Mempersiapkan Perlengkapan Bayi Baru Lahir Secukupnya

perlengkapan bayi baru lahir

www.ibudanbalita.com

Banyak sekali perlengkapan bayi baru lahir yang harus Anda beli. Namun, apakah Anda harus siapkan semuanya? Jika Anda memiliki budget yang cukup, tidak masalah ketika Anda membeli semua perlengkapan bayi. Namun, alangkah bijaknya Anda simpan dulu uang tersebut dan Anda beli perlengkapan yang paling penting dan paling urgent terlebih dahulu.

Dalam hal ini, Anda harus tahu tidak semua perlengkapan bayi itu akan digunakan dalam waktu yang lama. Ada perlengkapan yang hanya digunakan dalam kurun waktu beberapa hari saja. Jadi, daripada membeli perlengkapan mahal padahal hanya digunakan sementara, maka akan lebih baik jika Anda menggunakan uang tersebut untuk membeli barang yang lebih penting lagi. Bukan berarti Anda tidak perlu membeli perlengkapan sementara bayi. Tetap saja Anda harus siapkan namun tidak perlu yang harganya mahal.

Perlengkapan Bayi Baru Lahir Yang Paling Penting

Ada beberapa perlengkapan bayi yang baru lahir yang wajib disiapkan. Apa saja itu?

  • Popok

Sebaiknya Anda membeli popok dalam jumlah yang banyak. Anda bisa membeli 24 potong popok untuk bayi Anda. Pasalnya, bayi akan sering sekali ngompol sehingga Anda harus siapkan popok dalam jumlah yang banyak. Anda sebagai orang tua akan membersihkan lebih dari 10 popok setiap hari. Oleh sebab itu, sebagai persediaan, Anda harus beli popok dalam jumlah yang banyak.

Dalam hal ini, Anda harus pastikan popok yang Anda beli terbuat dari kain yang mudah dicuci dan mudah dikeringkan. Dengan demikian, Anda tidak kehabisan popok karena setiap kali popok dicuci maka popok tersebut cepat kering.

  • Baju Lengan Pendek dan Lengan Panjang

Kedua jenis baju ini harus dipersiapkan. Biasanya, baju lengan pendek dipakaikan pada siang hari. Baju lengan pendek ini tidak akan membuat bayi mudah berkeringat yang bisa mengakibatkan iritasi kulit. Sementara itu, baju lengan pendek digunakan di malam hari. Baju ini akan membuat bayi tetap merasa hangat di malam hari yang biasanya cuacanya dingin.

  • Celana Pendek dan Celana Panjang

Sama halnya dengan baju, Anda juga harus siapkan perlengkapan bayi baru lahir berupa celana pendek dan celana panjang. Celana pendek untuk dipakai di siang hari sementara itu celana panjang untuk dipakai di malam hari.

  • Kaos Tangan dan Kaos Kaki

Anda pasti sudah tahu kegunaan kaos kaki, yaitu untuk menghangatkan bagi kaki. Namun, untuk kaos tangan bayi, ada dua kegunaan. Yang pertama untuk menghangatkan tangan. Dan yang kedua untuk mencegah tangan bayi tidak melukai bagian tubuh lainnya terutama bagian wajah. Bayi sering sekali menggaruk-garuk bagian wajah dengan tangannya. Untuk mencegah hal tersebut, Anda perlu membelikan kaos tangan yang halus. Pastikan kainnya tipis sehingga bayi tetap merasa nyaman ketika menggunakan kaos tangan tersebut.

  • Bedong

Sebenarnya perlengkapan untuk bayi baru lahir yang satu ini menuai kontroversi. Bidan dan dokter anak tidak menyarankan untuk membedong bayi. Mereka menganggap bedong akan membuat perkembangan fisik bayi sedikit terganggu. Sementara itu, karena bedong ini sudah digunakan secara turun menurun, banyak masyarakat yang masih menggunakan bedong. Alasannya, bedong ini akan membuat tubuh bayi menjadi lurus, terutama bagian kaki dan tangan.

  • Perlengkapan Mandi Bayi

Sebenarnya Anda tidak perlu menyiapkan perlengkapan mandi bayi karena biasanya akan banyak sekali kado dari teman atau saudara yang isinya adalah perlengkapan mandi bayi. Akan tetapi, sebagai langkah antisipasi, Anda siapkan saja perlengkapan mandi untuk bayi, mulai dari sabun, shampoo, handuk halus, dan minyak telon.

Setidaknya itulah perlengkapan bayi yang harus Anda persiapkan menjelang proses persalinan.

Perlengkapan Tambahan Untuk Bayi Yang Baru Lahir

Setelah Anda menyiapkan perlengkapan bayi yang wajib, kini saatnya Anda pikirkan perlengkapan tambahan. Perlengkapan ini penting namun tidak urgent untuk segera dibeli.

  • Baby Box

Kebanyakan orang tua tidak ingin langsung memisahkan bayi ke dalam baby box. Mereka ingin tidur bersama sang buah hati hingga beberapa hari ke depan. Apalagi jika seorang ibu ingin sekali memberikan ASI eksklusif. Tidur bersama bayi di atas tempat tidur yang sama akan mempermudah pemberian ASI.

  • Botol Susu

Botol susu ini bukan termasuk perlengkapan bayi yang urgen untuk segera disiapkan. Pasalnya, selama beberapa hari ke depan, seorang ibu yang baru melahirkan cenderung akan langsung memberikan ASI secara langsung. Baru kemudian ketika bayi sudah berusia di atas 2 bulan, biasanya seorang ibu akan mulai menyetok ASI ke dalam freezer. Dan ketika ibu sudah mulai beraktivitas di luar rumah dan meninggalkan bayi di rumah bersama baby sitter, botol susu ini diperlukan untuk memberikan ASIP.

  • Kereta Dorong Bayi

Sebenarnya kereta dorong bayi ini diperlukan sekali. Hanya saja, para orang tua biasanya melarang bayi di bawa ke luar rumah ketika usianya belum mencapai 1 bulan. Bahkan, ada juga orang tua yang tidak menyarankan membawa bayi ke luar rumah dengan menggunakan kereta dorong hingga usianya sudah mencapai 5 bulan. Mereka terlalu khawatir dengan polusi udara di luar rumah. Jadi, Anda tidak perlu terburu-buru membeli kereta dorong bayi ini.

Dan masih banyak lagi perlengkapan bayi baru lahir lainnya yang perlu untuk Anda pikirkan. Asalkan Anda sudah siapkan yang wajib dan urgent, itu sudah lebih dari cukup. Selanjutnya, Anda bisa simak pengalaman para orang tua di forum ibu dan balita tentang bagaimana mereka merawat dan membesarkan anak-anak mereka.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *