Manfaatkan Obat Batuk Anak Yang Ada Di Sekitar

obat batuk anak

www.friso.co.id

Sekarang ini, sudah ada obat batuk anak yang dijual di apotek. Tentunya obat batuk tersebut sudah disesuaikan dengan usia anak. Para ahli sudah memperhitungkan matang-matang komposisi apa saja yang cocok untuk anak balita.

Namun, sekalipun labelnya bertuliskan obat batuk untuk anak, tetap saja ibu harus hati-hati. Jika ibu tidak ingin memberikan obat-obatan kimia, ibu bisa gunakan resep obat batuk tradisional untuk anak.

Ada beberapa obat batuk yang ternyata mudah sekali ditemukan di sekitar. Selain aman, resep obat batuk anak ini lebih murah. Apa saja itu?

  1. Madu

Sebenarnya, madu seharusnya dikonsumsi setiap hari. Gunanya untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh anak. Jadi, bisa dikatakan menjaga kesehatan anak bisa dilakan dengan hanya memberikan madu setiap hari.

Namun, madu juga bisa mengatasi batuk pada anak. Pasalnya, madu mengandung anti bakteri. Dan ibu harus tahu batuk itu salah satunya disebabkan oleh bakteri lho.

Berikan satu sendok madu di pagi dan malam hari sebelum tidur. Dengan demikian, batuk yang dialami oleh si kecil bisa segera disembuhkan.

Apakah madu termasuk obat batuk anak? Sebenarnya bukan obat, namun memperingan batuk anak dengan cara menghilangkan bakteri yang menjadi penyebab batuk. Jadi, lambat laun, anak akan sembuh dari batuk yang ia alami.

  1. Jeruk Nipis

Ini merupakan resep obat batuk tradisional yang sudah digunakan secara turun menurun. Hanya saja, tidak banyak anak yang suka dengan rasa jeruk nipis ini. Berbeda dengan madu yang rasanya manis. Jelas madu disukai oleh anak-anak.

Oleh sebab itu, ibu perlu mencari cara agar si kecil mau mengkonsumsi obat batuk anak yang satu ini. Salah satunya dengan mencampurkan ke dalam sup yang ibu sajikan untuk menu makanan sang buah hati. Atau, ibu buatkan minuman yang terbuat dari perasan jeruk nipis. Agar rasanya enak, ibu bisa tambahkan sedikit gula pada minuman tersebut.

Mudah, kan?

  1. Kencur

Ini juga obat batuk untuk anak yang rasanya kurang disukai. Akan tetapi, bukan berarti obat yang satu ini tidak layak untuk dicoba.

Kencur biasanya digunakan oleh orang dewasa untuk meredakan batuk. Akan tetapi, kencur juga bagus sebagai obat batuk untuk anak kecil lho. Caranya sama. Bersihkan dan parut kencur lalu rebus ke dalam air mendidih. Ambil air perasan kencur tersebut lalu berikan kepada anak.

Pasti anak tidak mau karena rasanya yang tidak enak. Untuk itu, ibu bisa tambahkan madu agar rasanya lebih manis dan anak suka minum obat batuk anak yang satu ini.

Sebenarnya masih banyak obat yang bisa ibu gunakan untuk mengatasi batuk yang dialami oleh si kecil. Jika ada banyak pilihan, mengapa harus memilih obat batuk kimia?

Dokter anak sangat tidak menyarankan agar anak kecil tidak perlu diberikan obat-obatan yang mengandung bahan kimia. Sebisa mungkin hal tersebut tidak boleh dilakukan. Hal ini terkait dengan sistem kekebalan tubuh. Semakin sering memberikan obat kimia, itu artinya sistem kekebalan tubuh semakin tidak aktif.

Alangkah baiknya jika ibu membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ibu bisa konsultasi dengan dokter anak di www.friso.co.id agar ibu mendapatkan informasi tentang bagaimana cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Dengan sistem imun anak yang kuat, maka ia akan kebal dari gangguan bakteri, virus, atau kuman yang menjadi penyebab penyakit. Dan jika anak sudah kebal, ibu tidak perlu lagi mencari obat batuk anak.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *