Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Demi Masa Kandungan Super

vitamin bagi kesehatan ibu hamil

www.ibudanbalita.com

Makanan sehat untuk ibu hamil tentu banyak dicari. Pasalnya, pertumbuhan janin dan bagaimana kelahiran bayi nanti ditentukan oleh seberapa baik pemenuhan nutrisi. Kabarnya, bakal menguras kantong, padahal sih, bahan makanan sederhana berikut ini saja mampu penuhi gizi tanpa ribet, dengan harga yang terbilang terjangkau:

  1. Bayam
    Sayur bayam, makanan paling merakyat namun kelezatannya tak terkalahkan bila dipadu berbagai jenis makanan lain. Bunda pasti paham betapa mudah untuk mendapat sayur bayam, toh harganya murah. Bisa dibilang dari semua daftar makanan sehat kehamilan ini, justru bayam bernilai ekonomis paling tinggi.
    Murah tapi bukan murahan. Sayur bayam memiliki ragam kandungan yang tak bisa diremehkan. Sebut saja in niacin, zat besi, protein, serat vitamin A, C, E dan K. Belum cukup? Ada pula thiamin, vitamin B6, folate, kalsium, zinc, magnesium, fosfor, potassium, copper, dan manganese. Siapa sangka satu lembar bayam punya kandungan sedemikian mewah.
  2. Pisang
    Rasa tidak nyaman di perut, dan kram di berbagai belahan tubuh adalah 2 komplain yang sering terlontar dari mulut bunda hamil. Beragam tips diberikan khusus untuk memastikan tidak ada lagi penyakit yang perlu dikhawatirkan. Sebetulnya rasa tidak nyaman bisa saja bermanfaat, hanya saja, bila bunda memang cari penanganan pisang bisa jadi jawabannya.

    Pisang banyak dikenal di kalangan kesehatan sebagai pereda mual di kala hamil, dan kram tubuh. Sudah murah, pisang termasuk makanan wajib ibu hamil yang tidak ribet. Tunggu apa lagi?

  3. Yoghurt

Ambeien di kala hamil bukan berita menyenangkan namun tetap saja cukup umum. Kondisi ambeien umumnya kian parah apabila bunda sangat jarang makan serat atau memiliki feses (bahasa ilmiah kotoran) yang keras dan padat. Yoghurt, sebagai makanan kaya serat sudah pasti mampu bantu bunda pada banyak aspek. Bahkan bakteri dalam yoghurt terbilang bersahabat dan mampu bantu mencegah datanya gangguan pencernaan.

  1. Telur
    Sebagian besar penduduk dunia pasti mengenal yang namanya telur. Wadah reproduksi kaum reptil, burung, sampai ikan ini menjadi sahabat pemuas rasa lapar. Biasanya, di dapur minimal ada telur dalam kulkas, terutama telur ayam.

    Telur mengandung ragam kandungan yang patut dipertimbangkan selama kehamilan. Protein, yang selalu digadangkan sebagai kelebihan utama telur ternyata tidak selalu demikian. Justru, dalam satu butir telur, kandungan di luar protein cukup berikan manfaat untuk calon buah hati. Otak bayi bisa tumbuh cerdas dengan badan lebih kuat bagi bunda yang gemar makan telur selama kehamilan.

  2. Minyak kelapa
    Ironi, tapi nyata, minyak kelapa memang menguntungkan kehamilan, sayangnya harganya kurang bersahabat dengan kantong. Bila bunda tergolong manusia beruntung yang tak perlu khawatir kondisi finansial, mungkin minyak kelapa boleh masuk daftar belanjaan. Kenapa?

Terlepas dari embel-embel ‘minyak’ jenis satu ini tak hanya populer untuk memasak saja. Apabila menggunakan situs pencarian youtube, akan ditemukan fungsi tak terduga minyak kelapa lain seperti mempercantik tubuh, atau membantu bunuh bakteri dalam mulut. Manapun itu, minyak kelapa memiliki lemak sehat yang pastinya akan dibutuhkan bunda.

  1. Biji buah labu

Masih ingat dengan cerita Cinderella?
Kisah putri kebanggan Disney ini telah menjadi buah bibir di kalangan perempuan seluruh dunia. Mulai dari sepatu kaca, pengawal kadal dan tikus, sampai kereta labu mampu memukau fantasi. Jangan salah, ternyata wujud asli kereta Cinderella, yakni labu bisa jadi sahabat baik bunda.

Kwaci mungkin terkenal di tanah air, bisa dibilang kwaci adalah bentuk lain popcorn di kalangan lokal. Perbedaan tentu saja pada kasus ini, asal biji pembentuk kwaci. Umumnya kwaci berasal dari pengolahan biji semangka atau bunga matahari. Asal tahu saja, biji buah labu juga bisa dibuat ala kwaci, manfaatnya? Tentu saja ada.

Biji buah labu walaupun kecil, namun kandungan di dalamnya cukup dahsyat. Tidak hanya magnesium, namun dilengkapi pula iron, protein bahkan zat besi. Bisa dipastikan kesegaran tubuh bunda tak perlu dikhawatirkan lagi.

  1. Kurma

Buah asal timur tengah ini biasa dibawa pulang sebagai oleh-oleh dari rombongan haji atau umrah dari tanah suci, Mekkah, Arab. Tingginya tingkat permintaan dan kesadaran akan kesehatan justru membuat oportunis mulai memperdagangkan kurma di luar daerah asal. Di Jakarta, keliling tanah abang saja sudah bisa peropleh kurma berkilo-kilo tanpa bantuan pesawat terbang, kereta, atau biaya transport lain.

Alasan dibalik lakunya kurma bukan lagi sekedar manis buah, atau cerita perjalanan haji dan umrah. Justru, aspek kesehatan yang jadi pendorong utama perdagangan kurma, termasuk kehamilan. Kurma merupakan sumber energi yang cukup besar, tentu sangat menguntungkan masa kandungan yang selalu butuh asupan tenaga. Fungsi kedua kurma dalam kehamilan terletak pada pengurangan rasa mual dan muntah.

  1. Almond
    Istilah kecil-kecil cabe rawit mungkin sangat tepat disandang oleh almond. Kalangan perempuan yang gemar diet, tentu tidak asing dengan jenis kacang satu ini. Pasalnya memang, almond sangat bergizi namun tidak akan buat perut melar. Ternyata, kemampuan andalan tersebut bisa berguna untuk ibu hamil.

    Muntah dan mual itu biasa, karena itu ada baiknya bunda mengandung punya pola makan sedikit namun sering. Berhubung almond kecil namun mampu penuhi nutrisi semacam protein, serat, kalsium, vitamin E, riboflavin dan niacin, tentu almond termasuk makanan sehat untuk ibu hamil paling utama.(HN)

 

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *