Membersihkan Plak Gigi Hanya dengan 2 Langkah Ini

Membersihkan plak gigi

www.listerine.co.id

Menjaga kesehatan gigi bukan hanya mempertahankan keindahan senyum kamu, tujuan membersihkan plak gigi tidak sampai disitu. Telah banyak bukti menunjukkan bahwa kesehatan gigi mencerminkan kesehatan badan kamu seutuhnya. Penelitian terbaru terbitan jurnal ‘immunity’ mengatakan bahwa tumpukan kotoran gigi membuat seseorang rentan terkena kanker. Ilmuan menemukan bahwa bakteri yang menempel di gigi menghalangi sistem kekebalan tubuh menyerang sel kanker.

Kabar buruknya lebih dari 47 % populasi telah menderita penyakit gigi yang cukup parah, berdasarkan koresponden orang dewasa dengan gigi tua. Berita baiknya, masih ada cara mudah untuk mempertahankan gigi kamu dari plak.

Mengkonsumsi buah buahan di pagi hari terdengar seperti kebiasaan yang sehat bukan ? tapi nyemil , terutama golongan buah buahan , bisa menghancurkan gigi kamu . Tahukah kamu bahwa bakteri membutuhkan adanya gula yang menempel di permukaan gigi untuk bertahan hidup lalu memproduksi asam, yang mana asam ini memperlemah enamel (lapisan pelindung luar) gigi serta menghilangkan mineral penting seperti kalsium, dan pada akhirnya menyebabkan pengikisan gigi. Memang tubuh memiliki cara tersendiri melawan balik tapi pertahanan alami tubuh yaitu air liur yang mampu berperan sebagai penetral kadar PH di mulut , membentuk mineral baru usai makan, suatu proses yang memakan waktu setidaknya 40 menit.

Jika kamu berpikir solusinya adalah mengkonsumsi makanan sehat setiap waktu, apalagi jika kamu memiliki nafsu nyemil terus menerus malah tidak memberi kesempatan bagi tubuh untuk memperbaiki diri dari kerusakan. Bahkan secangkir teh setiap jam bisa berbahaya jika kamu memasukkan gula ke dalamnya. Tetaplah pada jadwal makan 3 kali sehari dan pertahankan kadar konsumsi gula selama makan besar untuk mengurangi jumlah serangan asam. Kalau kamu tidak tahan ingin ngemil, makanan berlemak tidak seberbahaya bagi gigi dibanding gula, jadi pilihlah kacang atau keju.

Nyatanya, keju meningkatkan produksi air liur yang sangat baik dalam membasmi plak dan kotoran gigi sehingga mencegah penumpukan dan pertumbuhan bakteri itu sendiri. Sebisa mungkin jauhi makanan manis dengan tekstur keras seperti permen batang, coklat, permen hisap, karena pada saat kamu mengemut permen batang sama saja dengan berendam dalam asam berbahaya. Minuman soda juga sama kurang sehatnya, jika memang terpaksa meminum soda sediakan sedotan saat minum sehingga asam citric tidak langsung mengenai gigi.

Buah yang tidak berbahaya dan malah bermanfaat bagi gigi adalah stroberi. Penelitian menunjukkan bahwa stroberi memutihkan gigi dengan lembut. Stroberi mengandung asam malic yang telah terbukti menghilangkan noda pada gigi. Meskipun, kembali lagi, stroberi tetap mengandung gula jadi batasi jumlah konsumsinya, jangan sampai stroberi menjadi cemilan tetap kamu. Konsumsi stroberi selama makan besar. Waspadai konsumsi berri hitam seperti cherry atau berri biru, teh, kopi, dan wine yang jelas jelas bisa menyebabkan plak.

Setelah berhasil memperbaiki pola makan, langkah kedua cukup memeriksa berapa banyak plak yang sudah menumpuk di gigi, kamu bisa menggunakan pewarna makanan terutama merah atau hijau. Caranya cukup teteskan pewarna makanan dan lihat di bagian mana saja gigi berwarna pekat, dengan demikian kamu bisa membersihkan plak gigi yang terlewat dengan sikat gigi atau flossing. Jika proses pertumbuhan plak berlangsung lebih dari seminggu, gigi bisa bengkak, iritasi, berdarah, dan pada akhir nya gigi terkikis serta berlubang.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *