Memberi Menu Makanan Bayi 1 Tahun Sama Dengan Yang Ibu Konsumsi

Menu Makanan Bayi

waspada.co.id

Ibu sudah tidak perlu bingung lagi jika ingin memberikan menu makanan bayi 1 tahun. Pada dasarnya, si kecil sudah balita dan sudah diperbolehkan untuk makan makanan apa saja. Tentu saja makanan yang bergizi.

Namun, pertanyaannya adalah apakah ibu boleh memberikan menu makanan yang sama dengan yang ibu konsumsi?

Table Food Untuk Bayi 1 Tahun

Di beberapa negara di barat, balita usia 1 tahun memang sudah mendapatkan menu makanan yang sama dengan orang dewasa. Mereka menyebutnya dengan istilah table food, yaitu menu makanan balita 1 tahun yang sama dengan orang dewasa.

Apakah itu artinya boleh-boleh saja jika ibu memberikan menu makanan yang sama?

Tunggu dulu. Dalam hal ini, ibu harus tahu mengenai makanan orang-orang di negara barat. Ternyata, menu makanan mereka berbeda dengan menu makanan yang disajikan di Indonesia. Kebanyakan makanan di Indonesia diolah dengan menggunakan rempah-rempah yang banyak. Lebih dari itu, makanan di Indonesia cenderung pedas.

Lain hal dengan makanan yang ada di negara barat. Untuk lidah orang Indonesia, makanan di sana hambar. Tidak banyak gula dan juga tidak banyak garam. Itulah mengapa menu makanan untuk bayi 1 tahun sama dengan makanan orang dewasa.

Dari keterangan tersebut, tentu saja ibu bisa memahami apakah ibu boleh memberikan menu makanan yang sama kepada balita 1 tahun? Jawabannya bisa ya bisa juga tidak.

Masalah Berat Badan Bayi

Menu makanan bayi 1 tahun ini berhubungan dengan kesehatan. Dan salah satu ukuran kesehatan bayi itu dilihat dari berat badannya. Apakah si kecil memiliki berat badan yang normal atau tidak.

Sayangnya, banyak orang tua yang tidak memahami hal ini. Banyak menu makanan yang terlalu banyak menggunakan garam. Makanan yang terlalu asin jika diberikan kepada bayi akan meningkatkan resiko hipertensi serta penyakit jantung di kemudian hari.

Begitu juga dengan menu makanan balita usia 1 tahun yang terlalu manis. Banyak balita yang mengalami obesitas disebabkan hampir semua makanan mengandung gula. Padahal, kadar gula untuk balita harusnya sangat sedikit. Seperti table food di negara-negara barat di mana kadar gulanya sangat sedikit.

Ini hanya dilihat dari garam dan gula saja. Belum lagi dengan penyedap rasa yang hampir semua masakan di Indonesia menggunakannya. Tentu saja menu makanan untuk bayi 1 tahun harusnya tidak mengandung penyedap saja.

Menyediakan Menu Makanan Yang Variatif

Pada saat si kecil sudah menginjak usia 1 tahun, kebutuhan nutrisi lebih banyak. Itulah mengapa ibu perlu memberikan suplemen tambahan. Ibu bisa memberikan susu balita terbaik. Namun, menu makanan bayi 1 tahun tetap menjadi sumber nutrisi yang utama.

Dalam hal ini, sebaiknya ibu memberikan menu makanan yang berbeda-beda. Selain agar si kecil bisa mengenal rasa yang berbeda-beda, menu makanan yang variatif akan memastikan si kecil mendapatkan nutrisi yang seimbang. Pasalnya, tidak semua nutrisi terkandung di dalam satu menu makanan saja.

Namun yang pasti, perhatikan menu makanan yang ibu sajikan. Gunakan sedikit garam dan gula. Karena kebanyakan gula dan garam tidak baik untuk kesehatan bayi 1 tahun. Apapun makanan yang ibu sajikan, pastikan bumbunya tidak terlalu berlebihan. Memang rasanya sedikit hambar tapi itu sangat baik untuk menjaga kesehatan sang buah hati ibu.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *