Manfaat ASI Ekslusif Untuk Ibu Dan Si Kecil

ASI merupakan sumber nutrisi terbaik untuk bayi. Manfaat ASI eksklusif  yaitu dapat menunjang tumbuh kembang bayi. Selain itu juga terdapat kandungan antibodi alami untuk membantu dalam mencegah infeksi dan gangguan kesehatan pada si kecil. Bahkan ASI juga sangat dikenal sebagai nutrisi lengkap yang bisa memberikan penunjang untuk pertumbuhan, kesehatan, imunitas dan perkembangan bayi.  Dengan begitu, pemberian ASI pada bayi sangat penting untuk diberikan pada si kecil.

Pemberian ASI ekslusif untuk si kecil, yakni memberikan ASI tanpa makanan lainnya selama 6 bulan pertama. Anda harus mengenali lebih dalam tentang manfaat pemberian ASI bagi bayi. Selain itu Anda juga bisa mendapatkan keuntungan untuk Anda dalam pemberian  ASI.  Anda tentu saja sering mendengar bahwa  ibu diharuskan untuk memberikan ASI Ekslusif pada si kecil. ASI Ekslusif adalah pemberian ASI tanpa memberikan makanan lain untuk bayi yang berusia 0 sampai 6 bulan. Dengan begitu bayi tidak diberikan tambahan cairan misalnya saja susu formula, air teh, air putih, madu atau makanan padat sebelum usia 6 bulan.

Pemberian ASI ekslusif disarankan sampai usia bayi 4 bulan namun lebih baik diberikan hingga usia bayi 6 bulan. Setelah itu pemberian ASI ekslusif bisa diberikan dengan pendamping makanan, pemberian ASI sendiri bisa sampai  usia bayi Anda berusia 2 tahun. ASI ekslusif merupakan intervensi yang efektifuntuk mencegah kematian anak. Sedangkan menurut penelitian yang ditemukan kesadaran untuk memberikan ASI semakin berkurang. Bahkan masih ada yang cemas jika yang diberikan untuk bayi tidak mengenyangkan sehingga pemberian ASI ditambah dengan susu formula maupun air putih.

Pemberian ASI ekslusif didukung juga oleh UNICEF dalam meningkatkan kesadaran ibu yang sedang menyusui. Kebutuhan gizi yang terkandung di dalam ASI sangat penting untuk pertumbuhan dan  perkembangan si kecil. Dukungan dari pemerintah yang melarang promosi pengganti ASI di fasilitas kesehatan akan membantu dalam pemberian ASI ekslusif dengan baik. Begitu juga pada ibu menyusui yang mempunyai tanggung jawab sebagai wanita yang bekerja. Anda bisa menggunakan waktu luang untuk memompa ASI dan tetap memberikan ASI ekslusif untuk si kecil.

Manfaat memberikan ASI ekslusif untuk bayi yaitu untuk mengurangi jenis penyakit saat tumbuh dewasa. Pada sebuah penelitian ditemukan bahwa anak yang disusui ketika masih bayi dengan ASI ekslusif maka akan mengurangi berbagai macam penyakit misalnya saja hipertensi, obesitas, dan juga diabetes melitus tipe dua. Begitu juga dengan penelitian lainnya yang menghubungkan pemberian ASI ekslusif dengan kecerdasan yang lebih baik daripada anak yang memperoleh susu formula.

 

Khasiat ASI Eksklusif Yang Lainnya

Selain itu khasiat dari ASI ekslusif lainnya yakni sebagai berikut :

-ASI memberikan manfaat pada bayi sebab mudah dicerna jika saat pencernaannya belum begitu sempurna, biasanya dibawah usia 6 bulan.

-ASI bisa menyempurnakan tumbuh kembang si kecil.Bahkan ASI bisa membuat bayi sehat dan juga pandai.

-ASI bisa menjadi antibodi alami tubuh bayi terutama yang berhubungan dengan berbagai macam penyakit.

-ASI akan selalu ada pada suhu yang baik sehingga tidak  harus khawatir akan membuat bayi terlalu panas atau dingin.

Manfaat ASI Eksklusif Yang Diberikan Pada Usia Bayi

Berapa lama untuk menyusui merupakan keputusan pribadi dalam setiap keluarga. WHO menganjurkan ASI eksklusif selama 6 bulan dan kemudian dilanjutkan ASI yang dikombinasikan dengan makanan padat selama 1 sampai 2 tahun. Bahkan apabila Anda hanya menyusui beberapa hari saja si kecil akan menerima banyak manfaatnya.  Berikut ini akan kami sampaikan  tentang apa manfaat ASI yang diberikan pada usia dan tahap kehidupan si kecil:

-Apabila menyusui hanya beberapa hari.

Anak akan menerima kolostrum yang bermanfaat sebagai penyedia antibodi dan sumber makanan tubuh barunya, menyusui juga akan membantu anak Anda bekerjanya sistem pencernaannya dengan baik.

-Menyusui bayi selama 4 sampai 6 minggu.

Disamping anak akan memperoleh pengalaman yang tidak dilupakan ketika masa ia kecil, bayi yang mengonsumsi ASI akan lebih mudah terhindar dari berbagai penyakit dibandingkan yang tidak mengonsumsinya.

-Menyusui bayi selama 3 sampai 4 bulan.

Sistem pencernaannya akan lebih sempurna  dan ia akan jauh lebih bisa  mencerna  zat asing dalam susu bayi formula. Tidak memberikan apapun selain ASI selama 4 bulan pertama tentu akan melindungi bayi dari berbagai alergi dan memberikan perlindungan terhadap penyakit telinga selama 1 tahun.

-Menyusui bayi selama 6 bulan.

Tanpa harus menambah makanan atau minuman lain Anda akan memastikan kesehatan yang baik selama tahun pertama bayi Anda lahir, hal ini akan menghindarkan resiko anak dari gangguan telinga dan kanker serta mengurangi resiko kanker payudara untuk Anda sendiri.

-Menyusui bayi selama 9 bulan.

Manfaat untuk tumbuh kembang otak dan tubuh tercepat yang sangat penting dalam hidupnya sebab memperoleh asupan ASI yang cukup.

-Menyusui bayi selama 1 sampai 2 tahun.

Anda bisa  mengurangi biaya dan efek samping dalam pemberian susu bayi formula. Tubuhnya 1 tahun mungkin akan bisa memakan makanan lebih bermacam-macam selain ASI. Manfaat kesehatan karena menyusui selama 1 tahun akan bermanfaat sepanjang hidupnya. Si kecil akan mempunyai sistem kekebalan tubuh yang kuat.

Ibu tidak harus cemas  dengan ASI yang diberikan kepada bayi tidak membuatnya kenyang. Sehingga pemberian makanan atau cairan untuk bayi 6 bulan sebaiknya tidak diberikan guna mendukung pemberian ASI ekslusif. Disamping itu, manfaat ASI eksklusif  memang harus diperhatikan dengan teliti.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *