihan. Susu formula memiliki takaran gizi teratur yang bisa dipertanggung jawabkan secara duniawi. Dalam artian antar konsumen dan perusahaan.

Vitamin D hanya bisa diperoleh dari air susu ibu jika bunda rajin menjemur diri dibawah sinar matahari atau mengkonsumsi sumber vitamin D. Sibuknya pekerjaan seorang ibu kadang membuat lupa diri atau sering berada dalam ruangan. Solusi yang ditawarkan susu formula adalah penyediaan vitamin D untuk bayi tanpa membuat bunda merasa kerepotan. Terlepas dari pilihan susu formula atau air susu bunda, bila pemilihan hidangan pertama termasuk pengenalannya salah maka selesai sudah.

Cara pengenalan makanan pertama bayi sangat penting diketahui orang tua manapun. Pertama, tekstur pertama sangat penting. Cari atau olah hidangan sedemikian rupa agar terbentuk tekstur yang paling mendekati air susu entah susu ibu atau susu formula. Sebagai contoh, satu buah alpukat, setengah potong ubi rebus, dan pisang bisa mencukupi porsi makanan pertama si kecil ditambah tekstur ketiga bahan tersebut bisa dijadikan sehalus susu.

Bayi awalnya merasa aneh, namun rasa lapar secara insting mendorong dirinya untuk lanjut makan. Tunggulah beberapa hari sekali sebelum mengganti menu bayi biasanya. Sebagian besar anak membutuhkan waktu untuk terbiasa dengan satu makanan sebelum beralih ke menu selanjutnya. Terlalu sering bergonta ganti ibarat memberi tantangan silih berganti tanpa ada jeda istirahat untuk merasakan indahnya pencapaian berhasil menikmati makanan pertama bayi.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *