Manfaat Berenang Bagi Bayi Menurut Pakar Kesehatan

Berenang bagi bayi

www.friso.co.id

Berenang bagi bayi bukan hal yang berbahaya. Pernah lihat bayi bisa berenang secara alami? Dibantu dengan instruktur yang berpengalaman, bayi bisa berenang sendiri dengan mudah. Karena pada dasanya bayi sudah bisa berenang sejak ada di dalam rahim. Ia berenang di air ketuban sang ibu.

Itulah mengapa ada proses persalinan yang disebut dengan gentle birth di mana bayi langsung dilahirkan di dalam air. Hal tersebut akan membuat bayi mudah lahir. Dan ibu pun tidak merasa sakit.

Begitu juga ketika bayi sudah berusia beberapa minggu. Ia sebenarnya sudah memiliki bakat berenang. Apalagi berenang untuk bayi itu sangat baik untuk kesehatan.

  1. Berenang dan Prestasi Akedemik

Memang tidak ada kepastian. Akan tetapi, kebanyakan anak yang ketika masih bayi sudah diajarkan berenang maka di usia dewasa nanti ia menjadi anak yang memiliki prestasi cemerlang di bidang akademik.

  1. Cepat Tinggi

Banyak sekali olahraga yang bisa merangsang pertumbuhan tulang seperti bermain bola basket dan bola voli. Namun, tentu saja tidak mungkin olahraga seperti itu dilakukan oleh bayi, bukan?

Oleh sebab itu, bayi ibu bisa dibiasakan untuk berenang. Renang merupakan olahraga yang akan menstimulus perkembangan tulang. Lebih dari itu, olahraga ini juga bisa berangsang otot agar kuat. Jadi, selain bayi ibu nanti akan menjadi anak yang tinggi, ia juga akan memiliki tubuh yang kuat.

  1. Mengajarkan Kemandirian, Percaya Diri, Dan Berani

Ini yang mungkin yang tidak banyak orang ketahui, di mana salah satu manfaat berenang bagi bayi adalah untuk menumbuhkan kemandirian. Apa pentingnya? Sepertinya memang sama sekali tidak penting. Akan tetapi, perkembangan anak selain ditentukan oleh gizi juga ditentukan oleh kepercayaan diri. Apalagi jika ia sudah mulai belajar berdiri. Anak yang memiliki kemandirian dan keberanian akan lebih cepat belajar berdiri dan bahkan berjalan.

Sayangnya, tidak semua bayi mau untuk berenang. Apalagi jika bayi sudah berusia sekitar 4-5 bulan. Ia sudah mengerti perbedaan antara di darat dan di kolam renang.

Oleh sebab itu, ASCTA atau Asosiasi Guru dan Pelatih Renang Australia merekomendasikan agar bayi usia 4 bulan sudah dibiasakan berenang. Ibu bisa membeli kolam renang kecil yang biasanya digunakan oleh therapist dalam melakukan baby spa. Harganya menang lumayan mahal. Atau Anda bisa sebulan sekali mengajak si kecil untuk baby spa. Selain berenang, ia juga bisa mendapatkan treatment agar ia bisa rileks dan perkembangannya lebih optimal.

Yang pasti, tidak ada salahnya membiarkan bayi berenang. Berenang bagi bayi memberikan manfaat. Siapa sangka jika memang bakat si kecil ada pada bidang olahraga renang. Bukan itu lebih baik ketika ibu mengetahui bakat alami ketika anak masih kecil?

Akan tetapi, ibu juga harus perhatikan kesehatan tubuh bayi. Pasalnya, berada di dalam kolam renang mudah membuat otot si kecil meregang dan akhirnya kram. Mungkin ia tidak merasakan hal tersebut. Namun, ketika di malam hari, bayi ibu akan sedikit rewel karena merasa lelah.

Ada baiknya jika setelah berenang, ibu menidurkan si kecil sambil memijat tubuhnya, khususnya bagian kaki. Ini cara yang paling efektif untuk merilekskan otot-otot setelah berenang.

Untuk perawatan bayi lainnya, ibu bisa konsultasikan dengan pakarnya langsung di www.friso.co.id. Di sana ada fasilitas konsultasi online dengan pakar perkembangan bayi.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *