Memilih Rumah Sakit Bersalin Itu Penting

Memilih rumah sakit bersalin

Ibu dan Balita

Ada banyak sekali pilihan untuk melakukan persalinan. Ibu bisa melahirkan di puskesmas atau di rumah sakit. Silakan ibu pilih sendiri.

Akan tetapi, sangat disarankan agar ibu memilih rumah sakit bersalin. Hal ini disebabkan rumah sakit bersalin memiliki alat-alat yang lengkap dengan tenaga medis yang siap membantu kapan saja ibu melakukan proses persalinan.

Namun, ibu juga tidak boleh asal-asalan memilih rumah sakit. Lalu, rumah sakit bersalin seperti apa yang sebaiknya ibu pilih?

Kriteria Rumah Sakit Bersalin Yang Terbaik

Tidak semua rumah sakit untuk melahirkan memiliki ijin untuk melakukan operasi caesar. Ini yang harus digarisbawahi. Banyak rumah sakit yang hanya menerima ibu hamil yang ingin melahirkan secara normal. Sementara itu, pihak rumah sakit akan memberi rujukan kepada rumah sakit yang lain jika ternyata tindakan operasi caesar harus dilakukan.

Tentu saja semua ibu hamil ingin sekali melahirkan secara normal. Melahirkan secara normal akan membuat mereka merasakan bagaimana menjadi seorang ibu yang sebenarnya.

Akan tetapi, bagaimana jika kondisi tidak memungkinkan untuk melakukan persalinan normal? Banyak ibu hamil yang kondisinya lemah sehingga harus dilakukan operasi caesar. Tidak jarang juga ada penyakit yang membahayakan bayi dan juga ibu jika dipaksa untuk melahirkan secara normal. Pada kondisi seperti itulah operasi caesar dilakukan.

Untuk itu, akan lebih baik jika ibu memilih tempat bersalin yang sekaligus bisa melakukan operasi caesar. Jadi, ketika persalinan secara normal tidak bisa dilakukan, pihak rumah sakit bisa langsung melakukan tindakan, tanpa harus merujuk ke rumah sakit lainnya.

Selain fasilitas, rumah sakit yang baik itu memiliki pelayanan yang terbaik. Ketika bayi sudah lahir, bayi boleh dimasukkan ke dalam satu ruang yang sama dengan ibu. Ini sangat penting karena dengan cara inilah ibu bisa langsung memberikan ASI kapan saja. Ibu juga bisa melakukan IMD atau inisiasi menyusui dini.

Jangan memilih rumah sakit yang selalu melakukan tindakan paling mudah jika mengalami masalah. Seperti contoh, rumah sakit yang tidak bisa menyatukan bayi dengan ibu dalam satu kamar sehingga bayi diberi susu formula. Hal ini sebaiknya tidak terjadi pada bayi ibu.

Rumah sakit bersalin terbaik juga siap melakukan tindakan kapan saja ketika diperluukan, entah itu ketika persalinan di malam hari atau pada waktu subuh. Bidan, perawat, serta dokter selalu standby untuk melayani pasien kapan saja.

Biaya Persalinan Di Rumah Sakit

Ibu sudah tidak perlu memikirkan biaya persalinan jika ibu memiliki asuransi. Ini sangat disarankan agar jika terjadi sesuatu hal yang membuat biaya persalinan membangkak, ibu tidak perlu khawatir lagi. Pasalnya, semua biaya sudah ditanggung oleh pihak asuransi.

Mengenai biaya, setiap rumah sakit menetapkan biaya persalinan yang berbeda. Untuk biaya persalinan normal, biayanya tentu saja tidak begitu mahal jika dibandingkan dengan biaya melakukan operasi caesar. Untut tindakan operasi caesar, biayanya paling tidak 10 juta rupiah.

Memang rumah sakit yang baik biasanya menetapkan tarif yang tinggi. Akan tetapi, sepertinya hal tersebut tidak menjadi persoalan jika pelayanan bagus dan resiko buruk yang bisa terjadi saat persalinan bisa diantisipasi.

Persalinan merupakan proses yang sangat penting. Keduanya, bayi dan ibu, harus selamat dan sehat. Dengan penanganan yang bagus dari rumah sakit bersalin, ibu tidak perlu khawatir lagi. Bayi juga akan lahir dalam keadaan selamat dan sehat.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *