Melakukan Persiapan Saat Melahirkan Dengan Tepat

persiapan saat melahirkan

rahasiapasanganmesra.blogspot.com

Setelah sembilan bulan mengandung sang buah hati, kini saatnya Anda melakukan persiapan saat melahirkan normal. Rasanya baru kemarin berita bahagia mengenai terisinya kandungan Anda mewarnai hidup Anda, tanpa terasa sembilan bulan keajaiban tersebut hampir berlalu dan kini Anda siap bertatap muka dengan bayi Anda. Dan Anda memutuskan untuk melahirkan anak Anda secara normal.

Banyak ibu-ibu yang melupakan betapa pentingnya persiapan melahirkan normal. Mengingat waktu kelahiran atau persalinan merupakan waktu yang pastinya padat, menegangkan dan ribet, persiapan yang Anda lakukan jauh-jauh hari pastilah sangat berguna. Dengan persiapan melahirkan normal yang matang, niscaya waktu persalinan akan terasa lebih mudah dan lancar.

Keberanian Anda memilih proses melahirkan yang normal merupakan suatu hal yang baik. Banyak penelitian dari bidang kedokteran serta badan kesehatan yang menyatakan bahwa proses persalinan yang normal mempunyai banyak manfaat untuk ibu dan anak, sehingga persalinan normal haruslah merupakan pilihan tindakan pertama untuk semua ibu yang memiliki tubuh optimal untuk melahirkan normal.

Beberapa Persiapan Saat Melahirkan yang Sebaiknya Anda Ketahui

Seperti jaman bersekolah, belajar untuk menghadapi ujian adalah hal yang penting untuk menuntun kemudahan mengerjakan ujian tersebut. Persiapan melahirkan normal utama yang harus dilakukan para ibu adalah mempelajari proses persalinan yang akan Anda lewati. Mungkin banyak ibu-ibu yang justru menghindari mempelajari hal ini karena takut menjadi gentar melakukan persalinan secara normal.

Namun dokter kandungan mengatakan ibu yang mengerti mengenai proses persalinan biasanya akan lebih aktif dalam proses melahirkan dan akan memberi hasil akhir yang lebih memuaskan. Mengambil kelas untuk ibu melahirkan atau membaca buku panduan mengenai proses persalinan merupakan langkah konkrit yang dapat Anda lakukan. Mengingat pilihan Anda untuk melahirkan secara normal, memilih dokter kandungan yang proaktif dengan pilihan Anda merupakan persiapan melahirkan normal yang penting.

Ketika Anda melahirkan, dokter kandungan Anda akan berperan sebagai orang yang memimpin persalinan, sehingga pilihlah dokter yang dapat bekerjasama dengan Anda. Pilihlah tenaga kesehatan dimana Anda nyaman bersamanya. Selain itu, Anda juga dapat mulai memilih dokter anak yang akan memeriksa atau merawat anak Anda setelah persalinan. Pengalaman adalah guru yang terbaik. Bagi Anda yang belum pernah melahirkan tentunya belum memiliki pengalaman yang dapat Anda jadikan panduan. Maka, mempelajari pengalaman orang lain merupakan persiapan melahirkan normal yang penting.

Selain menjadi panduan dalam proses melahirkan, ibu yang berpengalaman juga dapat membantu Anda dalam mendiskusikan masa setelah melahirkan seperti cara merawat bayi, stressnya menghadapi keadaan baru dan cara menyusui. Pastikan Anda memilih ibu yang jujur dan tidak banyak mengeluh atau melebih-lebihkan pengalamannya.

Persiapan Ketika Melahirkan Dengan Tubuh Yang Sehat

Proses melahirkan mempunyai komplikasi, baik yang Caesar maupun yang normal. Maka persiapan melahirkan normal yang tak kalah penting adalah menjaga kesehatan tubuh Anda. Makanlah makanan yang bergizi dan seimbang serta jangan kurang tidur. Menjaga kebersihan tubuh, organ intim dan kebersihan makanan merupakan hal yang tidak dapat Anda sepelekan menjelang proses persalinan. Organ yang akan berperan dalam proses persalinan Anda adalah organ intim Anda.

Maka persiapan melahirkan normal yang tak kalah penting adalah mempersiapkan organ kewanitaan Anda. Ibu dapat melakukan senam Kegel untuk melatih otot di daerah kemaluan sebelum melahirkan. Cara melakukan senam Kegel adalah mengontraksikan otot, yaitu seperti Anda menahan kencing. Otot yang dipakai untuk menahan kencing dan melahirkan merupakan otot yang sama. Ibu yang beraktivitas fisik secara teratur cenderung akan lebih siap secara fisik untuk mentoleransi kelelahan saat melahirkan.

Ibu yang jarang melakukan aktivitas fisik secara teratur dan akan melahirkan dapat dianalogikan dengan keadaan seseorang yang jarang berolahraga dan hendak mengikuti lomba maraton. Yang pastinya akan kelelahan di tengah jalan. Bagi ibu yang telah mempunyai anak atau kakak dari bayi yang hendak Anda lahirkan, memastikan anak Anda dalam pengasuhan yang baik merupakan hal yang tidak boleh Anda lupakan. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan psikologis anak Anda dengan meyakinkan bahwa ia tidak lebih tidak penting dibandingkan adiknya yang akan lahir.

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah mendidiknya mengenai konsep adik sebelum Anda melahirkan.  Ketika anak Anda menjenguk Anda setelah proses persalinan selesai, Anda disarankan menaruh bayi Anda di keranjang dan menyambut anak Anda tanpa gangguan bayi. Ini penting untuk membuatnya merasa bahwa dirinya tetap penting dan tidak terganti di mata Anda. Sebelum Anda merasakan kontraksi pertama tanda melahirkan, pastikan Anda tahu apa yang harus Anda lakukan ketika hal itu terjadi. Hal sederhana yang harus rencanakan adalah mengetahui siapa yang harus Anda telepon, kemana dan kapan Anda harus pergi.

Tentukan Anda akan diantar oleh siapa, Anda akan melalui rute mana menuju rumah sakit dan pintu rumah sakit sebelah mana yang harus Anda masuki. Percayalah, Anda tidak ingin hal kecil ini merepotkan Anda ketika hendak melakukan persiapan saat melahirkan. Sebelum melahirkan, pastikan Anda sudah mempunyai rencana hendak melahirkan dimana, memilih kamar tipe mana dan mengetahui perkiraan biayanya. Jangan lupa untuk menyiapkan tas yang berisi perlengkapan Anda dan bayi Anda, seperti baju Anda, peralatan mandi, bra untuk menyusui, baju bayi dan hal lainnya. Sehingga ketika kontraksi pertama menyerang Anda, Anda cukup mengangkut tas yang sudah Anda persiapkan tersebut dan langsung menuju rumah sakit.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *