Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil! Pantangan Buah Untuk Para Ibu Hamil

nutrisi untuk ibu hamil muda

www.ibudanbalita.com

Makanan sehat untuk ibu hamil harus mengandung gizi dan nutrisi yang memang benar-benar dibutuhkan oleh ibu hamil guna mendukung tumbuh kembang janin yang sedang dikandungnya serta di sisi lain untuk mendukung kesehatan dari ibu hamil itu sendiri.

Maka dari itu, memilih dan memilah jenis makanan yang memang benar-benar bisa memberikan manfaat bagi ibu yang sedang hamil sangat penting untuk dilakukan. Dan buah-buahan adalah salah satu jenis makanan yang sangat direkomendasikan untuk ibu hamil.

Namun di sisi lain, selain memilih makanan sehat ibu hamil, ibu hamil juga harus menghindari jenis makanan yang bisa membahayakan ibu hamil dan janin yang dikandungnya.

Bagi ibu hamil, mendapatkan nutrisi serta vitamin dari buah-buahan bisa menjadi salah satu pilihan tepat. Sebab buah memang dikenal jenis makanan harian yang dapat menunjang kesehatan serta pertumbuhan janin.

Tetapi ternyata diantara banyak jenis dan pilihan buah-buahan yang tersedia, ibu juga harus jeli untuk menghindari jenis buah-buahan yang bisa membahayakan kehamilan Anda.

Ada beberapa jenis buah-buahan yang bisa menyebabkan masalah bagi kandungan. Jadi jenis buah ini bukan menjadi makanan sehat bagi ibu hamil tetapi sebaliknya, bisa mendatangkan masalah bagi kandungan ibu.

Misalnya saja seperti buah yang masih muda, jenis buah yang bersifat panas di perut, dan juga jenis buah yang mengandung alkohol. Selain bisa mendatangkan masalah kehamilan, jenis buah tersebut bahkan bisa menyebabkan keguguran.

Ibu Hamil Makan Durian

Jangan coba-coba memakan durian pada saat hamil. Alasannya adalah durian ini menyebabkan rasa panas di dalam perut. Selain  itu, durian juga mengandung alkohol. Oleh karena itu diruan bisa membuat Anda merasa pusing dan mabuk.

Tidak hanya itu saja, durian juga mengandung asam arachidonat. Asam arachidonat ini adalah jenis senyawa kimia yang menjadi pemicu terbentuknya prostaglandin. Dan perlu ibu tahu juga bahwa prostaglandin ini adalah jenis senyawa yang bisa menyebabkan kontraksi-kontraksi pada rahim.

Jika kondisi ini terus terjadi maka efek terburuknya adalah bisa menyebabkan keguguran, terutama pada saat usia kehamilan trimester pertama atau yang mengandung bayi prematur saat usia kehamilan kurang dari 36 minggu.

Ibu Hamil Makan Pepaya Mentah

Buah pepaya bisa saja menjadi makanan sehat saat hamil. Tetapi jangan pernah mencoba memakan pepaya mentah saat hamil. Memangnya kenapa?

Pepaya mentah atau pepaya yang masih mudah mengandung getah ataupun lateks yang dapat memicu kontraksi pada rahim. Jadi sebaiknya papaya mentah seperti ini dijauhkan dari daftar menu ibu hamil terutama saat memasuki trimester ketiga.

Berbeda dengan pepaya yang sudah matang. Pepaya matang dikenal mengandung berbagai macam kandungan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan janin yang dikandungnya.

Hal ini disebabkan buah pepaya yang sudah matang kaya sekali akan kandungan serat, vitamin C, mineral, serta bebagai nutrisi sehat lainnya. Selain itu kandungan yang ada di dalam pepaya matang juga bisa mencegah berbagai macam keluhan yang sering dialami selama masa kehamilan, misalnya saja seperti perut mulas dan sembelit.

Itulah kenapa banyak yang menyarankan memperbanyak mengkonsumsi pepaya matang selama masa kehamilan. Sebab pepaya matang adalah salah satu jenis makanan sehat pada saat hamil.

Ibu Hamil Makan Buah Nanas

Nanas ini dikenal mengandung zat bromelain yang cukup tinggi. Bahayanya, zat ini bisa memicu pelunakan pada bagian leher rahim. Selain itu, zat bromelain ini juga bisa menjadi pemicu kelahiran prematur atau persalinan dini.

Tetapi kondisi ini berlaku bagi ibu yang sedang hamil muda. Sebab ternyata nanas ini adalah salah satu jenis makanan untuk ibu hamil tua yang direkomendasikan. Sebab mengkonsumsi nanas secara wajar pada saat hamil tua seperti ini bisa menjadi induksi alami.

Ibu Hamil Makan Buah Anggur

Mengkonsumsi buah anggur secara berlebihan bisa menyebabkan alkohol yang terkandung di dalamnya membuat suhu rahim ibu hamil meningkat. Kondisi seperti ini sangat tidan baik untuk janin yang berada di dalam kandungan.

Namun sebenarnya jika dikonsumsi dengan wajar, buah anggur ini bisa menjadi makanan sehat pada saat mengandung. Sebab buah anggur ini sebenarnya juga mengandung beberapa zat alami yang sangat baik untuk ibu hamil.

Ibu Hamil Makan Jengkol dan Petai

Pada umumnya kedua buah ini dikonsumsi sebagai lalapan ketika makan. Tetapi sebaiknya jangan dikonsumsi dulu selama masa kehamilan. Alasannya adalah jengkol dan petai ini bisa membuat asupan nutrisi dari ibu hamil ke janin melalui plasenta menjadi terhambat.

Apalagi jengkol dan petai ini bisa menyebabkan ginjal bekerja lebih giat lagi sehingga pada akhirnya akan menyebabkan ibu hamil menjadi cepat lelah.

Ibu Hamil Makan Nangka dan Cempedak

Memilih makanan sehat saat mengandung penting sekali untuk dilakukan. Di sisi lain, menghindari jenis makanan yang membahayakan ibu dan janin juga harus selalu dilakukan.

Contohnya adalah nangka dan cempedak. Kedua buah ini bisa memberikan efek negatif ketika dikonsumsi oleh ibu hamil dalam dengan jumlah banyak. Selain bisa menyebabkan kembung dan bergas, kedua buah ini juga bisa menyebabkan suhu janin meningkat dan kontraksi dini sehingga resiko bayi lahir prematur semakin tinggi.

Menghindari jenis makanan yang beresiko membahayakan janin yang berada di dalam kandungan juga sangat penting untuk dilakukan. Tetapi di sisi lain selalu mengkonsumsi jenis makanan sehat untuk ibu hamil juga harus dilakukan setiap harinya.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *