Mendidik Anak Laki-Laki Harus Beda

cara mendidik anak

www.ibudanbalita.com

Apa sih tujuan dari mendidik anak? Apakah hanya sekedar untuk memastikan anak berkembang dengan baik dan sehat? Atau ada tujuan yang lain?

Jika ibu memperhatikan beberapa fenomena saat ini tentang tumbuh kembang anak, maka ibu akan tahu jika ternyata mendidik anak lebih dari sekedar memastikan tumbuh kembang si kecil baik. Lihat saja ada anak balita laki-laki yang cenderung pemalu. Bahkan, ada anak laki-laki yang dalam perkembangannya bertingkah laku mirip dengan anak perempuan.

Terlepas apakah ada faktor genetik atau tidak, tidak bisa dipungkiri perkembangan anak ini sangat terkait dengan bagaimana orang tua mendidik anak mereka. Itulah mengapa ada yang beda antara pola asuh untuk anak laki-laki dengan anak perempuan.

Memahami Psikologi Anak Laki-Laki

Jika berbicara tentang perkembangan anak, maka hal ini tidak bisa dikaitkan dengan psikologi. Dan ketika ibu menerapkan pola asuh, ibu harus tahu betul psikologi anak. Dengan demikian, cara mendidik anak yang ibu terapkan sesuai dengan psikologi anak.

Ada banyak yang harus ibu ketahui tentang psikologi anak. Ibu bisa cari tahu di www.ibudanbalita.com. Namun, yang pasti, anak memiliki dorongan alami untuk belajar dari lingkungan. Dalam hal ini, lingkungan yang bersinggungan langsung dengan anak adalah lingkungan keluarga.

Anak mengamati apa saja yang orang tua lakukan. Lebih dari itu, ia juga melakukan sesuatu sesuai dengan cara mendidik anak yang orang tua terapkan.

Psikologi anak laki-laki itu berbeda dengan anak perempuan. Anak laki-laki cenderung merasa lebih superior atau berkuasa daripada anak perempuan. Oleh sebab itu, kurang tepat jika ibu mendidik anak laki-laki dengan cara membiarkannya berdiam diri di dalam rumah.

Untuk mengekspresikan sisi superioritasnya tersebut, ada baiknya ibu membiasakan si kecil bermain di luar rumah. Ibu bisa mengajak si kecil membantu pekerjaan kotor seperti mencuci mobil, merapikan taman rumah, dan lain sebagainya. Kegiatan yang sedikit mengandalkan kekuatan otot akan membuat perkembangan anak laki-laki lebih baik. Dan secara naluri, kegiatan semacam ini sangat disukai oleh anak laki-laki. Berbeda dengan anak perempuan yang lebih suka dengan permainan yang lebih mengandalkan otak, bukan otot.

Galak Dengan Anak Laki-Laki

Ada satu penelitian tentang cara mendidik anak laki-laki. Ternyata, cara mendidik yang sedikit galak kepada anak laki-laki justru membuatnya nyaman. Apalagi jika seorang ibu yang galak dengan anak laki-laki. Hal ini terbukti ketika anak sudah dewasa ia tetap akan merindukan sang ibu. Dan ketika masih kecil, anak laki-laki tidak lantas membenci ibunya tersebut. Sekalipun ia sering dimarahi, tapi ia masih membutuhkan kehadiran seorang ibu.

Tentu saja bukan berarti ibu harus terus menerus galak dengan anak. Tentu ada momen ketika ibu harus galak. Dalam hal ini, galak diartikel dengan tegas. Namun, ada kalanya ibu juga perlu memberikan apresiasi terhadap perkembangan atau pencapaian yang anak dapatkan.

Banyak hal yang harus ibu ketahui tentang bagaimana cara mendidik anak sesuai dengan usianya. Ibu bisa dapatkan informasi lengkapnya di situs Ibu dan Balita. Di sana, ada banyak sekali artikel tentang bagaimana peran orang tua dalam mendidik anak sehingga memiliki karakter yang baik.

Ini menjadi sangat penting karena didikan orang tua sangat mempengaruhi bagaimana masa depan sang buah hati ibu. Jangan sampai ibu merasa mendidik anak itu tugas seorang guru di sekolah. Tugas utama ini ada di pundak ibu sebagai orang tua.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *