Membersihkan Gigi Dengan Baik dan Benar

Membersihkan gigi

www.listerine.co.id

Membersihkan gigi merupakan kegiatan penting yang wajib kita lakukan setiap harinya, selain untuk kebersihan gigi serta menjaga kesehatan mulut, gigi yang bersih dan sehat juga dapat menambah daya tarik tersendiri. Apalagi bagi kalian yang diharuskan untuk selalu berinteraksi dengan orang lain dalam menjalankan aktifitas sehari-harinya, menjaga gigi untuk tetap putih serta menjaga nafas tetap segar merupakan penunjang penampilan kalian.

Menggosok gigi yang kita lakukan setiap pagi mungkin akan membuat gigi kita terlihat putih dan sehat, kita pun akan beranggapan bahwa kita telah menjaga kebersihan gigi dengan cara yang baik dan benar. Padahal perlu kalian ketahui bahwa sebaiknya kita menggosok gigi sebanyak tiga kali dalam satu hari yaitu pada pagi hari atau setelah makan pagi, setelah makan siang dan pada malam hari sebelum tidur malam. Atau minimal dalam sehari setidaknya kita menggosok gigi kita sebanyak dua kali, pada pagi hari serta malam hari menjelang tidur.

Banyak dari kita yang beranggapan bahwa cara menggosok giginya telah benar karena gigi sudah terlihat putih dan bersih padahal itu hanya penampilan depannya saja. Bagian belakang gigi juga harus dibersihkan ketika kalian sedang menggosok gigi, agar tidak terbentuk plak atau karang pada gigi bagian belakang, apa sih plak atau karang gigi? Plak atau karang gigi adalah kotoran yang mengeras dari sisa-sisa makanan yang kita kunyah, kotoran tersebut kemudian mengeras dan melekat kuat pada lapisan gigi. Sisa-sisa makanan yang tertinggal tersebut akan dicerna oleh bakteri dan lama kelamaan akan menjadi karang gigi yang mengakibatkan mulut mengeluarkan aroma tidak sedap atau bau mulut. Bagi kalian yang merokok atau memiliki kebiasaan untuk minum kopi dan teh akan lebih beresiko untuk mendapati plak atau karang di giginya.

Untuk menghindari terbentuknya karang gigi, kita harus mulai mengetahui bagaimana cara membersihkan gigi dengan baik dan benar, hampir semua orang berpikir bahwa mereka tahu bagaimana cara untuk menyikat gigi, namun kenyataannya banyak diantara kita yang belum menyikat gigi dengan benar. Berikut cara menyikat gigi yang baik dan benar :

1. Gosok dengan lembut :

Jangan beranggapan bahwa menggosok dengan tenaga yang besar akan membersihkan gigi anda lebih baik, menggosok gigi dengan keras akan menyebabkan gusi surut dan gigi menjadi sensitive. gosoklah gigi anda dengan lembut, dengan tempo lama di arah depan terlebih dahulu kemudian jangan lupa untuk menggosok bagian belakang gigi.

2. Sikat satu persatu :

Jangan menyikat gigi kalian secara keseluruhan, sikatlah satu persatu atau dua bagian gigi dengan waktu kurang lebih 12-13 detik per gigi hingga anda merasa gigi telah benar-benar bersih.

3. Sikat arah vertical :

Jangan asal mengosok gigi ke segala arah, membersihkan gigi yang baik adalah dengan menggunakan gosokan arah vertical karena terbukti lebih efektif dalam membersihkan kotoran dalam gigi kalian. Jangan lupakan bagian sela-sela gigi anda setiap kali anda menyikat gigi. Setelah selesai menyikat bagian depan, jangan lupakan bagian kanan dan kiri gigi anda, untuk bagian tersebut juga gunakan gosokan arah vertical dalam membersihkannya.

4. Bagian belakang gigi :

Setelah seluruh bagian depan gigi telah kalian bersihkan, kemudian sikatlah bagian belakang gigi. Sikat dengan baik dan merata dan pastikan telah bersih secara keseluruhan, karena bagian belakang gigi banyak menyimpan sisa-sisa makanan yang akhirnya menimbulkan plak atau karang gigi.

5. Gunakan sikat gigi yang lembut :

Pastikan bulu sikat yang anda gunakan adalah yang bersifat lembut, sikat gigi yang lembut tidak akan merusak bagian gusi anda. Usahakan untuk mengganti sikat gigi anda paling tidak 3 bulan sekali, agar memberikan hasil yang maksimal.

6. Gunakan obat kumur :

Setelah selesai menggosok gigi, usahakan menggunakan obat kumur. Banyak sekali manfaat yang kita dapatkan dengan penggunaan obat kumur, selain membersihkan bagian mulut secara menyeluruh. Obat kumur juga dapat mengurangi bakteri pada mulut, serta menjaga kebersihan dan memberikan efek nafas segar bagi mulut kalian.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *