Manfaat Air Liur untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

Jika diperhatikan, informasi tentang kesehatan gigi dan mulut di internet ada banyak sekali, ya. Mulai dari tips menjaga kesehatan gigi, tips menghilangkan bau mulut, cara mencegah gigi berlubang, cara menjaga rongga mulut, tips menghilangkan plak pada gigi dan beberapa artikel tentang kesehatan gigi lainnya. Namun, kamu harus tahu bahwa pengertian kesehatan gigi dan mulut itu sangat luas, lho!

Selain mengenai contoh cara merawat kesehatan gigi, ada pengetahuan lain seputar kesehatan gigi dan mulut yang perlu untuk kamu ketahui. Salah satunya tentang air liur. Nah, pernahkah terlintas di pikiran kamu mengapa Tuhan menciptakan air liur tinggal di mulut kita? Berikut adalah beberapa poin penting tentang manfaat air liur untuk kesehatan mulut.

Air liur merupakan pembersih alami

Air liur diproduksi di rongga mulut setiap kali kita makan, mengunyah, mencium aroma-aroma tertentu atau bahkan saat tidak ada rangsangan sama sekali. Namun, laju aliran air liur lebih besar dan banyak saat kita mengunyah makanan dibandingkan jika tanpa ada rangsangan. Air liur berfungsi untuk membersihkan gigi dari sisa-sisa kotoran secara otomatis hingga saatnya menggosok gigi. Itulah kenapa mengunyah permen karet dipercaya sangat bagus untuk memutihkan gigi dan menghilangkan plak-plak yang menempel pada gigi.

Air liur menetralisir asam yang merusak struktur gigi

Manfaat air liur untuk kesehatan gigi dan mulut lainnya adalah untuk menetralisit asam dalam mulut. Meski baik untuk menjaga kebersihan gigi, asam yang disebabkan karena plak pada gigi dapat memicu bakteri lain yang secara perlahan-lahan merusak struktur gigi. Bakteri inilah yang kemudian memicu gigi berlubang. Nah, air liur yang mengandung buffer dapat membantu mempertahankan keseimbangan pH dalam mulut, sehingga kondisi asam di mulut dapat terkontrol.

Air liur dapat membunuh bakteri

Seperti air liur yang bermanfaat untuk menetralisir asam dalam mulut, air liur juga berfungsi untuk membunuh bakteri yang bersarang, apalagi bakteri yang timbul karena plak-plak pada gigi. Karena itu, untuk merangsang air liur agar efektif membunuh kuman, sebaiknya kamu mengkonsumsi buah-buahan segar yang dapat merangsang air liur seperti apel, strawberry dan buah-buahan bervitamin C lainnya.

Air liur mencegah hilangnya mineral pada gigi

Selain mencegah hilangnya mineral pada gigi, air lur juga dapat mendukung kembalinya mineral-mineral pada gigi yang hilang. Ketika asam yang diproduksi oleh bakteri berupaya merusak gigi, air liur siap menjadi prajurit kokoh yang mencegah gugur dan hilangnya mineral dalam gigi. Cara kerja air liur mempertahankan mineral adalah dengan menambah ion kalsium dan fosfat pada permukaan gigi. Nah, air liur inilah yang juga memberikan perlindungan pada lapisan email gigi dari hilangnya ion kalsium dan fosfat. Dengan demikian, gigi berlubang pada gigi pun bisa dicegah dengan baik.

Bagaimana? Sudah tahu manfaat air liur untuk kesehatan gigi dan mulut, kan? Jadi jangan remehkan air liur yang ada di mulut kamu, ya!

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *