Makanan Sehat Mengandung Sumber Probiotik Yang Ada Di Sekitar Anda

vitamin bagi kesehatan ibu hamil

www.ibudanbalita.com

Faktanya, sumber probiotik begitu banyak di sekitar Anda sehingga seharusnya sangat mudah buat didapatkan. Sayangnya, banyak orang yang tak menyadari keberadaannya.

Probiotik sendiri tersedia secara alami di dalam tubuh. Namun karena pemberian antibiotik, probiotik di dalam tubuh akan terus berkurang. Untuk itulah, Anda memerlukan probiotik dari luar misalnya melalui makanan.

Probiotik ini sangat penting di dalam tubuh. Ketika probiotik sudah mulai berkurang, Anda wajib waspada.

Begitu pentingnya probiotik di dalam tubuh tentunya menjadi perhatian tersendiri buat Anda. Namun tahukah Anda apa itu probiotik dan bagaimana Anda mendapatkan probiotik itu? Mari simak informasinya di bawah ini secara berurutan.

Apa Yang Disebut Dengan Probiotik?

Masih ada yang belum mengenal apa itu probiotik? Probiotik merupakan mikroorganisme yang diperlukan oleh tubuh untuk meningkatkan imunitas, serta mencegah sejumlah penyakit.

Dengan kata lain, probiotik adalah sejenis bakteri baik yang mana diperlukan untuk mengimbangi bakteri jahat.

Terjadinya keseimbangan bakteri membuat daya tahan tubuh lebih kuat. Karena bakteri baik nantinya berperan untuk memerangi bakteri jahat di dalam tubuh.

Pada beberapa kasus, orang lebih sering menggunakan antibiotik untuk membunuh bakteri di dalam tubuh. Permasalahannya, tidak hanya bakteri jahat saja yang musnah, namun bakteri baikpun ikut musnah.

Bakteri jahat bisa masuk kembali dari luar melalui mulut. Kondisi paling normal adalah ketika seseorang mengkonsumsi makanan yang kurang higienis.

Bakteri jahat tersebut bisa mengakibatkan berbagai masalah pada sistem pencernaan. Contohnya adalah munculnya diare.

Untuk memerangi bakteri jahat tersebut, dibutuhkan probiotik alternatif yang berasal dari makanan.

Jenis-Jenis Probiotik Dan Cara Kerjanya

Probiotik bisa disebut dengan bakteri baik. Bakteri ini diperlukan tubuh untuk menanggulangi perkembangan bakteri jahat yang menimbulkan penyakit.

Begitu banyak bakteri yang ada di sekitar Anda, dan ada dua jenis bakteri yang masuk dalam kategori bakteri baik di dalam tubuh. Diantaranya adalah sebagai berikut ini.

  • Bakteri lactobacillus

Bakteri ini paling banyak ditemukan pada sejumlah makanan. Perannya sangat dibutuhkan oleh tubuh, terutama pada sistem pencernaan.

Keberadaan bakteri baik ini bisa menanggulangi masalah diare. Malahan, bakteri ini bagus untuk pengidap intoleransi laktosa.

  • Bakteri bifidobacterium

Bakteri yang kedua adalah bifidobacterium. Bakteri baik juga punya peran yang baik untuk meringankan penyakit, serta bisa mengatasi gangguan pada pencernaan.

Begitu berharganya bakteri tersebut, tidak ayal jika bakteri tersebut perlu dipertahankan di dalam tubuh.

Mengenai cara kerja probiotik, bakteri baik ini bisa dimanfaatkan sepenuhnya oleh tubuh secara otomatis.

Probiotik ini akan memasuki tubuh, kemudian membantu tubuh untuk memerangi bakteri jahat yang terlanjur masuk di dalamnya. Dengan begitu, tubuh akan lebih seimbang dan tubuh bisa bekerja seperti biasanya.

Makanan Yang Kaya Akan Kandungan Probiotik

Peranan probiotik di dalam tubuh memang sangat besar, terutama untuk mengantisipasi lonjakan bakteri jahat yang mengancam kesehatan.

Probiotik ini telah ada secara alamiah di dalam tubuh. Hanya saja, jumlahnya bisa saja lebih sedikit dari bakteri jahat.

Berkurangnya bakteri baik ini lantaran diserang oleh bakteri jahat. Malahan, bakteri ini bisa musnah akibat Anda mengkonsumsi antibiotik.

Menyadari semakin menurunnya probiotik alami, Anda sebaiknya mendukung tersedianya kembali probiotik. Tentunya dengan menyediakannya dari luar melalui makanan.

Mengenai makanan penghasil probiotik, Anda bisa dapatkan dari beberapa jenis makanan umum ini.

  • Tempe

Tempe adalah jenis makanan paling memasyarakat, mudah didapatkan, bahkan dengan harga yang relatif murah. Anda bisa mendapatkannya di pasar tradisional, atau dari pedangang keliling.

Jenis makanan ini kaya akan probiotik lantaran diolah dari fermentasi kedeleai. Tak hanya kaya akan probiotik, tempe juga kaya akan sumber protein sehingga sangat baik untuk dikonsumsi.

  • Yoghurt

Sumber makanan yang juga mengandung probiotik adalah Yoghurt. Jenis makanan ini sudah dikenal banyak masyarakat sebagai makanan sehat.

Yogurt ini dibuat dari olahan susu. Di dalamnya terkandung probiotik seperti lactobacillus yang mana baik untuk pencernaan.

Anda bisa mempertimbangkan yoghurt sebagai makanan untuk menambah probiotik dalam tubuh. Namun perhatikan tambahan lain di dalam produk yoghurt saat membelinya.

Pastikan tambahannya hanya sedikit dan tidak mengganggu probiotik yang ada di dalam yoghurt.

  • Kimchi

Anda suka mengkonsumsi kimchi? Kimchi adalah sejenis makanan yang berasal dari asia timur, dibuat dari fermentasi sayuran.

Rasa kimchi ini bercampur antara asin, asam dan pedas. Tentunya cukup menggugah rasa di lidah.

Mengkonsumsi kimchi ini bagus untuk menjadi alternatif penghasil probiotik alami dari makanan.

  • Kefir

Satu lagi jenis makanan yang punya kandungan probiotik adalah kefir. Kefir ini merupakan hasil dari fermentasi susu kambing.

Fermentasi susu kambing ini kemudian dikombinasikan dengan kefir grain sehingga menjadi sebuah kombinasi makanan yang menyehatkan.

Betapa tidak, kandungan makanan ini berupa probiotik yang dibutuhkan tubuh. Kemudian mengandung pula antioksidan yang kuat.

Kombinasi kandungan tersebut membuat makanan ini cocok dikonsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Orang Yang Perlu Meminimalkan Konsumsi Probiotik

Pada dasarnya, probiotik ini aman dikonsumsi oleh siapa saja. Artinya, tidak masalah dikonsumsi dalam jumlah yang sewajarnya.

Namun bila orang tersebut mengalami permasalahan kesehatan yang serius, serta mengalami masalah imunitas yang hebat, makanan kaya akan probiotik ini kurang bagus dikonsumsi secara berlebihan.

Pasalnya jika dikonsumsi orang tersebut, diare dan sakit perut lainnya bisa saja muncul. Untuk itulah, Anda juga harus menyadari kondisi kesehatan sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi makanan/ produk berprobiotik.

Kesimpulannya, bakteri baik di dalam tubuh bisa menurun atau musnah sehingga tidak mampu menyeimbangkan bakteri jahat. Oleh karenanya, Anda butuh makanan yang kaya akan sumber probiotik untuk mengembalikannya.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *