Memahami Tahapan Dalam Perkembangan Balita Dan Permasalahan Kesehatannya

Cara mendidik anak 2 tahunPerkembangan balita sangatlah pesat, bahkan lebih cepat ketika masih dalam kandungan bunda.

Anak terlahir sempurna kedunia membawa sejumlah kemampuan. Kemampuan ini akan semakin terlihat bebarengan dengan tumbuh kembangnya.

Kemampuan yang bakalan didapatkan adalah memahami informasi, bahasa dan lain sebagainya.

Setiap anak normalnya akan sampai pada titik tersebut. Cuma waktunya akan berbeda dari satu anak dengan anak lainnya.

Begitu pula dengan permasalahan yang akan dialami anak. Biasanya, anak juga akan berada pada masa dimana anak jatuh sakit, atau bermasalah dengan kesehatan.

Kondisi tersebut sangatlah normal. Secara banyak faktor yang akan mempengaruhinya. Tentunya semua faktor tadi akan berpengaruh pula pada perkembangan/pertumbuhan anak tersebut.

Di sini, kami akan mengulas sebentar tentang tumbuh kembang balita. Kemudian diselingi dengan sejumlah permasalahan kesehatan yang normalnya balita alami. Jadi, mari simak baik-baik di bawah ini!

Perkembangan Balita Dalam Hal Kemampuan

Seperti yang dikatakan sebelumnya, anak terlahir dengan membawa sejumlah kemampuan dasar. Kemampuan ini akan terasah seiring dengan terbiasanya anak dalam melakukan aktifitas harian.

Perkembangan bayi lima tahun ini sebenarnya sudah sangat bagus. Dilihat dari sisi fisiknya juga sudah sempurna, memiliki daya tahan cukup kuat, dan sudah aktif bermain.

Kondisi ini tentu sangat membahagiakan orang tuanya. Bahkan menjadi sebuah kebanggaan tersendiri jika anak tumbuh sempurna dan sehat.

Faktor kuncinya adalah asupan gizi. Tentu saja, asupan makanan punya peran besar untuk menunjang sejumlah pertumbuhan anak.

Dimulai dari pertumbuhan tulang anak yang menjadikannya tambah lebih besar dan tinggi. Kemudian semakin matangnya perkembangan otak dan sejumlah kemampuan anak.

Mengenai pertumbuhan anak, normalnya anak berusia lima tahun akan bertambah tinggi di kisaran 4 cm. Terkadang juga berat badan anak akan bertambah pula.

Tapi ingat, bertambahnya berat badan anak terkadang berlebihan. Hal ini berawal dari kurangnya orang tua dalam memperhatikan asupan yang diberikan sebelumnya.

Kalau terlalu berat, pastinya kurang baik untuk kesehatan. Dan hal inilah yang harus diantisipasi oleh orang tua. Misalnya dengan melakukan langkah antisipasi dengan memberikan asupan yang sesuai dengan kebutuhan buah hati.

Sementara untuk kemampuan-kemampuan lain, anak sebenarnya punya 3 kemampuan yang akan terasah sampai dewasa nanti. Diantaranya adalah sebagai berikut ini!

  • Kemampuan bahasa

Kemampuan yang satu ini memang sangat istimewa. Betapa tidak, anak sudah bisa menceritakan sebuah pengalaman pada orang tuanya.

Ya, perkembangan anak usia 5 tahun ini tentu sangat membahagiakan. Akan ada banyak interaksi antara anak dengan orang tuanya.

Interaksi ini bisa berupa berbagi rasa yang dialami setiap harinya. Bahkan meminta ini itu, sampai merengek kalau sesuatu yang diinginkan tidak diwujudkan oleh orang tuanya.

Namun harus dipahami, kemampuan bahasa ini bisa saja terganggu jika sebelumnya orang tua tidak membiasakan interaksi dengan anak. Jadi, upayakan untuk terus interaksi dan memahami apa yang dibicarakan anak.

  • Kemampuan kognitif

Pertumbuhan anak usia lima tahun yang sehat juga ditandai dengan kemampuan kognitifnya.

Anak-anak di usia tersebut sudah semakin cerdas. Hal ini bisa dilihat dari kemampuannya dalam berhitung, mengenal benda, sampai mengenal angka dan huruf.

Oleh karenanya, tidak berlebihan jika anak di usia tersebut biasanya sudah dibiasakan untuk masuk PAUD.

  • Kemampuan motorik

Selain kecerdasan yang semakin terasah, kemampuan motorik anak juga semakin baik pula.

Di sini, anak sudah terlihat sangat aktif bila diajak untuk melakukan sesuatu. Misalnya adalah bermain kesana kemari, atau menggerakkan tangannya dengan pasti dalam menggambar atau menulis.

Anda hanya perlu terus melatih kemampuan yang ditumpu oleh kekuatan fisik anak. ini akan menjadi modal anak dalam menjalani kehidupan di dewasa nanti.

Permasalahan Kesehatan Anak Usia 5 Tahun

Semakin aktifnya anak di luar ruangan tentu membuat anak semakin dekat dengan bakteri. Hal ini sebenarnya bukan masalah jika anak diajari untuk bersih. Begitu pula jika anak selalu diberikan asupan makanan yang sehat.

Asupan makanan yang sehat nantinya akan berperan dalam menguatkan tubuh. Mulai dari menguatkan sistem kekebalan tubuh, kemudian merangsang pertumbuhan anak.

Meskipun begitu, terkadang ada waktu dimana anak tetap saja mengalami permasalahan kesehatan.

Salah satu masalah kesehatan yang paling sering adalah demam dan mudah sakit. Permasalahan ini sebenarnya berawal dari daya tahan tubuh anak yang kurang baik.

Kurang baiknya daya tahan anak disebabkan oleh banyak hal. Diantaranya adalah lingkungan yang kurang bersih, kemudian anak kurang gizi.

Jika ini yang terjadi, maka upayakan anak diberikan makanan yang menyehatkan. Kemudian pastikan anak bermain di lingkungan yang sehat pula.

Selain daya tahan tubuh yang jelek, masalah lain yang akan mengganggu kesehatan anak adalah tidak mudahnya anak untuk tidur.

Gangguan sulit tidur memang menjadi gangguan kesehatan dalam perkembangan balita yang paling umum. Normalnya dimulai saat anak belum menginjak usia satu tahun, kemudian berlanjut hingga masa kanak-kanak.

Kondisi ini paling sering dikeluhkan oleh orang tua anak. Dan penyebab utamanya adalah kurang optimalnya sistem cerna anak itu sendiri.

Keadaan kurang baiknya sistem pencernaan ini biasanya bermula dari alergi atau sangat sensitive terhadap makanan.

Untuk mengatasi masalah ini, orang tua perlu menyeleksi makanan. Minimal Anda tahu makanan yang memicu anak alergi supaya dihindari.

Jika pemicunya sudah dihindari, sistem pencernaan akan lebih lancar. Akibatnya berpengaruh pada kesembuhan pada gangguan tidur anak.

Demikianlah ulasan mengenai tahapan perkembangan balita yang menandai kemajuan dan kesehatan anak.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *