Makanan Sehat Untuk Balita Yang Susah Makan

makanan sehat untuk balita

Source: Baby Center

Makanan sehat untuk balita merupakan salah satu faktor penting untuk menunjang kesehatan tubuh. Bagi anak-anak usia balita, makanan bergizi sangat dibutuhkan untuk menunjang tumbuh kembangnya. Menjaga asupan makanan yang bergizi harus dilakukan sejak usia balita. Dalam hal ini Anda sebagai orangtua dituntut untuk lebih selektif dan memperhatikan kebutuhan nutrisi si kecil sesuai dengan tahapan usianya.

Makanan balita hendaknya memiliki unsur nutrisi yang akan memenuhi kebutuhan gizi harian dalam setiap tahap pertumbuhan. Unsur nutrisi yabng dibutuhkan untuk menunjang tumbuh kembang anak diantaranya yaitu karbohidrat, vitamin, protein, mineral dan lain sebagainya. Karbohidrat dibutuhkan oleh tubuh untuk menghasilkan energi dalam menunjang proses pertumbuhan dan perkembangan si kecil. Protein berperan penting dalam membantu membangun sel-sel di dalam tubuh.

Vitamin berfungsi dalam proses metabolisme dan mineral bermanfaat untuk membangun struktur sel didalam tubuh. Semua jenis nutrisi tersebut bisa diperoleh dari berbagai sumber makanan seperti sayuran, buah-buahan, daging, telur dan jenis makanan bergizi lainnya. Disamping itu, kebutuhan lemak untuk si kecil juga harus terpenuhi untuk melengkapi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Menu Makanan Sehat Untuk Balita 1 Tahun Keatas

Berikut ini kami akan menyampaikan mengenai beberapa makanan yang baik dikonsumsi oleh balita usia lebih dari 1 tahun, diantaranya adalah:

  • Ikan

Salah satu makanan sehat untuk balita yaitu ikan. Kandungan protein pada ikan sangat berguna untuk membantu tumbuh kembang anak. Selain itu beberapa jenis ikan seperti tuna dan salmon memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang berguna untuk membantu pembentukan serta kecerdasan otak anak. Jenis ikan tersebut juga tergolong rendah merkuri sehingga aman untuk dikonsumsi.

  • Telur

Telur mengandung vitamin D yang berguna untuk membantu penyerapan kalsium ke dalam tulang. Mengkonsumsi telur secara teratur sangat bagus untuk kesehatan dan kepadatan tulang anak. Selain itu, telur juga mengandung protein untuk membantu pembentukan sel-sel di dalam tubuh.

  • Kacang-kacangan

Lemak baik dan protein pada kacang-kacangan mnemiliki manfaat yang luar biasa untuk balita. Salah satu manfaatnya yaitu menjaga kesehatan jantung anak dan mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Berikan kacang-kacangan sebagai cemilan sehat untuk anak.

  • Buah-buahan

Buah-buahan tentunya sudah bisa diperkenalkan pada anak usia balita. Buah-buahan termasuk salah satu jenis makanan yang memiliki kandungan vitamin dan mineral cukup tinggi. Manfaatnya yaitu untuk meningkatkan sistem imun anak sehingga proses tumbuh kembangnya tidak mengalami gangguan.

  • Sayuran

Seperti halnya buah-buahan, sayuran juga termasuk sumber makanan dengan kandungan vitamin serta mineral cukup tinggi. Manfaatnya secara garis besar yaitu untuk menjaga kesehatan pencernaan dan menunjang pertumbuhan serta perkembangannya.

  • Rempah-rempah

Tahukah Anda bahwa rempah-rempah menjadi salah satu sumber nutrisi untuk si kecil. Salah satu rempah yang bisa Anda berikan untuk si kecil yaitu jenis kayu manis untuk menyeimbangkan kadar gula dalam darah.

Makanan Sehat Untuk Balita 6 Bulan

Makanan sehat untuk anak balita dalam proses pertumbuhan memang sangat dibutuhkan sekali, karena berguna untuk mendukung tumbuh kembangnya. Terutama pada balita yang masih berusia 6 bulan dimana pertama kalinya ia membutuhkan asupan makanan sehat pendamping ASI. Untuk memilih makanan sehat untuk anak balita sebenarnya tidak perlu pusing, karena sekarang ini sudah banyak tersedia di supermarket ataupun toko disekitar Anda.

Namun makanan sehat untuk bayi yang sudah tersedia dalam kemasan seperti itu harganya relatif lebih mahal. Maka dari itu lebih baik untuk membuat sendiri makanan sehat untuk anak Anda di rumah. Diatas tadi kami sudah menjelasakan mengenai beberapa makanan sehat untuk anak yang sudah mengandung banyak nutisi, serat, dan tentunya sangat terjangkau, gampang proses pembuatannya.

Sebelum membahas lebih dalam mengenai makanan sehat untuk anak balita, Anda sebagai orangtua perhatikan dulu masalah yang sering terjadi sekarang ini. Dimana terdapat beberapa orang tua yang cenderung kesulitan menyedikan makanan pada bayi, jika kondisi tersebut sering dilakukan makan akan membuat anak menjadi mogok makan. Para dokter sangat menyarankan untuk menyediakan hidangan sepinggan, yaitu cukup dengan satu hidangan namun telah banyak mengandung gizi di dalamnya.

Makanan anak balita memang sangat identik dengan bubur, maka oleh karena itu makana n sehat untuk anak yang pertama adalah bubur susu. Bubur susu adalah salah satu makanan sehat untuk anak balita yang mulai usia 6 bulan. Adapun cara untuk membuatnya yaitu cukup dengan menyedikan tepung beras 1 sendok makan dan susu sebanyak 200ml. Kemudian larutkan tepung beras dengan menggunakan susu. Setelah itu masak hingga mendidih hingga larutan benar-benar tercampur merata.

Makanan sehat untuk si kecil yang lain adalah bubur susu kentang, nah jika yang pertama menggunakan tepung beras sekarang ini gantian menggunakan kentang. Variasi pada makanan baik memang sangat disarankan hal ini dilakukan sepaya anak tidak merasa bosan. Caranya hampir sama dengan yang di atas namun hanya saja tepung berasnya yang diganti menggunakan bahan kentang.

Bubur sayur, makanan sehat untuk balita yang yang satu ini sangat baik untuk tumbuh kembang si kecil.  Sayuran memang sangat bagus dalam menunjang proses pertumbuhan anak. Hal ini dikarenakan sayuran memiliki kandungan tinggi zat besi dan asam folat. Cara untuk mensajikan bubur sayur adalah haluskan semua sayuran yang akan di jadikan bubur dengan blender. Setelah itu campurkan susu ke dalamnya dan masak hingga matang .

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *