Membersihkan Plak Gigi Tanpa Keluar Rumah

Membersihkan plak gigi

www.listerine.co.id

Plak adalah akumulasi dari bakteri, sel mati, dan sisa makanan pada gigi. Memang kasat mata tapi cukup berbahaya bagi gigi jika terkena beberapa makanan, yang mana melepaskan asam penyebab pengikisan gigi. Plak yang terlalu tebal juga dapat berubah menjadi tatar, tentu lebih sulit dibersihkan dan berujung pada gigi bolong dang gusi bengkak. Membersihkan plak gigi sebetulnya cukup mudah, apalagi hanya membutuhkan sedikit usaha dengan hasil cukup efektif.

Cara pertama, kamu bisa memakai pewarna makanan. Memang plak tidak terlihat sama sekali, sehingga bisa sangat sulit untuk mengetahui berapa banyak plak yang telah menumpuk di gigi. Untuk mengatasi masalah satu ini, kamu bisa membeli pewarna makanan yang tersedia nyaris di berbagai macam toko. Teteskan pewarna makanan di seluruh gigi, ratakan sampai gigi berwarna, dengan demikian kamu bisa melihat dimana saja plak gigi berada. Kalau sudah tahu, kamu tinggal menggosok gigi seperti biasa hanya saja lebih fokus pada bagian yang terkena plak. Rekomendasi warna yang digunakan sebaiknya hijau, dan gunakan cotton bud pada saat aplikasi ke gigi.

Sebelum kamu menggosok gigi, ada baiknya memeriksa sikat gigi kamu. Apakah kamu telah menggunakan sikat gigi yang benar?

Agar efektif membersihkan gigi, plak hilang semaksimal mungkin, ‘perkakas’ yang kamu pilih memegang peranan penting. Betul, ada banyak jenis pasta gigi di pasaran mulai dari yang ‘wah’ sampai ‘ewh’ , praktisi kesehatan menyarankan sikat gigi berbahan nilon dengan cetakan melingkar, dan ujung bulu sikat cukup kecil akan sangat baik. Sikat yang terlalu keras malah bisa berdampak terlalu ‘super’ sampai enamel (pelindung) gigi hilang dan gusi terluka.

Sikat gigi elektrik sebetulnya tidak lebih efektif dari sikat gigi manual, kok. Meskipun beberapa orang atau bahkan kamu sendiri merasa kalau sikat gigi elektrik mendorong seseorang lebih sering menyikat gigi dengan durasi lebih lama. Jadi tidak ada salahnya mencoba.

Dokter gigi juga merekomendasikan kamu untuk mengganti sikat gigi setiap 3 sampai 4 bulan sekali, sama dengan alat yang lain, sikat gigi juga memiliki masa pakai.

Kamu juga akan membutuhkan pasta gigi ber fluoride. Fluoride mampu menguatkan gigi dan melindungi gigi dari pengikisan dan pembentukan lubang gigi.

Setelah alat, hal kedua yang tidak kalah penting adalah teknik.

Ketika kamu menyikat gigi, pegang sikat gigi pada sudut 45 derajat berhadapan dengan garis gusi dan sapukan dari gusi, memakai gerakan vertikal, maju mundur, atau melingkar. Jangan menggosok terlalu keras karena malah melukai enamel gigi kamu dan mendorong tingkat sensitifitas inderas perasa mulut kamu.

Fokuslah pada masing masing gigi. Perhatikan tiap gigi yang kamu sikat, pastikan tidak ada yang terlewat. Ingatlah untuk menggosok bagian terluar, bagian terdalam, dan gigi yang sering bertugas mengunyah, dan beri perhatian lebih pada sela gigi yang sulit dijangkau terutama bagian belakang. Menggosok gigi dengan benar umumnya memakan waktu 2 menit. Cobalah menggunakan stopwatch agar dapat merasakan sensasinya, kamu bisa bergumam lagu untuk menghilangkan rasa bosan.

Jangan lupakan lidah kamu. Plak bisa dengan mudah terbentuk di permukaan lidah dari sisa sisa makanan. Jadi berilah sedikit gosokan lembut di lidah. Hal ini juga membantu kamu menyegarkan bau mulut.

Ketika menggosok lidah, gosok dari belakang ke depan mulut lalu ulangi gosokan lembut ini sekitar 4 sampai 5 kali.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *