Memantau Berbagai Hal Yang Terjadi Pada Perkembangan Bayi 11 Bulan

Perkembangan bayi 11 bulan tentunya akan selalu ditunggu oleh orang tua setelah menunggu selama 10 bulan sebelumnya. Beberapa orang tua banyak yang membandingkan kemampuan bayi dengan lingkungan sekitar. Ada banyak pengaruh seperti faktor kesehatan bayi sejak kecil yang dapat membuat bayi mengalami pertumbuhan lebih cepat dan bisa juga lebih lambat. Bayi sudah dapat bergerak dengan lebih baik atau bahkan bisa berjalan sendiri. Akan tetapi beberapa bayi baru akan mulai belajar berdiri dan tentu hal tersebut membuat orang tua merasa khawatir.

Bayi yang terlahir secara prematur dapat mengalami perkembangan yang sama dengan bayi normal atau bisa juga lebih lambat. Bayi yang sudah menginjak usia 11 bulan umumnya akan lebih nyenyak tidur saat malam hari. Bahkan beberapa bayi sama sekali tidak minta susu atau makan saat malam hari, namun semua tergantung dari kebiasaan bayi Anda sendiri. Bayi memerlukan waktu tidur selama 11 sampai 12 jam pada malam hari. Lalu bayi umumnya akan tetap tidur pada siang atau menjelang waktu sore hari.

Waktu untuk tidur siang tetap diperlukan sebab bayi Anda membutuhkan masa istirahat pada siang hari setelah capek  bermain ataumelakukan pergerakan. Bayi Anda sudah dapat mempunyai pendapat sendiri dan mereka tidak terlalu suka saat diberitahu. Hal ini ditunjukkan dengan respon bayi saat tidak senang dengan mainan atau suasana yang ada. Mereka selalu ingin bergerak atau meraih mainan sendiri yang ada didekatnya. Bayi Anda akan semakin cerdas untuk mengetahui isyarat dari orang tua.

Mereka akan mulai paham tentang mana yang bisa dilakukan dan yang tidak bisa dilakukan. Akan tetapi mereka juga tidak selalu menurut pada isyarat orang tua sehingga orang tua perlu mengajari dengan cara yang pelan dna lembut. Bayi Anda akan suka dengan binatang secara nyata dan tidak hanya dari suaranya saja. Si kecil akan selalu menunjukkan minat yang baik saat bertemu dengan binatang. Bahkan dari cara ini bayi Anda sudah mulai senang dengan jenis binatang tertentu atau bahkan yang tidak ia sukai.

Bayi juga sudah mulai sedikit melawan perintah atau petunjuk dari orang tua. Hal ini disebabkan karena bayi merasa mandiri dan memiliki rasa penasaran yang sangat tinggi. Karena itu bayi akan mulai melawan ketika diberitahu untuk melakukan hal yang benar atau tidak. Anda hanya perlu memberikan contoh karena bayi mungkin tidak terlalu suka hanya dengan perintah saja.

Bayi Anda sudah mulai suka mengoceh dan juga sudah bisa mengembangkan berbagai macam kata. Orang tua umumnya akan terkejut dengan beberapa kata yang dapat diucapkan oleh bayi dan merasa tidak pernah mengajari hal tersebut. Akan tetapi bayi Anda sebenarnya belajar ketik mendengar berbagai macam kata yang menarik dalam diskusi orang tua.

Kebutuhan Nutrisi Saat Perkembangan bayi 11 Bulan

Beberapa bayi yang berusia 11 bulan akan mengalami penurunan berat badan karena fisik mereka terlalu banyak bergerak. Dalam mengatasi masalah ini maka bayi perlu menerima nutrisi yang banyak mulai dari protein, sumber karbohidrat, sampai lemak sehat supaya bayi tidak terkena jenis penyakit karena kekurangan gizi pada bayi dan balita. Beberapa jenis makanan yang dapat diberikan untuk bayi yaitu adalah seperti sumber karbohidrat yakni nasi, gandum, biskuit, atau roti.  Bayi sudah dapat menerima sayuran yang dimasak dengan cara direbus dan bisa juga dikukus. Sayuran sumber nutrisi yang baik sebab mengandung mineral, vitamin, dan senyawa alami yang lainnya.

Bayi Anda sudah dapat menerima sumber lemak sehat dan protein misalnya saja dari telur,ikan, dan daging sapi. Perhatikan pula untuk memasak sumber nutrisi ini sampai lembut supaya bayi bisa menelan dan tidak tersedak. Berikan juga camilan untuk bayi supaya mereka mempunyai kebiasaan makan sendiri, misalnya saja seperti biskuit bayi, roti atau yogurt. Berikan kesempatan kepada bayi untuk dapat makan sendiri supaya mereka lebih tertarik terutama untuk bayi yang telah tumbuh gigi.

Perawatan Yang Bisa Dilakukan Pada Perkembangan Bayi 11 Bulan

Bayi Anda akan mulai tertarik untuk belajar dan mulai ingin mengetahui berbagai warna. Untuk menambah minat bayi maka Anda bisa memberikan berbagai buku yang penuh dengan warna. Berikan beberapa permainan kreatif pada anak untuk memancing reaksi ingin tahunya. Anda dapat mengenalkan permainan boneka atau bisa juga dengan jenis permainan balok susun. Bayi Anda sudah mulai memegang berbagai benda dengan bentuk yang berbeda seperti air, pasir,bedak, atau jenis benda yang lainnya. Oleh sebab itu, berikan mainan yang mendukung bayi agar dapat mengenal berbagai tekstur yang berbeda.

Bila bayi Anda sudah mulai suka tertawa dengan bebas. Maka Anda dapat membantu membuat bayi lebih bahagia dengan memberikan permainan yang menarik dan unik. Berikan berbagai jenis pengaman di berbagai sudut ruangan atau hal yang dapat membuat bayi terluka. Berikan pagar untuk dapur, tangga, kolam renang, dan tempat lain yang sekiranya dapat membahayakan si kecil. Simpanlah semua benda yang dapat berbahaya untuk bayi, misalnya saja sabun, perlengkapan kosmetik, pembersih lantai dan berbagai jenis obat.

Pada perkembangan bayi 11 bulan maka ajarkan anak Anda untuk mempelajari dan melakukan berbagai macam permainan bersama-sama. Anda dapat mengajak bayi untuk bermain balok susun bersama, belajar mengenal warna, membaca buku bersama, atau belajar tentang benda, hewan dan berbagai objek yang lainnya. Berikan pujian bila bayi Anda dapat mengenali perintah atau permintaan Anda dengan baik. Tetapi berikan juga larangan supaya bayi dapat mengetahui apa yang seharusnya tidak dilakukannya.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *